Pentingnya Melakukan Medical Check Up dan Biaya Yang Diperlukan

|

|

|

Kebanyakan orang yang menganggap bahwa menjalani medical check up bukanlah hal yang penting. Padahal, dengan melakukan medical check up atau tes kesehatan secara teratur dapat membantu menemukan permasalahan dalam tubuh sebelum ada gejala terlihat.

Medical check up juga dapat membantu menemukan masalah sejak dini, dan memberi peluang untuk perawatan dan penyembuhan yang lebih baik.

Bisa dibilang melakukan tes kesehatan sejak dini dapat memberikan kesempatan untuk hidup lebih sehat. Selain untuk pemeriksaan kesehatan secara rutin, di Indonesia medical check up umumnya dilakukan sebelum masuk ke sebuah perusahaan, instansi, atau sebelum pernikahan.

Menjaga Kesehatan adalah Salah Satu Bentuk Investasi Masa Depan

Saat medical check up, pasien akan menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan, yang meliputi konsultasi mengenai keluhan yang sedang dirasakan, pencatatan dan pemeriksaan berkaitan dengan riwayat kesehatan, serta pemeriksaan tanda vital tubuh dan kondisi fisik secara umum.

Umumnya, beberapa jenis medical check up atau tes kesehatan yang bisa dijalani seseorang adalah tes darah, tes urine, tes umum, pemeriksaan gigi, mata, kuping, tenggorokan, paru-paru, tinggi badan, dan berat badan.

Tujuan Melakukan Medical Check Up

Pada dasarnya, melakukan medical check up dapat membantu dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh. Berikut ini adalah tujuan dilakukannya medical check up:

  • Mengetahui kondisi kesehatan terkini
  • Mendeteksi penyakit yang tidak disertai gejala
  • Mengetahui risiko-risiko penyakit yang mungkin bisa muncul di kemudian hari
  • Mendorong pasien untuk beralih ke gaya hidup sehat
  • Memastikan kondisi kesehatan pasien sebelum melakukan pengobatan tertentu

Meski tidak diwajibkan, medical check up dianjurkan menjadi pemeriksaan kesehatan rutin, khususnya pada kondisi tertentu. Pasien dapat berkonsultasi kepada dokter mengenai kondisi kesehatan kapan saja, tanpa harus menunggu timbulnya penyakit.

Medical check up disarankan untuk dilakukan setiap 1 tahun, terutama bagi seseorang yang berusia di atas 50 tahun. Sementara, untuk pasien yang memiliki kondisi khusus, seperti sedang mengkonsumsi obat, medical check up dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan oleh dokter.

Asuransi Kesehatan: Seberapa Penting Bagi Kita?

Tata Cara Melakukan Medical Check Up

Sebelum menjalani medical check up, biasanya kamu akan melalui serangkaian pemeriksaan standar medis, seperti:

  • Menimbang berat badan, untuk memprediksi penyakit yang mungkin timbul jika kamu kegemukan atau obesitas
  • Mengukur tekanan darah, untuk memprediksi penyakit yang berhubungan dengan jantung jika tensimu tinggi
  • Tes kolesterol, yang dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk diuji di laboratorium

Dokter atau tenaga medis juga mungkin akan melakukan wawancara untuk mengetahui kondisi dan riwayat kesehatanmu, termasuk kondisi keluarga untuk mengetahui potensi penyakit keturunan.

Jika kamu tengah mengonsumsi obat atau memiliki alat bantu kesehatan (contohnya ring pada jantung), sampaikan hal tersebut pada dokter.

Biaya Medical Check Up Sesuai Ketentuan Pemerintah

Pada dasarnya, biaya medical check up bergantung pada rumah sakit maupun laboratorium yang dipilih. Selain itu, fasilitas kesehatan biasanya juga akan menanyakan tujuanmu menjalani skrining kesehatan. Sebab untuk setiap tujuan, ada jenis tes tersendiri yang direkomendasikan.

Misalnya untuk medical check up pranikah, petugas medis bisa merekomendasikan skrining dengan pemeriksaan TORCH maupun pemeriksaan sperma.

Sebagai acuan, kamu bisa melihat daftar biaya medical check up sesuai ketentuan pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2014 berikut ini:

  • Paket dasar: Rp 757.000
  • Paket pegawai: Rp 262.000
  • Paket Tenaga Kerja Indonesia: Rp 711.000
  • Paket eksekutif pria: Rp 1.664.000
  • Paket eksekutif perempuan: Rp 1.926.000
  • Paket medical check up 100% dasar: Rp 349.000
  • Paket medical check up 100% lengkap: Rp 471.000
  • Biaya medical check up pranikah: Rp 328.000/orang
  • Biaya medical check up pranikah (dengan pemeriksaan TORCH perempuan): Rp 2.019.000
  • Biaya medical check up tes jantung: Rp 946.000

Well, itulah pentingnya melakukan medical check up dan biaya rata-ratanya. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...