Mau Resign? 10 Alasan Resign Yang Masuk Akal

|

|

|

Alasan Resign Terbaik saat Ingin Berhenti Kerja – Mengajukan surat pengunduran diri atau resign nyatanya tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk kamu yang mengajukan pengunduran diri tentu harus punya alasan yang jelas dan matang agar reputasi tetap terjaga.

Bagi yang masih bingung memilih alasan, Money+ merangkum sepuluh (10) alasan resign mendadak yang paling masuk akal yang bisa kamu pertimbangkan.

10 Alasan Resign Terbaik

Resign
Sumber Foto: Shutterstock

1.   Melanjutkan Pendidikan

Studi bisa menjadi salah satu alasan terbaik untuk mengutarakan niat pengunduran diri. Kamu bisa menggunakan alasan resign dari pekerjaan ini untuk tetap menjaga reputasi baik di mata perusahaan.

2.   Mencari Tantangan Baru

Tidak sedikit orang yang bekerja tidak sesuai dengan keahliannya. Jika kamu salah satunya, silahkan gunakan alasan ini untuk keluar atau resign dari pekerjaan saat ini. Carilah perusahaan yang bisa mengembangkan keahlian yang dimiliki.

3.   Diperlakukan Buruk ketika Bekerja

Bullying atau tidak diperlakukan baik di kantor bisa menjadi alasan terbaik untuk mengundurkan diri. Semudah apapun pekerjaannya, namun jika lingkungannya tidak kondusif maka akan mengganggu ketenangan dan kenyamanan.

4.   Stres Akibat Tekanan Kerja yang Berat

Stres bisa menjadi alasan resign kerja berikutnya. Karena stres dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Sepenting apapun pekerjaan tersebut di mata kita, namun kamu harus tetap mengutamakan kesehatan fisik dan mental.

5.   Mengganti Jalur Karier

Tidak sedikit pelaku usaha yang berangkat dari seorang karyawan atau pekerja. Kamu juga bisa membuat surat resign mendadak dengan alasan ini. Katakan kepada HRD atau perusahaan tentang rencana untuk membangun sebuah usaha atau bisnis.

Baca Juga: Mau Resign? Cek Dulu Persiapan Keuanganmu

6.   Peluang Berkembang Sangat Kecil

Sudah bertahun-tahun kerja tapi karier dan gaji tetap begitu-begitu saja? Alasan karier yang tidak berkembang bisa kamu pertimbangkan untuk membuat surat pengunduran diri. Alasan ini juga termasuk ke dalam alasan yang masuk akal untuk dipilih.

Carilah pekerjaan lain yang dapat membantu kemampuanmu agar lebih berkembang. Alasan ini sangat masuk akal untuk kamu pertimbangkan.

7.   Berpindah Tempat Tinggal

Pindah rumah atau pindah tempat tinggal juga bisa menjadi salah satu alasan yang masuk akal untuk mengundurkan diri. Katakan kepada HRD atau perusahaan terkait rencana untuk pindah rumah sebagai alasan mengundurkan diri dari perusahaan.

8.   Alasan Keluarga

Ada beberapa faktor masalah keluarga yang dapat memengaruhi karier seseorang. Alasan ini juga bisa kamu pilih untuk mengundurkan diri dari pekerjaan agar bisa memberi dukungan kepada keluarga. Contohnya seperti merawat orangtua yang sakit.

Alasan lain terkait masalah keluarga juga bisa karena keinginan memantau perkembangan anak di rumah.

9.   Gaji Tidak Sesuai

Gaji terkadang bukan segala-galanya dalam sebuah pekerjaan. Akan tetapi, tidak bisa kita pungkiri bahwa gaji juga berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari. Penawaran gaji yang lebih baik akan membantumu dalam hal finansial.

Namun sebelum kamu mengundurkan diri menggunakan alasan ini, tanyakan terkait kenaikan gaji terlebih dahulu. Jika tidak ada kepastian, maka bisa langsung membuat surat pengunduran diri.

10.  Mengundurkan Diri karena Alasan kesehatan

Kesehatan merupakan investasi yang tak ternilai. Usahakanlah untuk mengutamakan kesehatan sebelum mengutamakan pekerjaan. Pastikan pekerjaan yang kamu pilih tidak mengganggu kesehatan.

Jika pekerjaan yang saat ini sedang dijalani mengganggu kesehatanmu, sebaiknya pertimbangkanlah untuk mengajukan pengunduran diri. Carilah pekerjaan lain yang tidak mengganggu kesehatan fisik maupun mental.

Nah, itulah beberapa alasan resign yang paling masuk akal. Pastikan kamu memiliki dana darurat sebelum resign ya! Kamu bisa mulai mengumpulkan dana darurat dengan melakukan investasi di Amartha. Dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.