Home Lifestyle Mau Pelihara Hewan Di Rumah? Tengok Biayanya Di Sini

Mau Pelihara Hewan Di Rumah? Tengok Biayanya Di Sini

|

|

|

Ketika Anda mempunyai hewan peliharaan, salah satu komponen biaya tetapnya yaitu biaya untuk makanannya. Perlu diketahui bahwa masing-masing hewan mempunyai harga makanan yang berbeda-beda. Berikut di bawah ini perkiraan harga untuk pemeliharaan hewan.

Simulasi yang dilakukan di bawah ini merupakan berdasarkan pada kucing dan anjing dewasa berusia 6 bulan ke atas. selain itu ada juga peliharaan ikan jenis mas koki dan koi. Adapun rincian lengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Kucing
Apabila untuk hewan peliharaan seperti kucing, jenis makanan yang Anda pilih sebaiknya adalah produk Whiskas. Terdapat produk makanan kering berasal dari brand Whiskas, contohnya yaitu Tuna dengan berat sebesar 7 kg dikenakan harga kira-kira sekitar Rp 250.000,-.

Sementara harganya akan berbeda untuk jenis makanan yang basah. Produk basah dari Whiskas sendiri yaitu Sardines Calamari & Prawns dengan ukuran sebesar 400 gram. Anda biasanya akan membutuhkan produk tersebut mulai dari 3 hingga 4 kaleng, harganya Rp 25.000/ kaleng.

Untuk makanan basah produk dari Whiskas yaitu Whiskas Seafood Platter yang berukuran 400 gram. Anda akan memerlukan sekitar 3 sampai 4 kaleng. Biaya untuk produk tersebut adalah Rp 25.000,- per kaleng.

Anjing 
Makanan yang diberikan untuk hewan peliharaan berupa anjing yaitu produk dengan brand Pedigree. Pada jenis produk kering, contohnya adalah Pedigree Chicken and Liver berukuran 20 kg akan menghabiskan biaya Rp 470.000,-.  

Kemudian untuk jenis Pedigree yang Beef seberat 10 kg, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar RP 280.000,-. Sementara untuk produk Pedigree basah, contohnya Pedigree Chicken sebesar 1, 15 kg membutuhkan sekitar 2 hingga 3 kaleng dalam sebulan. Harga makanan tersebut sekitar Rp 42.000,-.

Ikan
Untuk masalah harga bisa jadi akan berbeda untuk makanan peliharaan berupa ikan. Jenis yang dipilih untuk diberikan yaitu produk dari Sanyu. Harga untuk jenis makanan Sanyu double Red dengan ukuran 5 kg yaitu seharga Rp 290.000,-. 

Peluang Bisnis Ikan Cupang Di Masa Pandemi

Kemudian pada jenis produk Sanyu Fast Color yang berukuran 100 gr, diperkirakan harganya sekitar Rp 30.000. Anjing sendiri adalah hewan peliharaan yang membutuhkan biaya lebih banyak daripada sekedar makanan sehari-harinya, yaitu Paw Friend. Anda dapat menyiapkan tidak hanya makanan saja.

Biaya Lain yang  Tidak disadari

  • Vaksin

Permasalahan kesehatan adalah hal yang harus diutamakan apabila Anda memelihara hewan peliharaan berupa anjing atau kucing. Salah satu caranya yaitu melalui pemberian vaksin, dengan tujuan supaya mencegahnya dari penyakit mematikan rabies, parvovirus, dll.

Biaya vaksin tahunan biasanya mulai dari sebesar Rp 150.000,- sampai dengan Rp 350.000,-. Apabila memiliki anjing, Anda dianjurkan sebaiknya diberi vaksin ketika berumur 6 minggu s.d. 4 tahun. 

  • Pemberian Vitamin dan Grooming

Hewan peliharaan juga membutuhkan grooming, untuk anjing biasanya sebesar Rp 50.000,- hingga Rp 150.000. frekuensi perawatan grooming sebaiknya dilaksanakan 4 sampai 6 minggu sekali. Namun biaya tersebut belum termasuk vitamin, dan sebagainya sebesar Rp 100.000 – Rp 200.000,-.

Setelah melihat biaya makanan dan lainnya di atas, mungkin Anda sudah ada sedikit gambaran tentang pengeluaran untuk biaya mempunyai hewan peliharaan di rumah. Hewan tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus supaya tetap sehat.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...