Home Finance Mau Menikah Secara Bergengsi? Kenalin, Menikah Secara Adat

Mau Menikah Secara Bergengsi? Kenalin, Menikah Secara Adat

|

|

|

Berbicara pernikahan memang selalu tidak akan ada habisnya, apalagi bagi kalian yang sudah mulai merencanakan pernikahannya saat ini. Tidak jarang, ada orang yang rela menunda untuk menikah terlebih dahulu demi meraih sebuah pernikahan impian yang ideal buatnya.

Memang tidak ada salahnya memimpikan pernikahan yang ideal, karena menikah adalah janji setia dan tentunya hanya ingin dilakukan sekali seumur hidup bagi setiap orang. Pada dasarnya, menikah merupakan prosesi sakral yang bertujuan untuk menyatukan dua keluarga besar menjadi satu.

Let’s Talk About Money, Honey!

Selain menentukan tempat resepsi serta jumlah undangan, kamu juga harus memikirkan secara matang apakah pestamu ini akan digelar dengan menggunakan adat atau nggak. Apalagi, jika keluargamu atau keluarga pasanganmu memegang teguh adat istiadat dari keturunan leluhur, tentunya kamu nggak bisa sembarangan menggelar pernikahan yang biasa-biasa saja.

Sekarang ini, semakin banyak orang akhirnya yang memilih menikah dengan menggunakan adat di hari pernikahan mereka. Hal ini terjadi karena Indonesia memang dikenal sangat kaya akan budaya dan adat istiadat. Keberagaman budaya inilah yang membuat banyak orang ingin tetap melestarikan warisan leluhur tersebut.

Salah satunya ialah dengan memasukkan unsur adat dalam pesta pernikahannya. Walau begitu, di awal pasti kamu akan berpikir bahwa menikah dengan prosesi adat terkesan sulit karena banyak tradisi yang harus dilakukan sebelum hari pernikahan.

Sudah menjadi rahasia umum, tata cara pernikahan adat dari suku-suku di Indonesia memang punya proses yang panjang. Meski begitu, masih banyak orang yang teguh menjalankan tradisi tersebut karena alasan kesakralan dan juga ingin melestarikan budaya.

Tabungan Bersama Saat Pacaran, Perlu Gak Sih?

Pernikahan secara adat biasanya memiliki banyak tahapan. Mulai dari proses musyawarah dengan keluarga besar, lamaran, prosesi adat, hingga acara resepsinya. Ini berarti, biayanya pun tidak sedikit.

Dikutip dari Kompas.com, disebutkan bahwa rata-rata biaya yang harus disiapkan calon pengantin minimal adalah Rp 60 juta hanya untuk rangkaian prosesi adatnya saja. Untuk suku tertentu, terkadang biaya puluhan juta tersebut baru berupa maharnya saja.

Meski menyulitkan dan mahal, ternyata tetap banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan jika memilih menikah secara adat loh. Selain sebagai sarana melestarikan budaya, tradisi adat dalam pesta pernikahan juga mengandung nilai ibadah.

Baca Juga:
5 Kesalahan Terbesar Saat Menyusun Budget Pernikahan
5 Tips Persiapkan Pernikahan Idaman

Contohnya, tradisi pernikahan pada orang Batak, yakni ketika sang mempelai laki-laki wajib berkurban sapi atau kurban untuk dihidangkan pada para tamu undangan jika ia ingin menikahi wanita pujaan hatinya itu. Di sini, kamu bisa memetik hikmah untuk berbagi kepada yang lain di hari bahagiamu dan pasangan.

Kamu pun bisa mempelajari tradisi yang sudah turun-temurun itu yang mungkin sebelumnya tidak diketahuii sama sekali. Tentunya ini membuat pengetahuan dan kecintaanmu pada budaya semakin besar.

Pada dasarnya, setiap prosesi adat yang ada dalam pernikahan memang memiliki makna masing-masing. Contohnya, kalau kamu merupakan keturunan Sunda, tentunya tidak akan asing lagi dengan prosesi saweran, yakni melemparkan uang dalam bentuk recehan dan pecahan kecil pada para tamu undangan saat pernikahan. ‘

Saweran ini punya nilai agar kedua pengantin ini dapat menjalankan kehidupan rumah tangga yang bahagia dan senantiasa bersedekah pada orang lain. Apalagi, jika kamu juga menambahkan makanan-makanan tradisional yang ada di daerah asalmu itu, tamu yang datang pun akan penasaran dan betah dalam pesta pernikahanmu ini.

Akhirnya, kamu pun bisa membahagiakan kedua orangtua karena bersedia membuat pesta pernikahan dengan sentuhan adat istiadat dari nenek moyang ini. Untuk dapat mempersiapkan pernikahan secara adat dengan matang tentu memerlukan biaya tidak sedikit.

Karena itu, kamu perlu mempersiapkan dananya sejak dini, salah satunya dengan berinvestasi. Nah, instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...