Mau Jadi Istri Cerdas Mengatur Keuangan? Ini 5 Tipsnya

0
72
Ilustrasi mengatur keuangan keluarga. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi mengatur keuangan keluarga. sumber: www.istockphoto.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa finansial keluarga sangat dipengaruhi oleh kemampuan sang istri dalam mengelolanya. Kamu sebaiknya belajar mulai dari sekarang untuk menjadi istri cerdas mengatur keuangan keluarga. Karena, hal ini penting dilakukan demi kenyamanan semua anggota keluarga di masa depan. Apalagi jika kamu berencana untuk memiliki banyak anak. 

Tips Istri Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga

Manajemen finansial memang sangat penting untuk diterapkan di sebuah keluarga. Jika manajemen finansialnya bagus maka keluarga tersebut memiliki pondasi yang kuat untuk bertahan dan bertumbuh di masa depan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh seorang istri dalam mengatur keuangan keluarganya:

1. Selalu Buat Rencana Pengeluaran

Tips pertama, pastikan untuk selalu membuat rencana pengeluaran bulanan. Ini sangat penting karena keuangan yang tidak direncanakan sudah pasti akan kacau. Apalagi keuangan keluarga yang kebutuhannya bisa dibilang cukup besar. Lain halnya ketika kamu masih single dan belum berkeluarga.

Seorang istri harus pandai membuat rencana pengeluaran setiap bulan. Tuliskan dulu berapa banyak pendapatan yang diperoleh kemudian susun rencana pengeluaran berdasarkan pendapatan tersebut. Saat membuat rencana pengeluaran, kamu harus bisa membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan semata. 

2. Alokasikan Dana Darurat

Tips mengatur keuangan yang bisa diterapkan berikutnya adalah alokasikan dana darurat. Ini juga prinsip penting dalam mengatur finansial keluarga. Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk kepentingan darurat. Misalnya untuk biaya saat ada yang sakit atau mungkin halangan lainnya yang bersifat darurat. 

Dana darurat ini bisa disimpan dalam berbagai bentuk. Kamu bisa menggunakan celengan konvensional di rumah atau mungkin membeli logam mulia untuk dialokasikan sebagai dana darurat. Poin pentingnya adalah selalu sisihkan nominal tertentu yang akan dipakai untuk dana darurat karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. 

Baca Juga: Perempuan Memegang Kendali Penting dalam Keuangan Keluarga

3. Buat Rekening Terpisah

Salah satu langkah yang bisa dilakukan istri cerdas mengatur keuangan adalah membuat rekening terpisah. Jangan menyimpan semua uang di satu rekening. Misalnya, kamu bisa membuka rekening khusus untuk kebutuhan transaksi sehari-hari dan rekening tabungan. Jika kamu sudah punya anak maka buatkan juga rekening untuk anak-anakmu sehingga dana kebutuhan mereka dapat tersimpan dengan aman. 

4. Biasakan untuk Hemat

Istri hemat adalah istri yang bijak menentukan mana yang jadi kebutuhan dan mana yang hanya berupa keinginan. Sebaiknya kamu mulai menerapkan gaya hidup minimalis dan hemat. Seberapa besarnya penghasilan yang dimiliki keluarga, akan jauh lebih baik jika kamu bisa berhemat dan meminimalkan pengeluaran. 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhemat. Kamu bisa membiasakan diri memasak makanan sendiri dengan belanja bahan makanan di pasar. Kamu juga bisa mengurangi pengeluaran yang berhubungan dengan hobi dan tidak termasuk kebutuhan pokok. Berburu barang diskon atau promo di supermarket juga bisa jadi salah satu langkah hemat yang bisa dicontoh. 

5. Lakukan Investasi

Cara cerdas mengatur uang berikutnya yang juga penting untuk dilakukan adalah investasi. Selain menabung, kamu juga harus berinvestasi. Ini merupakan langkah tepat untuk menyimpan sekaligus membuat asetmu berkembang. Pilih instrumen investasi yang tepat dan lakukan diversifikasi sesuai dengan tujuan investasi yang ingin kamu capai. Istri cerdas mengatur keuangan akan menjadi pondasi kuat dalam sebuah keluarga.

Diantaranya dengan mulai berinvestasi sedini mungkin untuk kecukupan dan kenyamanan finansial di masa depan. Lewat modalin UMKM Indonesia di platform microfinance marketplace Amartha yang aman dan menawarkan imbal hasil hingga15% flat per tahun. Cuma dengan pendanaan mulai Rp100 ribu aja!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here