Mau Jadi CEO, Ini Skill Yang Harus Kamu Kuasai!

|

|

|

Saat ini, istilah CEO sudah tidak asing lagi buat masyarakat. Perlu diketahui, CEO atau yang juga sering disebut sebagai Chief Executive Officer merupakan sosok terpenting dalam memajukan sebuah perusahaan. Pasalnya, CEO merupakan jabatan tertinggi yang menjadi tampuk kepemimpinan tertinggi dari perusahaan.

Meski begitu, menjadi seorang CEO sebenarnya tidaklah mudah. Sebagai pemimpin, CEO terlibat dalam pengembangan dan pengelolaan timnya, menentukan apa saja yang harus dilakukan oleh setiap orang dalam tim yang dipimpinnya, serta memikirkan infrastruktur dan kebutuhan di sekitarnya.

Di samping itu, tentunya menentukan strategi dan visi perusahaan, agar dapat berkembang lebih baik lagi. Termasuk juga menentukan pangsa pasar, pesaing, keunikan produk dan perusahaan, budgeting, dan lain sebagainya. Biasanya, hasil dari yang sudah dilakukan tidak bisa dilihat dalam jangka waktu singkat, tapi justru dalam jangka panjang.

Nah, jika kamu tertarik menjadi CEO, berikut ini adalah beberapa skill yang harus kamu kuasai!

4 Skill Yang Harus Dikuasai Seorang CEO

1. Kemampuan Berkomunikasi  

Salah satu skill terpenting yang harus dimiliki oleh seorang CEO adalah kemampuan berkomunikasi. Sebagai seorang CEO, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus. Jika kamu senang bercerita, itulah salah satu karakter CEO yang disenangi karyawan. Pakailah kemampuan bercerita kamu dalam berkomunikasi.

Untuk menjadi CEO yang baik, kamu perlu belajar cara berkomunikasi secara efektif karena hal ini dapat membantu meningkatkan moral karyawan. Dalam berkomunikasi, tentu saja faktor memahami seseorang atau biasa disebut dengan people skill harus dikuasai oleh CEO. Dengan pemahaman people skill yang baik, kamu dapat memahami diri sendiri, berkomunikasi secara efektif, serta juga belajar berempati.

Personal Development, Seberapa Penting bagi Karir Kamu?

2. Kemampuan Bernegosiasi

Kebanyakan CEO menghabiskan waktunya untuk bernegosiasi sepanjang hari, baik dengan mitra bisnis, karyawan, maupun kolega lainnya. Seorang CEO sukses umumnya adalah negosiator yang baik. Negosiator yang baik adalah yang tetap adil dan perhatian dengan keinginan orang lain sambil mendorong apa yang mereka inginkan.

Dengan bernegosiasi, seorang CEO dapat membujuk orang lain dan mempengaruhi mereka untuk melakukan apa yang menjadi tujuannya, bahkan tanpa mereka sadari sebelumnya.

3. Kemampuan Mendelegasikan Tugas

Ketika menjadi seorang CEO, memang dituntut untuk dapat mengerti dalam setiap bagian tugas dari para anggotanya, tetapi bukan berarti semua hal harus dilakukan seorang diri.

Mengerjakan sendiri seluruh pekerjaan di dalam sebuah perusahaan tidak serta merta menjadikan seorang CEO nampak hebat. Jika sang CEO tidak memiliki rasa percaya terhadap bawahannya, maka ia tidak akan mencapai kemajuan yang diharapkan.

Mempercayai anggota tim adalah sebuah kekuatan yang bisa membuat setiap proyek berjalan dengan baik. Mampu mendelegasikan ide-ide pemikiran dan eksekusi di lapangan adalah skill yang harus dimiliki oleh seorang CEO. Rasa percaya terhadap orang-orang yang dipimpinnya, lahir dari atmosfer kejujuran yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan? Don’t Worry, Pacu Karir Kamu Dengan Hal Ini

4. Kemampuan dalam Mengambil Keputusan

Mantan Presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower mengatakan bahwa CEO dan kepala eksekutif mendapatkan keputusan sulit yang harus dibuat. Sementara itu, keputusan-keputusan kecil ditetapkan oleh bawahan mereka. Untuk itulah mengambil keputusan menjadi kemampuan yang penting bagi seorang CEO.

Itulah beberapa skill yang harus dikuasai oleh seorang CEO. Selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...