Mau Interview Online? Cek Dulu Tips Interview Berikut Ini

0
75
Tips Interview Online
Tips Interview Online. Sumber Foto: Pexels

8 Tips Interview Online yang Baik dan Benar

Saat ini wawancara atau interview online sudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan. Nah, berikut ini kami sudah merangkum berbagai tips interview untuk para kamu agar bisa mempersiapkannya secara matang.

1.   Perhatikan Kualitas Jaringan Internet

Sebagai pembuka tips interview online yang pertama, yaitu memastikan jaringan internet berjalan lancar. Gangguan pada koneksi internet akan mengganggu jalannya interview yang kamu lakukan.

Jika menggunakan internet dari provider kartu seluler, pilihlah yang punya jaringan internet bagus. Karena jaringan internet yang kurang baik akan memengaruhi kelancaran proses interview online.

2.   Menggunakan Pakaian Formal

Meski dilakukan di rumah, kamu tetap harus memperhatikan pakaian yang digunakan. Pastikan menggunakan pakaian formal lengkap seperti proses interview offline pada umumnya.

Gunakan kemeja yang rapi dan juga celana panjang (untuk laki-laki) maupun rok (untuk perempuan). Dengan begitu, perusahaan akan menilai sebagai orang yang serius dan menghargai formalitas saat melamar pekerjaan.

3.   Mempersiapkan Peralatan dan Dokumen Penting

Peralatan yang kami maksud di sini yaitu seperti laptop, earphone, kamera tambahan, modem, aplikasi interview online dan sebagainya. Cek juga peralatanmu apakah berjalan dengan baik atau tidak sebelum proses interview.

Sedangkan dokumen yang kami maksud seperti CV, surat lamaran kerja, portofolio, bukti pengalaman kerja, dan sebagainya. Buatlah dokumen tersebut ke dalam bentuk file digital agar mudah dikirim.

Baca Juga: 4 Tips Mendapat Kerja Tanpa Jalur Orang Dalam

4.   Memilih Ruangan yang Tepat

Pilihlah ruangan yang nyaman dan terang di rumah. Hindari ruangan yang minim cahaya agar wajah tampak jelas. Gunakan penerangan yang cukup, terutama jika kamera atau webcam yang digunakan kurang bagus.

Hindari juga ruangan yang sering digunakan anak-anak untuk bermain. Pastikan ruangannya kondusif dan tidak bising.

5.   Berlatih Sebelum Memulai

Carilah informasi contoh pertanyaan interview online di internet. Belajarlah dari contoh tersebut sebagai persiapan untuk memulai interview. Alangkah baiknya kamu juga persiapkan hal ini beberapa hari sebelum interview.

Belajar juga bagaimana cara menjawab pertanyaan interview yang baik dan benar. Tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya diri.

6.   Memperhatikan Bahasa Tubuh

Tips interview selanjutnya adalah selalu perhatikan bahasa tubuh. Poin ini sangat penting sekali untuk diperhatikan. Karena bahasa tubuh bisa menunjukkan rasa antusias atau tidaknya saat proses wawancara kerja berlangsung.

Mulailah dengan melebarkan senyuman. Hindari ekspresi cemberut saat proses wawancara berlangsung. Gunakanlah bahasa tubuh seperti semangat, tersenyum, dan anggukan di depan perekrut.

7.   Mempersiapkan Alat Tulis

Siapkan buku kosong dan ballpoint di sampingmu. catat berbagai informasi penting yang didapatkan saat proses wawancara berlangsung.

Alat tulis akan membantumu mencatat hal-hal penting tanpa harus mengetik. Hal ini juga akan membantu untuk mendapatkan informasi terkait detail pekerjaan dan juga informasi perusahaan tersebut.

Baca Juga: Cara Negosiasi Gaji Saat Melamar Pekerjaan

8.   Mempelajari Profil Perusahaan yang Dilamar

Pelajarilah perusahaan yang kamu lamar sebelum melakukan interview. Minimal tahu sekilas mengenai profil perusahaan mereka.

Silahkan cari di internet, atau langsung ke website profile perusahaan mereka. Selain itu, kamu juga bisa mengecek ulasan dari karyawan mereka secara langsung jika memungkinkan.

9.   Memahami Posisi Pekerjaan yang Dilamar

Pastikan saat proses interview berlangsung kamu sudah paham dan tahu posisi yang akan dilamar. Karena salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelamar adalah kurang paham akan posisi kerja mereka.

Contohnya, kamu melamar sebagai seorang yang melayani call center di sebuah perushaan fintech. Maka ketahuilah deskripsi pekerjaannya terlebih dahulu. Cari tahu juga tugas pokok pekerjaan yang dilamar.

Demikian tips interview yang bisa kamu aplikasikan saat proses wawancara kerja berlangsung. Selamat mencoba. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here