Mau Ikut Upacara HUT RI di Istana? Begini Cara Daftarnya!

0
70
Ilustrasi upacara HUT RI
Ilustrasi upacara HUT RI

Tinggal menghitung hari menjelang upacara 17 Agustus 2022, yang mana berarti HUT RI yang ke-77. Di lokasi Istana Negara akan diselenggarakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penaikan Bendera Sang Merah Putih. Kabar baiknya adalah masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam event ini.

Pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2022, pemerintah membuka pendaftaran bagi seluruh warga Indonesia untuk mengikuti upacara secara offline di Istana Negara. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah mendaftar secara online. Terdapat 11 cara yang harus dipenuhi oleh warga yang ingin ikut upacara di Istana Negara, yaitu:

  1. Mengisi formulir registrasi pada link website https://pandang.istanapresiden.go.id/.
  2. Undangan hanya berlaku untuk 1 (satu) orang.
  3. Usia minimal 18 tahun dan tidak diizinkan membawa anak balita.
  4. Mengambil undangan resmi di Gedung Krida Bhakti dan membawanya saat datang ke Istana Negara.
  5. Menunjukkan hasil negatif swab antigen.
  6. Telah vaksin booster atau vaksin ketiga.
  7. Disarankan memakai pakaian nasional atau baju adat.
  8. Membawa kartu identitas diri seperti SIM/KTP/Paspor saat hadir di Istana Negara.
  9. Menempati tempat duduk sesuai dengan undangan
  10. Tidak membawa makanan dan minuma dari luar
  11. Menjaga suasana kondusif pada saat upacara berlangsung.

Informasi Tambahan untuk Peserta Upacara di Istana Negara

Jika sudah mengetahui cara pendaftaran untuk mengikuti upacara HUT RI di Istana Kemerdekaan Negara. Maka, selanjutnya yang kamu ketahui adalah beberapa informasi tambahan yang dapat disimak agar dapat menjamin kamu akan diundang di dalam acara tersebut.

Informasi-informasi tambahan tersebut dapat berguna untuk memperlancar proses pendaftaran upacara offline di Istana Negara. Berikut ini 5 informasi tambahan yang dapat disimak olehmu:

1.Menggunakan E-Mail Aktif

Di saat ingin mendaftar untuk menjadi peserta upacara offline di Istana, wajib mendaftar dengan menggunakan e-mail aktif. Hal tersebut karena setiap informasi seperti proses verifikasi hingga pengumuman undangan, semua dijelaskan melalui kiriman e-mail.

2. Ikuti Alur Pendaftaran dengan Baik

Kamu wajib mengikuti alur pendaftaran dengan baik agar dapat mengikuti proses upacara di Istana Negara. Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya membaca syarat-syarat dan ketentuan yang dibuat oleh panitia upacara Kemerdekaan RI. Jika alur pendaftaran sudah diikuti dengan baik, maka kemungkinan dipilih sebagai peserta semakin tinggi.

Baca Juga: Peringati Hari Kemerdekaan RI, Amartha Bangun Gapura di Berbagai Daerah Indonesia

3. Pemerintah Mengundang 5 Ribu Peserta Upacara

Khusus untuk upacara kemerdekaan offline di Istana Negara, pemerintah mengundang sekitar 5.000 peserta. Namun, jumlah tersebut terbagi 2, yaitu 2.500 peserta mengikuti upacara Penaikan Bendera Sang Merah Putih pada pagi hari. Lalu, 2.500 peserta lainnya mengikuti upacara penurunan Bendera Sang Merah Putih pada sore hari.

4. Akan Terdapat Upacara secara Virtual

Jika kamu berada di lokasi yang jauh dari lokasi upacara bendera di Istana Negara. Maka, kamu dapat mengikuti upacara secara virtual, karena pemerintah juga menyediakan acara ini secara hybrid. Pemerintah memberikan undangan pada 77.000 orang yang dapat mengikuti upacara hari ulang tahun RI dengan cara virtual. Hal ini tentu dapat menjadi kesempatan kamu untuk mengikuti momen bersejarah ini.

5. Mengikuti Upacara dengan Tertib dan Khidmat

Terakhir, kamu juga harus mengetahui informasi bahwa wajib jika mengikuti upacara dengan tertib dan khidmat. Mengikuti peraturan yang ada menjadi kewajiban setiap peserta upacara yang diselenggarakan oleh pemerintah Negara Republik Indonesia ini.Itulah cara mendaftar bagi kamu yang ingin menjadi peserta HUT RI di Istana Negara. Selain itu, terdapat pula informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan upacara 17 Agustus. Sambil memikirkan cara mendaftar upacara di Istana Negara, kamu juga jangan lupa untuk berinvestasi demi masa depan.

Di microfinance marketplace Amartha, kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kamu juga tak perlu khawatir, karena Amartha sudah terdaftar di OJK dan tentunya memiliki dampak positif dengan modalin UMKM di Indonesia agar lebih maju lagi.

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here