Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Mau Buka Bisnis Minimarket, Berapa Modalnya?

Mau Buka Bisnis Minimarket, Berapa Modalnya?

|

|

|

Di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, ternyata masih banyak loh pilihan usaha menjanjikan, salah satunya adalah bisnis Minimarket. Yap, bisnis yang satu ini adalah salah satu bisnis ritel yang tergolong cukup potensial. Pasalnya, kehadiran minimarket mampu menawarkan alternatif bagi para konsumen yang membutuhan produk-produk yang tidak bisa ditemukan di warung tradisional.

Perlu kamu tahu, bisnis minimarket, baik waralaba maupun mandiri tetap mampu menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Pasalnya, bisnis minimarket tidak termasuk sebagai jenis usaha musiman dan menjual barang kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan banyak orang.

Tidak jarang, kamu pasti pernah menemukan ada beberapa minimarket sekaligus dalam satu wilayah. Bahkan, di beberapa lokasi bisa ditemukan dua minimarket berbeda waralaba yang bersebelahan, namun tetap bisa laku dan ramai pelanggan.

Harga yang lebih murah dan kenyamanan berbelanja merupakan faktor yang menjadi keunggulan dari usaha minimarket. Para konsumen pun dapat melihat barang secara langsung, memegangnya secara bebas, mengecek harga tanpa perlu repot bertanya. Hal inilah yang tidak bisa ditemukan konsumen saat berbelanja di toko online.

Belum lagi, minimarket menyediakan fasilitas pendingin ruangan yang membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih menyenangkan. Dengan penataan barang dan ruang yang menarik, hal ini tentunya kan membuat konsumen lebih betah berbelanja lama di minimarket. Karena itu, tidak ada salahnya jika kamu melirik bisnis minimarket, baik secara mandiri maupun waralaba.

Lantas, berapa kira-kira ya modalnya? Berikut rinciannya!

1. Rincian Biaya Waralaba Indomaret  

Dikutip dari Kumparan, Ramdani selaku Franchise Manager Indomaret di International Franchise License and Business Concept Expo and Conference yang digelar tahun lalu mengatakan bahwa biaya modal membuka gerai waralaba Indomaret adalah sekitar Rp500 juta hingga Rp 1 miliar.

Untuk modal 500 juta, Ramdani menjelskan bahwa terwaralaba akan memperoleh fasilitas sebagai berikut:

  • Peralatan elektronik dan nonelektronik.
  • Promosi persiapan pembukaan toko.
  • Franchise fee untuk tahun renovasi bangunan dan tambahan biaya listrik.
  • Standar ukuran gerai 250 – 300 meter persegi (m2).

Adapun, gaji karyawan akan tetap ditanggung oleh terwaralaba. Pihak Indomaret hanya akan menyediakan tenaga kerja yang sudah terlatih. Selain itu, biaya ini tidak termasuk uang sewa bangunan. Sedangkan kalau termasuk biaya sewa bangunan, modal yang dibutuhkan Rp800 juta hingga Rp1 miliar.

Ramdani juga menyebutkan secara perkiraan, usaha waralaba minimarket Indomaret akan mencapai titik balik modal dalam 43 bulan. Wah, bisa jadi investasi nih!

2. Rincian Biaya Waralaba Alfamart

Di lokasi yang sama, Muhammad Andriansyah selaku Franchise Business Development Manager Alfamart menyebutkan bahwa biaya membuka gerai waralaba Alfamart ada di kisaran harga serupa dengan Indomaret yaitu sekitar Rp500 juta di luar sewa gedung. Adapun, fasilitas yang akan didapatkan dari nilai investasi itu adalah:

  • Franchise fee sebesar Rp 45 juta untuk 5 tahun.
  • Instalasi listrik.
  • Peralatan gerai dan air conditioner.
  • Cash register dan sistem informasi ritel.
  • Shop sign dan pole sign serta promosi dan persiapan pembukaan gerai.
  • Ukuran standar gerai 150- 250 m2.

Hampir sama dengan Indomaret, Muhammad Andriansyah menjelaskan bahwa perkiraan balik modal dari usaha waralaba minimarket Alfamart adalah setelah 42 bulan.

3. Rincian Biaya Minimarket Mandiri

Buat kamu yang berencana membuka bisnis minimarket secara mandiri, berikut simulasi biayanya:

Berdasarkan perkiraan tersebut, jika memilih mendirikan minimarket secara mandiri, maka kamu bisa mencapai titik balik modal sekitar 6 bulan lebih. Meski begitu, pilihan untuk mendirikan minimarket secara mandiri maupun waralaba tetap ada di tangan kamu.

Nah, selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...