Home Finance Mau Beli Rumah? Pahami Perbedaan Rumah Subsidi dan Non-Subsidi

Mau Beli Rumah? Pahami Perbedaan Rumah Subsidi dan Non-Subsidi

|

|

|

Rumah adalah kebutuhan primer yang menjadi dambaan semua orang untuk didapatkan. Banyak yang aktivitas yang pastinya sering kamu habiskan di rumah, terutama di masa pandemi Covid-19 ini yang menuntut untuk work from home. Karena itu, rumah menjadi keharusan yang mendesak buat setiap orang. 

Memiliki rumah impian tentunya tentunya menjadi salah satu harapan yang ingin diwujudkan. Apalagi, harga rumah terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Bagi kamu yang belum lama memasuki dunia kerja dan berpenghasilan pas-pasan, pastinya hal ini akan memberatkan. Namun, jangan cepat berputus asa ya!

Tren Rumah Minimalis, Berapa Ya Biayanya?

Pasalnya Indonesia termasuk dari beberapa negara di Dunia yang punya kebijakan khusus untuk mengatur masalah hunian sehingga lahirlah rumah subsidi dan non subsidi.

Lantas, apa saja sih perbedaan dari rumah subsidi dan non subsidi ini? Berikut 3 perbedaannya!

1. Tipe Rumah yang Ditawarkan  

Terkait dengan tipe rumah yang ditawarkan, perumahan subsidi pada umumnya mempunyai tipe bangunan yang terbilang kecil yakni rata-rata tipe 36. Jika dibandingkan dengan perumahan non-subsidi akan terasa berbeda karena biasanya tipe rumah yang ditawarkan itu 45 ke atas. 

Hal ini juga terlihat dari perumahan-perumahan cluster di kawasan elit yang sampai tipe rumahnya mencapai tipe 72. Tentu ini menjadi sangat wajar karena perumahan non subsidi memang menargetkan orang yang berpenghasilan menengah ke atas. 

2. Harga yang Ditawarkan 

Perbedaan berikutnya yang pasti terlihat jelas dari rumah subsidi dengan yang non-subsidi adalah dari segi harga. Perumahan subsidi jelas memperoleh bantuan alias subsidi karena merupakan program pemerintah. Karena hal tersebut harga rumah subsidi menjadi lebih murah dibandingkan rumah non-subsidi, dari segi KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Perbedaan Skema Pembiayaan Rumah Syariah dan Konvensional

Selain itu, pengajuan KPR rumah subsidi jelas lebih mudah karena menggunakan bunga flat. Hal ini terjadi lantaran  rumah subsidi memang ditujukan untuk masyarakat dengan penghasilan rata-rata UMR atau di bawah UMR. Sementara untuk rumah non-subsidi, harganya jauh lebih mahal, bahkan bisa mencapai miliaran rupiah untuk per-unitnya.

3. Lokasi yang Ditawarkan  

Perbedaan berikutnya selanjutnya yang cukup kentara antara rumah subsidi dan non subsidi adalah dari segi lokasi. Umumnya, rumah non subsidi mempunyai lokasi strategis, bahkan beberapa ada di pusat kota. 

Selain itu, rumah non subsidi juga kerap kali berlokasi sangat dekat dengan fasilitas umum sehingga sangat memudahkan. Lain halnya dengan rumah subsidi yang biasanya berlokasi di pinggir kota dan cukup jauh dari berbagai fasilitas umum.

Memiliki rumah impian, baik subsidi maupun non subsidi tetap jelas memerlukan biaya yang terhitung tidak sedikit. Karena itu, ada baiknya kamu mulai mengumpulkan dananya sedikit demi sedikit dengan investasi di fintech terbaik, Amartha.

Mengapa harus Amartha? Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, kamu turut menciptakan kesejahteraan yang merata bagi masyarakat Indonesia. Yuk danai sekarang!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...