Mau Beli Motor Listrik? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

0
86
motor listrik
Ilustrasi motor listrik. Photos by istockphoto

Saat ini, motor berkekuatan listrik mulai dipasarkan dan dilirik oleh banyak orang. Motor listrik menjadi solusi kendaraan yang digadang-gadang lebih hemat dibandingkan kendaraan yang sumber tenaganya dari minyak bumi.

Namun, sebelum membeli, kenali terlebih dahulu plus minusnya. Berikut sudah kami rangkum apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Motor Listrik 

Pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu apa yang menjadi kekurangan dari ini. Berikut penjelasannya.

1.  Battery Management System yang Semakin Optimal

Untuk satu kali pengisian daya, umumnya motor bertenaga listrik ini bisa kamu gunakan 80 hingga 100 km. Sedangkan untuk kapasitas dayanya sendiri yaitu sekitar 5.000 WH.

2.  Memiliki Monitoring System

Beberapa tipe motor listrik terbaik yang menggunakan daya listrik sebagai tenaganya sudah dilengkapi dengan monitoring system yang baik. Sebut saja salah satunya yaitu speedometer indikator yang bisa kamu koneksikan dengan sistem berbasis Android.

3.  Memiliki Rangka yang Kokoh

Untuk kualitas ketahanan saat mengangkut beban juga tidak kalah dari jenis motor konvensional. Pasalnya motor tersebut sudah menggunakan sasis yang kokoh dengan daya angkut hingga 150 kg.

4.  Dapur Pacu yang Gesit

Dari segi kecepatan, motor listrik Indonesia juga tidak kalah gesit dibandingkan motor biasa. Bahkan sudah tersedia tipe motor 125 cc dengan kecepatan 100 km/jam.

5.  Memiliki Durabilitas yang Relatif Lama

Beberapa pabrikan sudah menyematkan sistem transmisi timing belt yang mampu memutar roda belakang. Sistem yang satu ini dipercaya lebih awet dan tahan lama. Penggerak tersebut juga tidak mudah terendam air.

6.  Day Running Light System

DRL atau Day Running Light System berfungsi sebagai lampu sein dan stoplamp. Hadir dengan desain yang lebih sporty.

Baca Juga:
Dampak Artificial Intelligence bagi Perkembangan Ekonomi

Ibu Suyamti dengan sepeda motornya

Kekurangan Motor Bertenaga Listrik

Di samping kelebihannya, motor tersebut juga masih memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

1.  Jarak Tempuh dan Sistem Pengisian Daya

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, motor listrik mampu menempuh jarak 80 km hingga 100 km. Namun belum ada jaminan adanya tempat pengisian daya per 100 km jika motor tersebut kekurangan daya di perjalanan.

Inilah yang menjadi salah satu kekurangan yang masih menjadi pertimbangan banyak orang yang ingin membelinya. Di sisi lain, motor ini juga belum worth it untuk kamu gunakan saat bepergian jauh, seperti keluar kota.

2.  Ketersediaan Sparepart dan Bengkel Resmi

Mirip-mirip seperti poin pertama, bengkel resmi untuk kendaraan tersebut masih tergolong jarang. Begitu juga dengan ketersediaan spare part. Alhasil, jika terjadi kendala di tengah perjalanan, kamu tidak bisa begitu saja membawanya ke bengkel konvensional.

Proses pemesanan suku cadang bisa saja dilakukan secara online. Akan tetapi kamu harus menunggu terlebih dahulu karena biasanya proses pemesanannya dari luar negeri. Belum lagi Anda harus mencari bengkel yang menyediakan layanan service untuk tipe sepeda motor listrik dewasa.

3.  Beban Maksimal yang Dirasa Masih Kurang

Meskipun sudah ditunjang dengan sasis yang kokoh, namun tetap saja beban maksimal motor ini berbeda dari motor konvensional.

Jika daya maksimalnya 150 kg, kamu tetap tidak boleh terus-terusan menggunakannya pada maksimal daya tersebut. Beban maksimal yang layak untuk motor ini yaitu hanya 120 kg saja, atau setara dua orang yang sedang boncengan.

Ingin membeli motor listrik tapi uang di tabungan kamu belum mencukupi? Yuk, berinvestasi dulu di Amartha! Investasi P2P (Peer to Peer) lending di Amartha menawarkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun dengan cashflow mingguan.

Jadi tunggu apa lagi? Daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here