Mau Beli Mobil Listrik? Pertimbangkan Plus Minusnya Ini!

0
59
Ilustrasi mobil listrik. sumber foto: www.istockphoto.com
Ilustrasi mobil listrik. sumber foto: www.istockphoto.com

Mobil listrik memiliki sejumlah pro dan kontra. Satu kegundahan utama yang berputar dalam pikiran calon pembeli mobil ini ialah tentang pilihan AEV (all-electric vehicle) atau PHEV (plug-in hybrid electric vehicle). 

Apakah kamu adalah salah satu calon pembeli mobil ini? Jika iya, lebih baik jangan tertinggal secuil informasi satupun dari artikel ini.

Pro dan Kontra

Semenjak naik daunnya mobil listrik Tesla, masyarakat pun mulai melirik eksistensinya dibanding mobil konvensional. Namun, seperti mobil konvensional berbahan bakar minyak bumi, mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

Kelebihan Mobil Listrik

1. Hemat Energi

Penghematan energi bertumpu pada besaran konversi energi aktual penggerak roda mobil yang bersumber dari bahan bakar.

Mobil listrik AEV lebih hemat energi dibanding mobil konvensional. AEV memiliki baterai yang mampu mengkonversi 59% sampai 62% menjadi energi penggerak, sedangkan mobil konvensional hanya bekisar 17% sampai 21%.

2. Mobil Listrik Minim Emisi

Sebab memanfaatkan baterai yang mampu dilakukan pengisian ulang, mobil listrik Indonesia tidak memproduksi sumber polusi udara di seluruh dunia, yaitu buangan knalpot.

Tidak hanya itu saja, dengan mobil listrik yang menggunakan baterai isi ulang, hal ini membuat sedikit dana yang dialokasikan untuk bahan bahan bakar. Sebab, energi mobil ini dapat berasal dari alam sekitar, seperti panel surya.

3. Perawatan yang Dibutuhkan Lebih Sedikit 

Mobil listrik mini memiliki kemampuan performa yang mumpuni. Selain halus dan senyap, mesin mobil ini memerlukan perawatan yang relatif minimal dibanding dengan mesin pembakar internal.

Tidak hanya itu, pengalaman berkendara pun dapat menjadi lebih menyenangkan sebab mobil AEV bereaksi instan, begitu responsif bersama torsi yang bagus.

Pada intinya, AEV lebih terkini dibandingkan mobil bertenaga minyak bumi. Mobil listrik ini bisa terhubung digital melalui stasiun pengisian yang menawarkan pilihan untuk pengontrolan isi dengan aplikasi.

Baca Juga: Mau Beli Motor Listrik? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kekurangan Mobil Listrik

1. Tidak Mampu Bepergian Jarak Jauh

Mayoritas mobil AEV mempunyai jangkauan yang tidak lebih jauh dibandingkan mobil konvensional.

Kebanyakan model memiliki kisaran antara 60 sampai 120 mil dalam setiap pengisian daya. Nah, untuk sejumlah model mobil yang mewah dapat mencapai 300 mil dalam setiap pengisian daya.

Untuk perbandingannya, mobil konvensional mayoritas bisa menempuh jarak dengan kisaran 300 mil dengan bensin penuh. Lalu, untuk mereka yang semakin hemat bahan bakar mampu melalui jarak yang lebih jauh.

Hal ini berpotensi menjadi kendala ketika mengetahui mobilmu kerap digunakan perjalanan jauh. Minimnya spot pengisian bisa membuat mobil AEV tidak direkomendasikan untuk perjalanan darat.

2. Pengisian Bahan Bakar Membutuhkan Durasi Lebih Lama

Untuk mengisi penuh mobil ini melalui pengisi daya level 1 atau 2, maka durasi yang diperlukan dapat mencapai 8 jam. Untuk spot pengisian instan memerlukan durasi 30 menit untuk pengisian sampai 80%.

3. Biaya Lebih Mahal

Di dalam mobil ini, terdapat paket baterai yang mahal dan memerlukan pergantian lebih dari satu kali selama durasi pemakaian mobil. Tidak hanya itu, mobil listrik pun lebih mahal dibanding konvensional.

Akan tetapi, pengefisienan biaya kredit pajak, insentif negara, serta bahan bakar bisa membantumu mengimbangi biaya tersebut dengan menyeluruh apabila ada.

Namun, penghematan biaya untuk bahan bakar, insentif negara, dan kredit pajak bisa membantu mengimbangi biaya ini secara keseluruhan jika tersedia.

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa mobil ini memiliki pro dan kontra. Semua hal ini sebenarnya tergantung dengan kebutuhanmu. Nah, apakah kamu tertarik untuk membeli mobil listrik? Jika iya, yuk gabung dan berinvestasi di Amartha dan gunakan keuntungan imbal hasilnya sebesar 15% flat per tahun untuk merealisasikan mimpimu tersebut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here