Mau Bekerja Sebagai IT Support? Yuk, Pahami Dulu Job Desk-nya Berikut Ini

0
6050
it support
Sumber Foto: Pexels

Kenali Apa Itu IT Support dan Tugasnya

Salah satu pekerjaan yang lagi hype adalah bekerja di bidang teknologi informasi. Salah satunya yakni sebagai IT support (Pendukung Teknologi Informasi). 

Sebagai siswa atau bahkan mahasiswa yang tertarik di dunia TI, alangkah baiknya kamu mempelajari apa itu Informasi Technologi Support. Mulai dari bidang yang dipelajari hingga tugasnya.

Pengertian dan Tugas IT Support

Informasi Technology Support adalah teknisi pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, baik softwate maupun pengembangan jaringannya.

Untuk itu, apabila kamu ingin melamar di pekerjaan ini, kamu harus mengetahui soal teknologi informasi, sistem informasi dan segala hal yang berhubungan dengan komputer.

Ada cukup banyak tugas dari seorang teknisi dalam bidang IT ini. Berikut adalah IT Support Job Description yang harus kamu tahu:

  1. Melakukan pengecekan terhadap sebuah komputer, mulai dari OS (sistem operasi) sampai aplikasi,
  2. Memastikan software bisa berjalan dengan baik,
  3. Memastikan hardware seperti komputer, printer, scanner atau piranti pendukung lain bisa berjalan dengan baik,
  4. Menjaga keamanan pada komputer, terhindar dari virus atau bahkan hacker,
  5. Membantu back up data di komputer,
  6. Memastikan sudah terhubung jaringan internet dan tidak ada gangguan.

Pendidikan yang Harus Ditempuh

Untuk menjadi seorang IT support engineer, maka kamu harus punya latar belakang pendidikan yang mumpuni. Di antaranya lulusan IT atau Teknologi Informasi. Bisa jenjang Diploma 3 atau Strata 1.

Namun semua itu tergantung dari perusahaan. Ada juga yang mencari IT support dengan latar belakang pendidikan SMK. Biasanya mereka harus berasal dari jurusan seperti Multimedia, Teknik Komputer Jaringan atau sejenisnya.

Ada juga lho yang tidak memperhatikan pendidikan. Asal mampu menyelesaikan masalah soal IT, bisa bekerja di perusahaan bersangkutan.

Baca Juga: 10 Daftar Lowongan Kerja IT yang Paling Banyak Dicari

Skill yang Harus Dipunya

Ada beberapa skill yang harus dipunya oleh orang yang bekerja sebagai IT support specialist. Di antaranya:

1. Menguasai Hardware dan Software

Skill yang dipunya pertama yakni jelas harus menguasai berbagai jenis piranti. Baik komputer atau laptop. Kemudian beragam sistem operasinya juga harus dikuasai. Mulai dari windows, linux hingga Mac.

2. Mampu Menganalisis

Softskill berikutnya yakni mampu menganalisis dengan baik permasalahan dari sebuah komputer. Karena tugas kamu adalah memberikan solusi untuk masalah tersebut.

3. Kemampuan Komunikasi

Sering kali dilewatkan terkait kemampuan ini. Padahal skill komunikasi antara kamu dan client itu penting lho! Sebab client ini lah yang bertugas menjelaskan permasalahannya.

Jenjang Karier IT Support

Untuk jenjang karier, sebenarnya tergantung dengan perusahaan yang mempekerjakan. Biasanya di beberapa perusahaan dengan IT yang kompleks, punya jenjang karier yang mumpuni.

Setelah menjadi seorang IT support pemula, kamu bisa menjadi seorang System Analyst. Kemudian bisa juga menjadi Network Support Specialist hingga Help Desk Analyst.

Berapa Gaji IT Support?

Gaji dari seorang pendukung IT ini beragam. Namun paling rendah biasanya adalah Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Namun di perusahaan besar, gajinya bisa mencapai Rp6-8 juta, tergantung jobdesk yang dikerjakan.

Dengan gaji yang tak sedikit itu, kamu bisa mulai investasi di Amartha. Apalagi pada program crowfunding dengan modal hanya Rp100 ribu saja. 

Selain memperoleh keuntungan hingga 15% flat per tahun dari investasi, kamu bisa membantu perempuan pengusaha mikro. Keren bukan? Jadi IT support sekaligus bisa danai pelaku usaha mikro. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here