Manfaat Pengembangan Karir Bagi Karyawan dan Perusahaan

0
244
Ilustrasi pengembangan karier di kantor. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi pengembangan karier di kantor. sumber: www.istockphoto.com

Pengembangan karir merupakan suatu hal yang penting bagi karyawan maupun perusahaan. Sebab, hal tersebut adalah suatu bentuk kegiatan dengan tujuan positif yakni menunjang karir serta mewujudkan visi maupun misi perusahaan. 

Tentu saja, program satu ini adalah dukungan perusahaan sebagai usaha memotivasi dan mendorong karyawan supaya mampu melakukan pengembangan karir lebih baik entah dari segi pendapatan maupun posisi. 

Manfaat Pengembangan Karir bagi Karyawan dan Perusahaan

Pada intinya, program pengembangan ini mampu menawarkan beragam manfaat untuk karyawan maupun perusahaan. Belum tahu apa sajakah manfaat tersebut? Intip jawabannya dalam poin-poin beserta penjelasan ringkas berikut. 

Memudahkan Pemahaman dan Pengembangan Passion

Adanya kegiatan pengembangan karir untuk karyawan merupakan hal yang positif. Melalui pelatihan dan edukasi, maka tidak cuma karir mereka saja yang terarah. Namun passion pun demikian. 

Tentunya dari kegiatan-kegiatan pengembangan tersebut, para karyawan bisa lebih terbantu dalam memahami maupun mengembangkan passion masing-masing. Dengan demikian, potensi mereka bisa dikembangkan dengan baik.

Memperluas Relasi 

Program atau kegiatan mengembangkan karir tentunya memerlukan tenaga dari internal dan eksternal perusahaan. Dengan demikian, karyawan dapat memanfaatkannya untuk memperluas relasi lewat sharing dan interaksi. 

Relasi adalah salah satu faktor penentu kesuksesan karir bagi karyawan. Melalui relasi, maka karyawan bisa lebih gampang dalam menemukan klien, melobi, melakukan negosiasi, hingga memeroleh tawaran karir lebih menjanjikan. 

Baca Juga: 5 Prospek Peluang Karir di Bidang Keuangan Bergaji Tinggi

Menumbuhkan Loyalitas Karyawan pada Perusahaan

Masing-masing karyawan pastinya menginginkan perkembangan jenjang karir secara vertikal, lebih tepatnya yakni bergerak menuju posisi lebih tinggi. Maka demikianlah perusahaan berkewajiban untuk memberi program pengembangan karir

Nah, dengan pemberian program tersebut, maka jenjang karir karyawan bisa semakin meningkat. Begitupun dengan loyalitasnya pada perusahaan yang telah memberinya kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. 

Meningkatkan Motivasi Kerja

Kekuatan dan kemampuan bekerja secara maksimal berasal dari diri sendiri. Hal tersebut bisa ditingkatkan dengan mengembangkan karir. Adanya program tersebut tentunya memberi karyawan motivasi dalam bekerja dan mengembangkan potensi diri. 

Perlu kamu ketahui, motivasi kerja bisa tumbuh optimal apabila perusahaan memberi kesempatan karyawan supaya berkembang. Dengan tingginya motivasi kerja, pastinya bisa mencetak prestasi, memaksimalkan kinerja serta kontribusi untuk perusahaan. 

Meningkatkan Keterbukaan antara Karyawan dan Perusahaan dalam Rencana Karir

Penting untuk perusahaan maupun karyawan supaya rutin berdiskusi terbuka tentang harapan dan rencana karir impian masing-masing karyawan, plus membicarakan tentang kesempatan karir di perusahaan. 

Dengan menawarkan pengembangan karir untuk merealisasikan impian mereka dalam rencana karir, maka para karyawan tersebut bisa lebih terbuka pada perusahaan sehingga kenyamanan mereka pun meningkat. 

Menekan Tingkat Turnover

Edukasi dan pelatihan adalah upaya untuk mengembangkan karir. Tentunya kedua hal tersebut adalah keinginan karyawan yang sebaiknya direalisasikan supaya mereka bisa menggapai kesuksesan dalam karir. 

Jika karyawan bisa mendapatkan fasilitas edukasi dan pelatihan secara rutin, maka tentunya mereka bisa merasakan bahwa keinginannya dikabulkan oleh perusahaa. Ini akan membuat karyawan bisa mengalami peningkatan jabatan dan tidak mengundurkan diri. 

Nah, itu dia pembahasan mengenai pengembangan karir, khususnya seputar manfaat bagi karyawan maupun perusahaan. Jika kamu memiliki perusahaan skala kecil dan menengah, tidak ada salahnya untuk mengembangkan karir karyawan. Bagaimana jika kamu belum memiliki perusahaan? Maka bangun sendiri karir dengan skala kecil atau menengah terlebih dahulu.

Salah satu caranya dengan berinvestasi dan menjadi lender di Amartha, maka kamu sama dengan mendukung UMKM Indonesia untuk memberikan akses permodalan. Selain berdampak positif, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, mulai dengan Rp100.000 aja, loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here