Manfaat & Alasan Memulai Bisnis di Usia Muda

0
44
tips memulaibisnis di usia muda
sumber foto: www.istockphoto.com

Temukan Alasan Memulai Bisnis Di Usia Muda

Banyak orang ingin berwirausaha atau berbisnis tetapi hanya segelintir yang benar-benar merealisasikannya. Salah satu alasannya, merasa sudah terlambat. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, mereka cenderung menghadapi berbagai kesulitan yang membuat putus asa untuk memulai suatu bisnis. Karena itulah, sangat penting untuk membuka usaha di usia muda. Temukan manfaat dan alasan memulai bisnis di usia dini dalam ulasan ini. 

1. Keuntungan Jangka Panjang

Manfaat dan alasan memulai bisnis baru di usia muda yang pertama, kamu akan memperoleh keuntungan dari hasil usaha dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Katakanlah kamu mulai membuka perusahaan di usia 25 tahun. Perusahaan tersebut akan terus tumbuh hingga menjadi besar dalam waktu sepuluh tahun. 

Waktu itu kamu masih berusia 35 tahun, masih masuk dalam usia yang produktif untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi. Sehingga keuntungan yang akan kamu tuai pun akan lebih tinggi lagi. 

Hal itu akan berbeda ketika kamu mulai berwirausaha di usia akhir empat puluhan. Meskipun memiliki banyak pengalaman, tetapi pada usia itu, kamu akan lebih pas jika menjadi penasihat. Produktivitas pun sudah mulai menurun. Sehingga, masa untuk menikmati keuntungan pun relatif lebih pendek. 

2. Toleransi Terhadap Risiko

Hadapi saja realitas bila tidak semua usaha yang dibuka akan menuai keberhasilan, berapapun usia memulainya. Akan tetapi, ketika kamu mulai membuka sebuah usaha baru, akan menuntut banyak investasi di muka, baik dalam bentuk waktu maupun uang. Kamu pun akan menanggung risiko yang signifikan, baik dari sisi keuangan maupun karier.

Namun, semakin muda kamu masuk ke dunia bisnis, akan semakin baik bagi kamu dalam menoleransi sebuah risiko. Kamu akan memiliki lebih sedikit tanggung jawab, lebih sedikit komitmen, serta lebih banyak waktu untuk menebus kerugian yang dialami. Itulah alasan memulai bisnis baru sedini mungkin begitu penting, karena dapat mengurangi potensi kerugian yang besar. 

3. Merasakan Realitas “Dunia Nyata” yang Sesungguhnya

Ketika kamu menjadi seorang karyawan, kamu akan berada di ruangan terkontrol, mendengarkan apa yang diperintahkan oleh atasan. Meskipun kamu pasti dapat belajar banyak, akan tetapi kamu akan kehilangan beberapa pelajaran penting.

Berbeda ketika kamu masuk ke dunia bisnis. Saat itulah, kamu akan memperoleh banyak pelajaran penting yang sesungguhnya dalam realitas “dunia nyata”, yang tidak akan ditemukan di balik kubik kantor. Sebab, tidak akan ada manajer yang akan memberi tahu tentang apa saja yang perlu dilakukan. Itulah manfaat dan alasan menjadi pengusaha muda

Kamu akan dituntut untuk harus mencari tahu sendiri semuanya. Ketika membuat sebuah kesalahan, tidak akan ada orang yang melindungi. Kamu harus mempertanggungjawabkannya sendiri. Pelajaran itu sangat berharga yang hanya bisa diperoleh dari pengalaman.

Baca juga: Pentingnya Pencatatan Keuangan Bagi Pelaku Usaha UMKM

4. Anak Muda Lebih Mudah Beradaptasi

Alasan memulai bisnis harus dilakukan di usia muda, karena usia itu anak muda belum terpapar dunia profesional sebanyak rekan-rekan mereka yang lebih tua. Dengan demikian mereka kurang berkomitmen pada aturan dan norma tertentu, serta jauh lebih fleksibel. Mereka juga cenderung lebih mudah beradaptasi.  

Seorang pengusaha muda akan lebih mudah dalam mengidentifikasi serta menerapkan teknologi baru yang berguna untuk pengembangan bisnisnya. Mereka akan mencari cara bagaimana pekerjaan agar dapat dilakukan seefektif mungkin dengan teknologi baru dan menyesuaikan diri. 

Berbeda dengan orang tua yang justru enggan menerima perubahan dan lebih suka berada di zona nyaman. Ketika perkembangan teknologi semakin maju, mereka cenderung butuh waktu lebih lama untuk bisa beradaptasi. 

Nah, itulah empat manfaat dan alasan memulai bisnis harus dilakukan di usia muda. Kamu pun akan memiliki banyak waktu untuk mengembangkan bisnis atau menjadi investor di Amartha. Selain imbal hasil flat hingga 15% per tahun, kamu pun berkesempatan memajukan para wirausahawan perempuan di desa-desa. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung bersama puluhan investor Amartha dan majukan UMKM Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here