Manajer Investasi: Apa, Siapa, dan Jenisnya

0
169
manajer investasi
Ilustrasi manajer investasi. Photos

Saat ini, informasi seputar finansial adalah hal yang sudah lazim diperbincangkan di masyarakat, termasuk oleh kaum milenial. Sejalan dengan hal tersebut, profesi manajer investasi pun sudah mulai diketahui oleh khalayak banyak. Lantas, apa sih sebenarnya manajer investasi itu?

Apa itu Manajer Investasi?

Manajer investasi oleh UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 diartikan sebagai pihak (bisa perusahaan atau perorangan) yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif bagi sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pengertian manajer investasi ini mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 10/POJK.04/2018 Tentang Penerapan Tata Kelola Manajer Investasi. Perlu diketahui, untuk menjadi seorang manajer investasi, seseorang harus mempunyai sertifikasi profesi Wakil Manajer Investasi (WMI).

Pertimbangan Dalam Memilih Manajer Investasi

Saat ini, siapa pun sebenarnya bisa menggunakan jasa manajer investasi. Namun, kamu harus mempertimbangkan beberapa pertimbangan berikut sebelum memilih manajer investasi:

1. Cek Legalitas Manajer Investasi

Pertimbangan pertama yang harus dilakukan adalah mengecek legalitas manajer investasi tersebut. Cara mengeceknya yang paling standar adalah sudah berizin dan terdaftar di OJK atau tidak.

2. Lihat Track Record   

Selanjutnya, kamu juga bisa melihat track record dari manajer investasi tersebut dengan browsing di Google ataupun berbagai media sosial. Paling tidak kamu bisa mencari tahu apakah manajer investasi yang akan kamu pilih pernah terlibat kasus atau isu-isu negatif lainnya yang mungkin akan mempengaruhi nilai investasi kamu di masa depan.

3. Perhatikan Kinerja

Manajer investasi dengan integritas tinggi tentunya akan mempunyai pengalaman yang cukup dalam mengelola dana dan aset nasabahnya. Hal sederhana yang bisa kamu perhatikan awalnya adalah lewat bagian prospektus reksa dana. Dari situ bisa terlihat grafik pengelolaan investasinya.

Apakah bergerak secara wajar, ataukah ada anomali-anomali yang mencurigakan? Dari grafik performa ini, kamu dapat melihat apakah manajer investasi yang akan dipilih itu memiliki keahlian dan pengalaman yang cukup dalam mengelola aset investor.

Selain beberapa pertimbangan itu, yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah setiap manajer investasi mempunyai cara tersendiri dalam mengeola portolio klien untuk mendapatkan profit. Berikut ini ada 3 jenis manajer investasi.

Jenis-Jenis Manajer Investasi Yang Perlu Kamu Ketahui

1. Manajer Investasi Konservatif

Manajer investasi yang satu ini punya profil risiko tingkat penerimaan risiko paling rendah atau sering disebut risk averse investor alias investor yang menyukai risiko minimal.

Perlu diketahui, risiko berinvestasi sering dimaknai sebagai adanya potensi kerugian. Padahal sejatinya, risiko investasi berkaitan dengan ketidakpastian imbal hasil. Karena itu, untuk produk investasi yang ditawarkan biasanya deposito dan pasar uang.

2. Manajer Investasi Agresif

Profil risiko dari Manajer investasi yang ini cenderung bermain dengan risiko cukup besar. Tentunya akan seimbang dengan keuntungan yang didapatkan cenderung lebih tinggi dari jenis sebelumnya. Untuk produk investasi yang ditawarkan biasanya saham.

3. Manajer Investasi Syariah

Manajer investasi yang terakhir ini lebih suka berinvestasi secara syariah sehingga berdampak pada keuntungan yang didapatkan. Untuk produk investasi yang ditawarkan biasanya produk-produk syariah, seperti saham perbankan syariah.

Nah, selain investasi yang menggunakan manajer investasi, kamu juga bisa loh mencoba alternatif investasi yang menawarkan peluang keuntungan bersaing seperti P2P Lending Amartha. Ada keuntungan bagi hasil 15% flat per tahun setiap modalin calon CEO UMKM di pedesaan. Daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here