Maksimalkan Internet Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

0
28
Ilustrasi memaksimalkan internet marketing untuk meningkatkan penjualan. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi memaksimalkan internet marketing untuk meningkatkan penjualan. sumber: www.pexels.com

Perkembangan teknologi yang pesat memiliki dampak kepada perilaku konsumen. Salah satunya adalah perilaku belanja yang awalnya konsumen mendatangi toko, warung, pasar, hingga mall untuk berbelanja memenuhi kebutuhan hidup. Kini banyak yang beralih berbelanja secara online, bahkan belanja sayuran untuk masak sehari hari pun bisa dilakukan secara online juga.

Sehingga jika kamu memiliki bisnis bahkan jika bisnis itu masih kecil, wajib untuk mempelajari internet marketing untuk meningkatkan penjualan bisnismu. Peluang mendapatkan cuan dari bisnis online sangatlah melimpah dan tentu kamu juga tidak mau ketinggalan untuk ikut mendapatkannya bukan?

Cara Memaksimalkan Internet Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online 

Membangun Visitor ke Online Shop

Setiap bisnis online pasti punya website atau minimal akun media sosial atau bisa juga lapak di e-commerce. Jika diibaratkan seperti sebuah toko, maka tentu toko yang ramai akan lebih banyak mendapatkan untung daripada toko yang sepi. Sehingga kamu perlu mendatangkan visitor atau traffic ke online shop yang dimiliki.

Caranya adalah dengan membangun tampilan online shop yang bagus, rapi, lengkap, dan terlihat profesional. Sehingga calon konsumen yang berkunjung akan percaya dengan kredibilitas online shop kamu.

Membuat Content Marketing

Langkah selanjutnya untuk memaksimalkan internet marketing untuk meningkatkan penjualan adalah memproduksi content marketing. Fungsi dari content marketing adalah untuk menyediakan informasi seputar produk kepada calon konsumen. Bisa juga sebagai variasi konten sehingga konsumen tidak merasa ‘dijuali’ terus menerus.

Misalkan jika kamu memiliki bisnis online shop skincare, maka kamu bisa membuat content marketing mengenai bahan bahan apa saja yang digunakan dalam kandungan skincare, tips dan trik wajah tetap segar dan kencang, cara menyimpan skincare yang baik dan benar, serta masih banyak lagi. 

Adanya content marketing ini juga sangat berpengaruh pada poin pertama yaitu mendatangkan visitor ke online shop.

Baca Juga: Endorsement dan Affiliate Marketing, Sama atau Beda?

Fast Respon dan Ramah

Salah satu layanan terbaik dari bisnis online adalah layanan yang cepat tanggap dan ramah. Jika kamu membalas pesan lama, tentu calon pelanggan akan berpaling dan mencari yang lebih cepat. 

Jika kamu membalas pesan dengan ramah, tentu calon pelanggan akan terkesan dan bisa jadi berlangganan atau bahkan ikut merekomendasikan produkmu ke teman temannya. Terlihat simpel namun ternyata berpengaruh pada internet marketing untuk meningkatkan penjualan bisnismu bukan?

Menambah Strategi Digital Marketing

Biasanya para pebisnis mengandalkan endorse sebagai cara untuk meningkatkan penjualan digital marketing dan untuk menarik perhatian calon konsumennya. Namun tentu memerlukan biaya yang besar, apalagi jika mengendorse artis atau selebgram ternama. 

Ada banyak strategi promosi untuk meningkatkan penjualan selain endorse yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah beriklan baik di Google Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, hingga Tiktok Ads.

Dengan beriklan, maka kamu bisa mengatur sendiri berapa budget yang akan dikeluarkan, hingga target pasar mana yang hendak disasar secara lengkap. Jika kamu berbisnis skincare, maka bisa menargetkan perempuan usia remaja dewasa.

Pilih konsumen yang menyukai dunia kecantikan dari kelompok menengah ke atas, misalnya. Sehingga konten iklan akan spesifik diberikan kepada target pasarmu dan memperbesar kemungkinan terjadinya konversi.

Sembari berusaha untuk memaksimalkan internet marketing untuk meningkatkan penjualan bisnismu, kamu juga bisa berinvestasi menyisihkan sebagian keuntungan dari bisnis online di microfinance marketplace, Amartha. Sebagai lender atau investor kamu turut serta membantu bisnis perempuan pengusaha mikro dalam akses permodalan. Cuma dengan modalin Rp100.000 aja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat lho! Yuk langsung download aplikasinya, daftar dan modalin sekarang juga!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here