Mahasiswa, Ini Alasan Kamu Wajib Ikut Magang Sebelum Lulus

0
17
Ilustrasi mahasiswa magang. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi mahasiswa magang. sumber: www.istockphoto.com

Ketika menjadi mahasiswa, banyak kegiatan di luar kampus yang bisa diikuti. Selain kepanitiaan, organisasi dan volunteering, kamu bisa mengikuti kegiatan magang yang banyak dibuka oleh perusahaan maupun startup. 

Apa itu magang? Magang adalah kegiatan menerapkan pengetahuan dan kompetensi yang didapatkan dari dunia pendidikan ke dunia kerja sehingga dapat memahami sistem kerja dunia professional yang sebenarnya. Kegiatan magang akan menjadikanmu mendapatkan banyak hal sebelum melangkah ke jenjang karir setelah lulus kuliah.

5 Manfaat Magang Sebelum Lulus Kuliah

Selain memahami kerja dunia professional, para mahasiswa akan mendapatkan banyak manfaat ketika mengikuti program magang. Berikut adalah manfaat magang yang membuatmu wajib untuk mengikuti kegiatan ini sebelum lulus kuliah.

1. Mempercantik Portofolio

Men in suits sitting at a table

Description automatically generated with low confidence

Mahasiswa pasti paham kalau portofolio sangat penting dalam proses rekrutmen dunia kerja. Pengalaman magangmu bisa kamu masukkan dalam daftar portofolio loh! Hal ini akan membuatmu lebih unggul dibandingkan orang lain. Apalagi jika kamu mendapatkan predikat yang memuaskan dalam kegiatan magang tersebut, tentu kamu akan memiliki peluang besar untuk diterima di perusahaan yang ingin kamu incar. 

2. Magang Dapat Membangun Relasi

A group of women sitting at a table

Description automatically generated with medium confidence

Manfaat magang selanjutnya adalah membangun networking atau relasi. Ketika mahasiswa mengikuti kegiatan magang, kamu tentu akan berhubungan dengan banyak orang, mulai dari orang-orang dalam departemen yang sama hingga pimpinan perusahaan. Selain itu, kamu bisa saja mendapatkan tugas untuk menghubungi seseorang dari perusahaan lain atau diikutsertakan dalam suatu event tertentu. 

Mahasiswa bisa menjalin relasi secara maksimal melalui kegiatan magang ini. Relasi yang telah dibangun tentunya akan sangat bermanfaat di kemudian hari, terutama saat lulus kuliah dan ingin melamar pekerjaan. 

Baca Juga: 5 Persiapan Gen Z Dalam Memasuki Dunia Kerja

3. Mendapatkan Penawaran Kerja Fulltime Setelah Lulus

Close-up of hands shaking

Description automatically generated

Bagi kamu yang ingin langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, kegiatan magang menjadi hal yang patut kamu coba. Banyak perusahaan yang saat ini menawarkan kesempatan kerja fulltime bagi para pemagang terbaik. Nah kamu bisa menunjukkan kesungguhanmu saat mengikuti kegiatan magang ini dengan memberikan perfoma terbaik, siapa tahu kamu mendapatkan penawaran kerja fulltime!

4. Mendapatkan Uang Saku

A picture containing text, person

Description automatically generated

Manfaat lain dari mengikuti kegiatan magang adalah mendapatkan uang saku tambahan. Meskipun tidak semua perusahaan menawarkan gaji atau upah, uang saku yang kamu dapatkan dari kegiatan magang bisa kamu gunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup ataupun untuk ditabung. 

Jangan membayangkan dapat uang saku yang banyak ya! Jika masih sebagai mahasiswa magang, mungkin kamu hanya akan mendapatkan seperempat atau bahkan setengah dari gaji karyawan tetap. Meski begitu, pengetahuan dan pengalaman yang kamu dapatkan ketika mengikuti magang tentunya akan sangat berguna bagi masa depan kamu. 

5. Mengembangkan Skill

A person giving a presentation

Description automatically generated with low confidence

Manfaat yang tidak kalah penting dari mengikuti kegiatan magang adalah mampu mengembangkan skill. Saat mahasiswa menjalani program magang, para mahasiswa akan diberikan beberapa pekerjaan oleh atasan, baik yang pernah dikerjakan maupun yang belum pernah. Saat itulah skill akan terasah. Selain itu, kamu juga akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi karena banyak diminta untuk melakukan diskusi maupun presentasi. Hal ini akan membuatmu lebih banyak mengenal beragam keterampilan, kelebihan maupun kelemahan di dalam diri. 

Nah, itulah 5 alasan kenapa kamu sebagai mahasiswa wajib mengikuti kegiatan magang sebelum lulus kuliah. Tapi sebelum ikut magang, pastikan kamu bisa membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dan magangmu ya agar perkuliahanmu tidak berantakan hanya karena magang.


Jika kamu tertarik mengetahui dunia professional, kamu juga bisa mencoba program-program untuk mahasiswa yang rutin diadakan oleh Amartha. Memiliki banyak manfaat, kamu akan dikenalkan bagaimana Amartha bekerja secara professional dengan diberikan projek khusus. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan penawaran kerja fulltime di Amartha loh. Jadi, So, pantengin terus sosial media dan website Amartha untuk tahu kejutan lainnya!

Author: Moch. Izzul Haq Al Ma’ruf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here