Home Kita Jangan Menyerah Ciptakan Lingkungan Kerja yang "Mindful" #KitaJanganMenyerah

Ciptakan Lingkungan Kerja yang “Mindful” #KitaJanganMenyerah

|

|

|

Konsep kesadaran diri atau mindfulness kini menjadi konsep gaya hidup yang sedang banyak dibahas untuk meningkatkan kualitas diri dan hubungan terhadap lingkungan. Lingkungan kerja yang mindful menjadi lingkungan kerja idaman karena itu artinya karyawan bisa bekerja dengan lebih terfokus tanpa merasa terbebani oleh beban kerja yang terasa tidak manusiawi. 

Salah Tafsir Lingkungan Kerja yang Mindful

Konsep mindfulness memang bisa dilihat dari dua sisi, yakni dari sisi karyawannya itu sendiri dan juga sisi lingkungan tempat ia bekerja. Jika dilihat dari sisi karyawan itu sendiri, maka konsep mindfulness mengharuskan karyawan agar memfokuskan perhatiannya di tempat kerja. Ketika mereka sedang berada di tempat kerja, maka sudah seharusnyalah fokus sadar mereka ada di sana. 

Namun, selain berbicara mengenai membangun mindfulness dalam diri, membangun lingkungan kerja yang mindul juga sangat penting dilakukan. Sayangnya, banyak pengusaha yang salah tafsir mengenai lingkungan kerja mindful dengan menekankan perintah untuk tenang batin dan jiwa kepada karyawan saja. 

Pada akhirnya, para pengusaha tersebut membiarkan lingkungan kerja yang stres untuk para karyawan dengan dalih menekankan ketenangan pada batin karyawan. Karyawan tetap dipaksa bekerja keras dengan tidak manusiawi. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi Lingkungan Kerja Mindful :

Nature

Faktor nature adalah faktor alamiah dari dalam diri karyawan yang berpengaruh terhadap kondisi kejiwaannya. Misalnya saja apakah karyawan tersebut memiliki faktor pemicu stres yang berasal dari kehidupan pribadinya. Faktor nature ini bisa membuat karyawan menjadi tidak fokus terhadap pekerjaan.

Nurture

Faktor nurture berasal dari lingkungan sosial karyawan dalam hal ini lingkungan pekerjaannya. Untuk mengetahui apakah faktor yang menyebabkan lingkungan kerja menjadi tidak mindful, dapat dicek kasus kejadian stres dan burnout karyawan. Apabila kasus kejadian stres dialami oleh banyak karyawan, bisa jadi hal ini karena lingkungan kerja yang tidak sehat atau tidak mindful.

Mengatasi Lingkungan Kerja Toxic

Anda sebagai karyawan memiliki pilihan untuk membicarakan hal ini kepada atasan. Mintalah untuk memperbaiki sistem perusahaan yang Anda anggap terlalu toxic dan tidak manusiawi. Apabila tidak berhasil, maka Anda memiliki 2 pilihan tersisa, yakni resign dari perusahaan atau tetap bertahan dan menguatkan daya tahan mental.

Apalagi seperti yang kita ketahui saat ini ada banyak sekali perusahaan yang mempekerjakan karyawannya dengan sangat tidak manusiawi. Karyawan dipaksa bekerja melebihi jam kerjanya dengan waktu istirahat yang sangat kurang. Sementara pemimpin mereka pun tidak membayar upah karyawan dengan semestinya. Apabila Anda merasa tidak kuat, maka sebaiknya resign saja dan mencari pekerjaan lain.

Jadikan diri Anda lebih bermanfaat bagi orang lain dengan mengikuti program pendanaan P2P dari Amartha. Anda bisa turut berperan untuk membantu masyarakat di pedesaan sukses mengembangkan usaha dengan mendanai usaha mereka.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...