Liburan Masih Kurang? Staycation Bisa Jadi Alternatif

0
32
staycation
sumber foto: www.freepik.com

Beberapa waktu belakangan ini, lebih-lebih di masa adaptasi kebiasaan baru, istilah seperti staycation mulai kembali tenar di kalangan masyarakat. Aktivitas ini sebenarnya adalah penggabungan dari dua kata yakni stay serta cation

Stay memiliki arti tetap, sedangkan vacation memiliki arti liburan. Sebenarnya, menurut Cambridge Dictionary, istilah ini mempunyai arti sebagai liburan yang dilakukan di dekat rumah atau di rumah dibandingkan pergi ke tempat lain. 

Ibaratnya, kamu akan menjadi turis di kota sendiri. Selain itu menurut sumber yang lain, istilah ini dapat diartikan secara sederhana sebagai liburan yang dilakukan dengan cara menetap di suatu tempat. 

Apa Itu Staycation?

Di Indonesia, khususnya di berbagai kota besar seperti Semarang, Jakarta, Medan dan berbagai kota besar yang lain, mengartikan  staycation adalah liburan yang dilakukan dengan cara menetap atau tinggal di suatu tempat. 

Contohnya saja di villa atau di hotel yang lokasinya tidak jauh di rumah atau di kota yang sama. Aktivitas liburan ini sering dikaitkan dengan alasan terbatasnya waktu berlibur serta menjadi obat jenuh yang dapat dilakukan kapanpun. 

Lantas, apa perbedaan staycation dan vacation? Vacation memerlukan usaha yang lebih besar karena vacation adalah liburan yang dilakukan dengan mengunjungi tempat baru dan memiliki waktu yang lebih lama. 

Selain itu, persiapan dari vacation juga lebih banyak mulai dari baju yang lebih banyak, visa dan paspor jika ingin ke luar negeri hingga kendaraan pribadi. Bahkan kesehatan serta keamanan juga harus lebih diperhatikan ketika vacation. 

Baca Juga: Melepas Penat, dengan Staycation di Akhir Pekan!

Alasan Healing Staycation Lebih Digemari

Kegiatan ini menjadi pilihan liburan yang cukup diminati saat ini. Berikut beberapa alasannya, yaitu:

1. Perencanaan Jauh Lebih Mudah

Alasan pertama kegiatan ini lebih diminati ialah karena lebih mudah direncanakan bila dibandingkan dengan vacation yang biasanya dilakukan. Kamu hanya perlu memesan apartemen, hotel atau villa tanpa perlu memusingkan mana tempat yang harus dikunjungi. 

2. Harga Lebih Terjangkau

Alasan lain mengapa kegiatan ini menjadi pilihan ialah karena harga yang lebih terjangkau. Kamu tidak perlu menyiapkan dana untuk membeli tiket masuk ke wahana atau tiket penerbangan, karena biaya utama dalam kegiatan ini hanya biaya akomodasi saja. 

3. Tidak Membutuhkan Banyak Waktu

Karena tidak harus melakukan perjalanan yang jauh hingga keluar kota, kegiatan ini dapat kamu lakukan ketika akhir pekan tanpa menunggu waktu libur panjang. 

4. Dapat Memberikan Efek Refreshing

Kegiatan ini memang terlihat sederhana, namun kegiatan ini banyak dipilih karena bisa memberi atmosfer berbeda sehingga dapat memberi efek refreshing yang sama ketika kita pergi liburan ke luar kota. 

Namun, agar agendamu ini berjalan dengan lancar dan seru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan contohnya seperti melakukan perencanaan bersama dengan teman atau pasangan yang ingin kamu ajak. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari tanggal menginap yang memiliki acara menarik, terakhir pastikan memilih tempat menginap yang nyaman. Baik hotel berbintang maupun villa, kamu harus memperhatikan kenyamananmu dan mempertimbangkan lokasi penginapan. Meskipun kegiatan ini sangat menyenangkan, namun jangan sampai budget bulanan yang kamu miliki membengkak hanya karena hal ini.

Kemanapun kamu pergi, jangan lupa untuk selalu siapkan dana lebih saat staycation. Jika ini termasuk ke dalam langkah healing kamu, ada baiknya untuk kamu mulai menyicil dengan tabungan dan investasi di platform terpercaya. P2P lending dari Amartha menjadi pilihan investasi yang cocok untukmu. Bahkan, kamu bisa memperoleh imbal hasil yang mencapai 15% flat per tahunnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here