Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

0
287
Ilustrasi jadwal libur lebaran. sumber: www.unsplash.com
Ilustrasi jadwal libur lebaran. sumber: www.unsplash.com

Pemerintah baru-baru ini membuat keputusan untuk menambah dan menggeser jadwal libur dan cuti bersama lebaran di tahun 2023. Hal ini dilakukan dengan merevisi Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Sebelumnya, dalam SKB yang diteken pada 11 Oktober 2022, cuti bersama Idulfitri 2023 dijadwalkan pada tanggal 21, 24, 25, dan 26 April. Sementara itu, 22 dan 23 April merupakan libur nasional Hari Raya Idulfitri.

Jadwal Penambahan Libur dan Cuti Bersama Lebaran tahun 2023

Berdasarkan revisi SKB tiga menteri yang ditandatangani pada 29 Maret, perubahan cuti bersama lebaran 2023 ditetapkan pada tanggal 19, 20, 21, 24, dan 25 April. Sementara itu, 22 dan 23 April masih tetap merupakan libur nasional Hari Raya Idulfitri. Dari enam hari, total jadwal libur dan cuti bersama menjadi tujuh hari.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy pada konferensi pers 29 Maret lalu, mengatakan bahwa keputusan untuk menggeser dan menambah cuti ini diambil untuk menghindari kemacetan di masa puncak arus mudik.

Pemerintah memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 21 April mendatang. Berdasarkan survei dari Kementerian Perhubungan, Muhadjir menjelaskan bahwa ada sekitar 123 juta orang yang diperkirakan akan mudik tahun ini, meningkat dari jumlah pemudik tahun lalu yang hanya sekitar 85 juta orang.

Oleh karena itu, penambahan cuti bersama ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar perencanaan mudik lebaran menjadi lebih matang dan terhindar dari kemacetan. Berikut ini adalah jadwal lengkap  libur dan cuti bersama lebaran tahun 2023:

  • 19 April: Cuti Bersama Lebaran
  • 20 April: Cuti Bersama Lebaran
  • 21 April: Cuti Bersama Lebaran
  • 22 April: Libur Hari Raya Idulfitri
  • 23 April: Libur Hari Raya Idulfitri
  • 24 April: Cuti Bersama Lebaran
  • 25 April: Cuti Bersama Lebaran

Menjaga Keselamatan Selama Mudik Libur Lebaran

Jadikan penambahan cuti bersama lebaran 2023 ini sebagai kesempatanmu untuk merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan lebih baik, sehingga kamu dapat terhindar dari kemacetan dan kepadatan arus lalu lintas.

Kamu bisa mengikuti tips di bawah yang dapat membantu untuk melakukan mudik dengan aman dan nyaman.

Rencanakan Perjalananmu dengan Matang

Sebelum mudik, rencanakan perjalananmu dengan matang. Tentukan rute dan perkirakan waktu sampai, pastikan kondisi kendaraan selalu optimal, dan periksa jalan utama dan alternatif yang dilalui, terutama yang rawan kecelakaan atau macet.

Istirahat Harus Cukup

Jangan memaksakan diri kamu berkendara sampai lelah, apalagi mengantuk! Berhenti sejenak jika lelah atau kantuk tidak bisa lagi ditahan, cari tempat istirahat atau bengkel terdekat untuk beristirahat dan memeriksa kondisi kendaraan.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Mudik Agar Kantong Tak Jebol

Patuhi Aturan Lalu Lintas

Selalu patuhi aturan lalu lintas. Jangan melanggar rambu-rambu dan mengebut di jalan. Hindari menggunakan ponsel saat berkendara karena bisa mengalihkan perhatian dan berisiko kecelakaan.

Bawa Perlengkapan Darurat

Siapkan perlengkapan darurat dalam kendaraan kamu, seperti perban, obat-obatan, dan peralatan pertolongan pertama lainnya. Hal ini sangat penting jika terjadi kecelakaan atau kejadian darurat

Pastikan juga kendaraan yang kamu gunakan dilengkapi dengan peralatan darurat seperti ban cadangan, kunci roda, kunci pas, dan segitiga pengaman. Hal ini penting untuk memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan keputusan untuk menambah hari libur dan cuti bersama lebaran agar masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan lebih tenang dan matang, serta terhindar dari kemacetan lalu lintas.

Jika kamu tidak mudik, yuk manfaatkan pos keuangan untuk lebaran atau sisa THR kamu untuk mendapatkan passive income. Caranya adalah dengan mendanai CEO UMKM di Amartha. Mulai dari Rp100 ribu saja, dana THR kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya. Tunggu apalagi? Yuk, mulai modalin di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here