Lebih Suka Tinggal di Apartemen, Ini Tips Pilih Apartemen Sesuai Budget!

|

|

|

Seiring dengan perkembangan jaman, banyak orang sekarang mempertimbangkan apartemen sebagai pilihan hunian. Apartemen memang berbeda dengan rumah konvensional.

Apartemen menyediakan sistem keamanan yang lebih canggih karena tersedianya CCTV di setiap lantai dan ada satpam yang biasanya berpatroli sehingga tidak sembarangan orang bisa masuk ke komplek apartemen.

Lalu, berbagai macam fasilitas yang tersedia di apartemen cukup membantu dan menghibur pemiliknya. Kamu akan mudah menemukan ATM, minimarket, food court, hingga pusat perbelanjaan di sekitar apartemen.

Selain itu apartemen biasanya berlokasi di pusat kota sehingga mudah dijangkau oleh transportasi umum. Atau jika kamu punya kendaraan pribadi juga bisa memarkirnya di lahan yang sudah tersedia,

Walaupun rumah masih menjadi tempat tinggal primadona, tinggal di apartemen sekarang menjadi pilihan baru bagi siapa saja yang ingin merasakan fasilitas-fasilitas dan kemudahan yang ditawarkannya.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, berikut ini adalah beberapa tips memilihnya:

1. Survei Harga Apartemen di Lokasi yang Diinginkan

Tips pertama dalam memilih apartemen yang harus kamu lakukan adalah melakukan survei harga apartemen di lokasi yang kamu inginkan. Hal ini dilakukan agar kamu tau harga kisaran apartemen di area itu. Sehingga setidaknya punya pengetahuan berapa harga apartemen yang paling murah dan paling mahal.

Kamu bisa membandingkan jenis apartemen, misalnya apartemen subsidi, apartemen biasa, kondominium dan harga yang ditawarkan. Sehingga bisa memilih jenis apartemen yang kamu inginkan dengan budget yang sesuai.

Dalam satu lokasi biasanya akan ada banyak tipe apartemen yang dijual. Coba bandingkan satu tipe dengan tipe yang lain. Apakah lebih baik membeli apartemen tipe studio atau 1 BR atau 2 BR. Kalau untuk ditinggali, lihat kebutuhan kamu. Sedang kalau untuk kamu sewakan, lihat kebutuhan pasar. Kira-kira mana yang lebih laku.

2. Pilih Developer Terpercaya Sebelum Membeli Apartemen

Tips berikutnya dalam memilih apartemen yakni mencari pengembang yang punya reputasi baik, profesional dan bertanggung jawab. Cermatlah dalam memilih developer. Hal ini sangat penting, karena untuk membangun sebuah apartemen dibutuhkan sebuah prosedur dan perizinan yang sangat kompleks.

Ya, salah satunya mengetahui kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). Pastikan kamu sudah menggali informasi selengkapnya mengenai pengembang kompleks apartemen yang akan kamu beli. Lihatlah rekam jejak mereka selama ini di dunia properti.

3. Cari Tahu Info Apartemen di Beragam Platform Digital

Saat ini, banyak pengembang properti yang sudah mengikuti perkembangan zaman. Cara promosi di media sosial pun sudah dilakukan oleh banyak developer property. Bisa melalui situs resmi milik pengembang tersebut sendiri, ataupun lewat media sosial lainnya. Promosi dengan cara ini terbukti juga efektif bagi para pengembang.

Karena itu, tips beli apartemen murah adalah rajin-rajinlah mengecek media sosial. Browsing dulu situs-situs yang kamu perlukan, atau di media sosial mana para pengembang melakukan promosi. Lihat juga platform di mana pengembang pasang iklan. Biasanya ada promo dari pihak platform.

Biasanya, pihak pengembang hunian akan melakukan promosi pada saat-saat tertentu. Nah, saat inilah yang jangan sampai kamu lewatkan. Terus pantau beberapa media sosial untuk properti yang kamu incar. Siapa tau kamu beruntung, dapat promosi yang tak diduga-duga.

4. Gunakan Kolektivitas

Selain memperhatikan waktu pembelian apartemen dan memanfaatkan informasi, kamu juga bisa mendapat apartemen murah dengan metode kolektif. Yap, sekarang ini beberapa developer membuka peluang bagi para calon pemilik untuk bisa membeli apartemen lewat metode kolektif. Lewat metode ini, kamu bisa membeli unit apartemen secara beramai-ramai.

Secara beramai-ramai di sini berarti kamu membeli unit apartemen bersama-sama dengan banyak orang atau atas nama satu kelompok besar. Apakah dengan metode ini kamu bisa mendapatkan apartemen murah di Jakarta? Tentu saja. Saat kamu membeli apartemen secara kolektif atau bersama-sama dalam satu kelompok, maka bargaining power (posisi tawar barang) akan meningkat.

Nilai bargaining power bisa meningkat karena dari sisi penjual (pemilik apartemen) bisa membuktikan bahwa bangunan tersebut memang layak huni atau punya nilai sebagai sebuah instrumen investasi. Dengan keuntungan yang didapat ini maka penjual pun akan memberikan harga yang lebih miring bagi pembeli unit. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika kamu akan mendapat pilihan yang lebih baik jika membeli secara kolektif.

5. Jangan Lewatkan Membeli Apartemen Saat Pre-Launch

Sebelum apartemen resmi di-launching, biasanya pihak developer sudah mulai melakukan penjualan. Nah, saat pre-launch ini, sebaiknya tidak kamu lewatkan. Kenapa? Karena biasanya di saat inilah, unit apartemen akan dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga setelah launching.

Beberapa developer terkadang masih memberi tambahan potongan harga saat pre-launch. Banyak developer yang menggunakan metode promosi ini. Tujuannya agar lebih banyak orang yang tertarik untuk membeli unit apartemen mereka. Dengan begitu, saat apartemen sudah resmi launching, pembeli sudah cukup banyak.

Jika pembeli sudah cukup banyak, maka ini bisa menarik calon pembeli lainnya untuk memiliki unit di apartemen tersebut. Nah, pada saat inilah harga kemudian dinaikkan. Karena sudah terbukti apartemen tersebut bisa dijadikan investasi dan juga layak huni. Karena itu, harga miring saat pre-launch bisa sangat menguntungkan.

Itulah beberapa tips dalam memilih apartemen yang sesuai kebutuhan, termasuk budgetingmu. Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...