Home Lifestyle Kurangi Limbah Sampah Dengan Bikin Kompos, Begini Caranya!

Kurangi Limbah Sampah Dengan Bikin Kompos, Begini Caranya!

|

|

|

Semakin tercemarnya lingkungan tentu akan membuat siapapun merasa tidak nyaman. Jika Anda ingin mencoba melangkah dan melakukan suatu inisiatif untuk mengurangi sampah, caranya adalah dengan membuat kompos. Banyak orang yang telah melakukan ini dan memanfaatkan penggunaan sampah. 

Tentunya, sampah yang terkesan tidak penting menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat untuk Anda gunakan. Bahkan, dengan membuat kompos Anda juga bisa mendapatkan sumber penghasilan ketika menjualnya. Saat ini banyak petani dan usaha agraris yang memilih untuk menggunakan kompos.

Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Kompos

  1. Memilih dan memilah sampah yang sesuai

Terkadang banyak orang yang berpikir bahwa apa yang sudah digunakan tidak dapat di daur ulang Kembali. Ternyata hal itu salah, untuk membuat pupuk kompos itu sendiri bisa menggunakan apa yang ada pada sampah rumah tangga. Ketika Anda memilihnya ada beberapa kriteria yang perlu diketahui.

Jenis sampah yang biasa digunakan seperti sisa makanan dari rumah tangga khususnya sayuran dan buah. Selain itu, untuk membuat kompos juga bisa menggunakan dedaunan atau kertas dan juga tisu bekas. Penggunaan bahan ini sering kali dianggap tidak penting namun juga bermanfaat. 

2. Siapkan wadah yang tepat

Ketika Anda membuat kompos, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah penggunaan wadah. Banyak orang yang salah untuk mempersiapkan hal ini, Anda akan membutuhkan beberapa wadah dan usahakan untuk menggunakan wadah yang memiliki tutup. 

3. Perhatikan kriteria kompos yang baik

Tidak banyak orang yang tahu ternyata kompos juga memiliki beberapa kriteria tersendiri. Hal ini akan menentukan kualitas kompos yang terbaik atau tidak untuk Anda jual atau gunakan. Salah satunya adalah kompos yang baik memiliki warna yang coklat dan mirip seperti warna tanah. 

Selain itu, kompos yang baik juga tidak akan larut di dalam air, memiliki efek baik di tanah, tidak berbau yang sangat menyengat, dan suhunya sama dengan lingkungan. Untuk Anda yang sudah membuat kompos bisa memperhatikan Kembali kriteria ini untuk melihat jika pembuatannya berhasil. 

4. Perhatikan Langkah pembuatan yang tepat

Langkah pembuatan kompos di antara lain adalah siapkan wadah dan campurkan tanah dengan sampah yang sudah dicacah, larutan gula, pupuk kandang, dan EM4. Tutup dengan tanah kemudian basahi dengan air, kemudian diamkan selama kurang lebih 3 bulan untuk bisa langsung digunakan. 

5. Penggunaan kompos yang tepat

Meskipun kompos bisa digunakan untuk berbagai media dan cara bercocok tanam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Anda harus mengetahui akan digunakan sebagai media tanam apa kompos yang telah berhasil dibuat ini. Jika sudah mengetahuinya, Anda akan dengan mudah mengaplikasikannya. 

Meskipun saat ini sudah banyak orang yang mencoba untuk membuat pupuk kompos, Anda masih bisa memiliki peluang yang baik. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah menggunakannya untuk keperluan pribadi. Misalnya, untuk melakukan cocok tanam ataupun budidaya tanaman. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...