Kuok Hock Nien Dari Office Boy Jadi Miliarder

0
65
Kuok Hock Nien. Sumber Foto: Forbes

Mengulik Kisah Perjuangan Kuok Hock Nien – Setiap orang pasti punya perjalanannya masing-masing. Bahkan mereka yang saat ini telah mencapai puncak kesuksesan juga sebelumnya pasti harus melewati perjalanan panjang penuh rintangan.

Termasuk Kuok Hock Nien yang harus meniti perjalanan terjal untuk bisa menjadi miliarder seperti sekarang. Inilah dia fakta perjalanan karier pengusaha berusia 98 tahun tersebut:

Lahir dari Keluarga Imigran

Kuok merupakan pria keturunan Tionghoa yang lahir di Johor Bahru, Malaysia. Ia dilahirkan pada tanggal 6 Oktober 1923. Keluarga Kuok merupakan pedagang komoditas yang melakukan imigrasi ke Malaysia di awal abad 20.

Sebagai keluarga imigran dan bergerak di dunia bisnis sejak lama, tentunya Kuok dibentuk menjadi pribadi yang pekerja keras. Itulah yang menjadi bekal bagi Kuok hingga menjadi pengusaha sukses saat ini. 

Pendidikan Kuok Hock Nien

Sebagai pengusaha sukses seperti sekarang, tentu Kuok mendapatkan bekal pendidikan yang sangat memadai di masa mudanya. Tidak hanya terampil, Kuok juga merupakan sosok yang cerdas.

Ia menyelesaikan pendidikan di Raffles Institution, Singapura. Perjalanannya di dunia bisnis dimulai sejak ia lulus dari sekolah dan menjadi pedagang bahan pangan. Ia menjual tepung terigu, gula, juga beras.

Baca Juga: Inspiratif, 5 Perempuan Ini Berhasil Raih Merdeka Finansial di Usia Muda

Perjalanan Karier

Tentunya Kuok Hock Nien tidak langsung mendapatkan kesuksesannya secara instan. Kuok sempat bekerja di bidang perdagangan beras di bawah kekuasaan Jepang, Mitsubishi Shoji Kaisha pada tahun 1942-1945.

Pada tahun 1949, Kuok mulai mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama Kuok Brothers Sdn Bhd. Berkembang di tahun 1957 tepat ketika Malaysia sudah merdeka, Kuok mulai mengembangkan bisnisnya hingga ke negara asing.

Usaha Kuok terus berkembang setelah ia melakukan impor gula merah dari India ke Malaysia. Tak butuh waktu lama bagi Kuok untuk menguasai 80% pasar gula di Malaysia.

Fakta Kuok Hock Nien sebagai pengusaha gula ini sudah diakui oleh banyak negara. Bahkan Kuok sempat dijuluki sebagai Raja Gula Asia berkat kesuksesannya tersebut.

Merambah Bisnis Properti

Sumber Foto: Shangri La

Bisnis Kuok Hock Nien ternyata tak cukup di bidang pergulaan. namun menjangkau lebih luas ke properti. Pada tahun 1971 Kuok mulai melakukan ekspansi bisnis ke bidang properti.

Ia tercatat mendirikan hotel pertamanya yakni Shangri-La Hotel yang berlokasi di Singapura.

Kemudian 6 tahun setelahnya, ia mendirikan hotel kedua yang diberi nama Tsim Sha Tsui East. Hingga saat ini tercatat ada begitu banyak hotel yang telah didirikan oleh Kuok.

Kekayaan Kuok Hock Nien

Dari semua usaha yang telah dibangun sejak lama, tercatat kekayaan Kuok Hock Nien saat ini begitu banyak. Ia kini tercatat sebagai pengusaha dengan capaian kekayaan senilai Rp173,7 triliun.

Melihat kekayaannya sekarang ini, siapa sangka kalau dulu Kuok sempat hidup terbatas dan bekerja sebagai office boy untuk mendapatkan penghasilan.

Kini Kuok telah memiliki gurita bisnis di berbagai bidang dan merambah ke berbagai negara. Tidak hanya di Malaysia, Kuok juga memperluas cakupan bisnisnya ke Australia, Singapura, Thailand, Filipina, China, dan Indonesia. Karena harta kekayaan yang diraih oleh Kuok ini, tercatat bahwa dirinya merupakan orang terkaya tertua yang ada di Malaysia. 

Perjalanan Kuok Hock Nien ini sungguh sangat inspiratif, bukan? Tentunya kerja keras Kuok harus dijadikan sebagai contoh bagi kita semua.

Kamu pun bisa sukses besar seperti sosok Kuok dengan kerja keras dan kesadaran penuh dalam mengelola finansial. Langsung saja investasikan danamu sekarang demi kemapanan finansial di masa depan bersama Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here