//

3 Kunci Sukses Berinvestasi untuk Para Karyawan

kunci sukses investasi

Investasi Ringan, Mudah dan Menguntungkan Bagi Karyawan

Mengatur pengeluaran harus dilakukan oleh siapapun, termasuk karyawan. Bukan berarti dengan gaji yang pasti setiap bulannya Anda bisa lengah terhadap masa depan. Masa depan penuh dengan ketidakpastian karena itu perlu disiapkan dengan berinvestasi.

Investasi berbeda halnya dengan tabungan konvensional. Anda sebaiknya memiliki keduanya karena peran investasi dan tabungan itu berbeda. Tabungan hanya untuk keperluan jangka pendek dan mendesak, seperti memenuhi keperluan hari raya, kebutuhan pengobatan, atau sebagainya.

Bunga tabungan yang rendah tidak bisa menjawab kebutuhan jangka panjang, seperti pendidikan anak atau menyiapkan dana pensiun. Hal ini hanya bisa dijawab dengan berinvestasi. Anda pun harus mengenali ciri instrumen investasi yang baik, terutama yield harus melebihi nilai inflasi dan tingkat risiko dari investasi tersebut.

  1. Rancang Prioritas Keuangan Anda

Prioritas keuangan masing-masing orang sangat berbeda tergantung dari pekerjaan atau kebiasaan sehari-hari. Anda perlu kecermatan dalam mengamati apa yang benar-benar Anda butuhkan atau sekedar Anda inginkan. Kita sering bingung membedakannya, (sebagai informasi) kebutuhan memilik sifat: penting dan mendesak. Sementara keinginan sebaliknya. Baiknya Anda memiliki persentase budget untuk mengerem diri, contohnya sebagai berikut:

Amartha

Jika sudah memiliki cash flow bulanan, pastikan Anda memantaunya. Anda bisa menggunakan aplikasi gratis yang bisa diinstal di smartphone untuk tetap disiplin dengan budget Anda.

  1. Hidup Hemat

Hidup hemat bisa dilakukan jika Anda disiplin menjalankan cash flow yang telah dirancang. Selain itu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah hanya membeli apa yang Anda butuhkan. Hemat bukan berarti pelit, melainkan tepat guna. Hasilnya, Anda bisa mengalokasikan untuk investasi demi masa depan cerah.

Sekarang ini tidak sedikit anak muda mulai menerapkan hidup minimalis ala estetika Buddhisme Zen. Mereka secara dramatis mengurangi barang-barang yang dimiliki. Dalam Konmari Method oleh Marie Kondo, metode declutter justru membawa banyak sisi positif seperti menurunkan tingkat stress. Anda bisa belajar menerapkan hal tersebut di kehidupan Anda.

  1. Mulailah berinvestasi

Investasi penting untuk menggapai impian jangka panjang, seperti membeli rumah idaman, traveling keliling dunia, menyiapkan dana pensiun, atau bahkan memberangkatkan haji orang tua. Anda bisa menyiapkannya dengan berinvestasi karena yield-nya di atas nilai inflasi 3 – 5% per tahunnya.

Untuk memulai investasi cukup pelajari 3 hal berikut:

a. Investasi sesuai kemampuan dan karakter diri Anda

Investasi sama halnya dengan kebutuhan bulanan lainnya, harus disesuaikan dengan kemampuan. Jika memang baru sekali berinvestasi Anda bisa mulai dari nominal yang ringan, seperti deposito, logam mulai, atau alternatif investasi lainnya seperti Amartha peer-to-peer (P2P) lending. Amartha cocok sekali dengan anak muda yang ingin kemudahan dan keuntungan lebih. Anda bisa memulai pendanaan di Amartha mulai dari 3 Juta Rupiah

b. Pilih tempat investasi yang aman dan menguntungkan

Investasi tidak cukup dengan menguntungkan, tetapi juga aman. Anda justru harus curiga dengan investasi yang memberikan bunga hingga 50% atau bahkan mencapai 100%. Apakah aman? Bagaimana dana diputar? Yang harus Anda cari tahu adalah bagaimana lembaga tersebut memutar dana investasi Anda.

Di Amartha, pendanaan Anda disalurkan kepada para wirausaha mikro produktif yang mampu membuktikan NPL mendekati 0%. Sejak berdiri pada tahun 2010, Amartha telah menyalurkan pembiayaan lebih dari 600 Miliar pada lebih dari 150.000 mitra usaha mikro produktif. Pendekatan group lending juga akan membuat pendanaan Anda aman, karena saat salah satu mitra gagal mengembalikan angsuran mingguan mitra lainnya akan bergotong royong agar angsuran tetap masuk kepada pemberi dana. Ditambah lagi, Amartha juga telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, tentunya Anda akan semakin nyaman berinvestasi di Amartha. Nah menariknya lagi, pendanaan di Amartha juga menawarkan imbal hasil yang tinggi, yakni up to 15% dalam satu tahun, dari nilai investasi Anda yang bisa dimulai dari 3 Juta Rupiah. Nilai yang lebih tinggi dari investasi emas, deposito, dan reksadana.


Apakah Anda menyukai artikel ini? Subscribe untuk mendapatkan tips investasi ala karyawan lainnya.
Please follow and like us:
1 Comment
  • wahyu ginanjar

    mohon informasi program amartha lebih detil nya ya, saya juga ingin mempelajari cara investasi dan mekanisme investasi serta proses bisnis di amartha.

    salam,

    Reply
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/kunci-sukses-berinvestasi-untuk-para-karyawan">
LINKEDIN
%d bloggers like this: