Kunci Sukses Berbisnis Bagi Orang Medan. Patut Ditiru!

0
471
ilustrasi masyarakat medan
ilustrasi masyarakat medan

Banyak orang Medan yang sukses saat membuka bisnis dan usaha. Contoh paling nyata, orang Medan atau Batak paling berhasil saat ini, Chairul Tanjung, dari anak singkong jadi anak kerajaan yang bisnisnya ada dimana-mana. Bukan hanya di Sumatera Utara, namun juga di seluruh Indonesia.

Bahkan hal itu dibuktikan dari sebuah rilis majalah Forbes di awal tahun 2018 mengenai orang-orang terkaya di Indonesia, diantara 50 orang terkaya di Indonesia, dua diantaranya adalah pengusaha berdarah Medan, yakni Chairul Tanjung yang masuk dalam urutan ke 7 serta Martua Sitorus yang masuk dalam urutan 24 orang terkaya di Indonesia.

Rahasia Sukses Berbisnis Orang Medan

Orang Medan juga dikenal sebagai pengusaha yang gigih dan tak pantang menyerah dengan membangun usaha dari nol hingga berhasil. Penasaran rahasia sukses apa yang dilakukan oleh orang Medan? Yuk, bongkar bareng-bareng di artikel ini. 

Berwatak Keras dan Tegas

Orang Medan atau batak memang terkenal dengan watak dan gaya bicara yang ‘keras’. Namun, bukan itu yang membuat bisnis mereka berhasil. Orang Medan juga memiliki sikap keras dan tegas dalam mempertahankan prinsip, sehingga mendorong orang-orang Medan sukses dalam berbisnis.

Penerapan prinsip etika bisnis mencakup segala aspek secara umum, namun harus tepat sasaran karena berguna sebagai pondasi dalam membangun hubungan yang adil, sehat dan baik di antara sesama rekan kerja, pemegang saham, pelanggan, dan juga masyarakat.

Bila orang Medan sudah percaya terhadap sesuatu, maka mereka akan sulit tergoda untuk mundur. Sebut saja pengacara sukses yang terkenal dengan sifatnya yang tegas seperti Ruhut Sitompul dan Hotman Paris Hutapea. Oleh sebab itu, bisa dikatakan sikap yang tegas sangat diperlukan agar sebuah prinsip dapat berjalan dengan baik dalam berbisnis.

Daya Juang Tinggi, Pengambil Resiko dan Cepat

“Apapun dikerjakan asal Halal” adalah salah satu prinsip bekerja bagi orang Medan. Biasa dikenal juga dengan filosofi Unang Haloson yang berartikan ‘jangan malas!’. Sehingga mereka jauh dari kata bermalas-malasan dan tak pernah malu untuk menjalani pekerjaan apa saja, asalkan halal. Selain itu, dalam berbisnis, orang Medan cukup dikenal lugas dan cepat, terutama dalam pengambilan keputusan penting. Sifat ini akan berpengaruh pada keputusan agar tak mudah mengikuti arus bisnis yang tidak jelas. 

Orang Medan punya daya juang tinggi yang selalu menginginkan bisnis unik, original dan selalu berkembang. Hal positif lainnya, mereka selalu cepat dalam mengambil setiap peluang yang ada dan berani mengambil risiko. Pengambilan risiko dalam berbisnis memang diperlukan untuk mengetahui seberapa berkembang suatu bisnis yang dijalankan

Sikap lugas, pengambil risiko dan pemberani inilah yang menjadi andalan dalam berbisnis. Hal ini yang patut ditiru untuk calon pengusaha dan pebisnis UMKM Medan yang diikuti oleh kemampuan dan tekad kuat agar membawa bisnis dan usaha kita menjadi lebih besar.

Penyanyi Judika merupakan salah satu tokoh berdarah Batak yang sukses berkat filosofi Unang Haloson ini. Sebelum populer seperti sekarang, ia merantau dari jauh Medan ke Jakarta dan bekerja sebagai tukang tambal ban hingga akhirnya menemukan keahliannya dalam bernyanyi dan sukses seperti saat ini.

Baca Juga: Ide Peluang Bisnis di Medan yang Menguntungkan

Mengutamakan Pendidikan dan Pintar Mengelola Keuangan Bisnis

Dalam masyarakat Medan, disebut juga dengan filosofi Unang Haotoon. Jika diartikan secara luas, unang haoton mengajarkan keturunannya untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin. Orang Medan percaya jika semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin besar pula peluang untuk memiliki masa depan cerah. Filosofi ini juga sangat penting diterapkan dalam berbisnis. Meski kadang para entrepreneur tak menempuh pendidikan tinggi, tak ada alasan untuk tak belajar. Ilmu itu bisa didapatkan dari mana saja. Menjadi berilmu juga penting agar tak mudah dibohongi dan tak dipandang rendah dalam berbisnis.

Sukses dengan Kepribadian Tangguh

Suku batak yang berasal dari Kota Medan merupakan suku yang dikenal tangguh, dan tidak mau hanya berdiam diri di rumah dengan menganggur. Bahkan orang Medan tak segan untuk segera merantau pergi dari kampung meski dengan keadaan sederhana, dan pantang pantang pulang sebelum sukses.

Tak terkecuali oleh para wanita asal Kota Medan, mereka juga dikenal dengan perempuan tangguh dan pejuang yang tinggi. Para perempuan ini tak puas jika hanya diam di rumah, dan tak segan melakukan berbagai pekerjaan untuk menghidupi keluarga. Sehingga pada akhirnya mereka bisa berhasil dalam bisnis yang mereka jalankan.

Tak Lupa dengan Kampung Halaman

Ketika orang Medan merantau, dan berhasil sukses. Orang Medan tak akan pernah lupa akan kampung halamannya. Meskipun mereka sudah berada di rantau bertahun-tahun, mereka akan ingat untuk pulang ke kampung halaman mengunjungi sanak saudara meski hanya sebentar.

Hal ini terbukti dari banyaknya suku batak yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dan mereka akan kembali ke kampung ketika mereka sudah sukses dalam berbisnis. Ini merupakan salah satu rahasia sukses berbisnis orang Medan yang jarang diketahui oleh orang banyak.

Dari artikel ini, kita bisa mendapat gambaran rahasia sukses dari orang Medan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di microfinance marketplace Amartha, kamu juga bisa membantu CEO UMKM Medan untuk mengembangkan usahanya dengan cara melakukan pendanaan di aplikasi Amartha, lho! Selain membantu perempuan tangguh di kota Medan dan di area Indonesia lainnya, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil sampai dengan 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here