Home Lifestyle ⛾ Krisis Identitas. Apakah ini Trend Baru?

Krisis Identitas. Apakah ini Trend Baru?

Di era digital, interaksi manusia pun telah berubah ke format layar kaca. Percakapan, persahabatan sampai dengan hubungan asmara  semua terjadi di platform social media. Dengan perubahan perilaku tersebut, menciptakan permasalahan yang marak di generasi millenials. Sekarang ini, individu harus tampil maksimal sampai berpura-pura menjadi “orang lain”. Bahkan, banyak yang rela terjerat hutang demi mengenakan merk-merk mahal, makan di restoran/café yang hits dan liburan ke tempat-tempat eksotik hanya untuk beberapa likes di  social media.

Hal ini mendorong sifat hyper-konsumerisme dan juga krisis identitas. Dengan terjadinya hal ini, kita harus menjadi pengguna yang baik. Selain memiliki jati diri yang kuat, kita harus bisa memitigasi hal-hal ini untuk tidak terjadi.

Stay True to yourself

Kamu harus bisa memiliki jati diri yang kuat dan otentik, supaya tidak terpengaruh dengan social media yang toxic. Kamu ngga perlu menjadi orang lain untuk disukai di social media. Just be yourself! You are enough.

Be A Smart User

Melihat post blogger-blogger fashion yang di-endorse dan tag brand-brand kece from head-to-toe kadang menggiurkan. Coba tahan dulu gaji kamu! Jangan langsung beli apa yang di-endorse oleh bloggers ini. Lihat dulu lemari kamu, banyak kan baju yang kamu belum pakai? Coba mix and match untuk create your own style. Dengan begitu, kamu lebih otentik dan original. Lagipula, bukankah kamu bisa menggunakan uang kamu untuk keperluan yang lebih penting?

Be Grateful

Followers berjumlah puluhan ribu, cantik/ganteng, gaul, keren dan kesannya “tajir” membuatmu berfikir, “kapan ya gue bisa begitu?”.  Padahal, semua itu hanyalah di social media loh. But look around you. Kamu dikelilingi banyak orang yang begitu peduli dan menyukai kamu apa adanya.

Jadi, jangan terpengaruh dengan apa yang kamu lihat di social media. Selalu menjadi dirimu sendiri dan bersyukur dengan apa yang kamu punya. Remember, you are enough.

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...