Konten YouTube Bisa Buat Jaminan Utang Bank, Ini Syaratnya!

0
50
Women holding a YouTube icon

Pemerintah saat ini sangat mendukung masyarakat untuk menjadi pekerja kreatif dengan menjadikan konten YouTube sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank. Informasi ini baru saja diumumkan oleh Dirjen Kekayaaan Intelektual. Hal tersebut tentu menjadi angin segar bagi para Youtuber.

Namun walaupun begitu, terdapat berbagai syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadikan akun YouTube sebagai jaminan kredit. Berikut ini 5 syarat content YouTube agar mendapat kesempatan untuk menjadi jaminan hutang bank, yaitu:

1.Memiliki Sertifikat Kekayaan Intelektual

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh seorang content creator agak akun YouTube dapat menjadi jaminan pinjaman bank, adalah memiliki sertifikat kekayaan intelektual. Hal tersebut berarti bahwa konten akun YouTube yang dapat menjamin jaminan adalah konten yang tidak sembarangan.

Syarat ini cukup adil, karena berarti konten yang dapat didaftarkan ke Dirjen Kekayaan Intelektual benar-benar konten yang asli dan tentu bermanfaat bagi masyarakat. Melihat bahwa hak cipta dan kekayaan intelektual merupakan hal yang vital dalam menciptakan suatu konten.

2. Memiliki Proposal Pembiayaan Usaha Ekonomi Kreatif

Content creator yang ingin mendaftarkan kontennya untuk menjadi syarat pengajuan kredit bank, harus memenuhi syarat yang kedua, yaitu memiliki proposal pembiayaan usaha ekonomi kreatif. Formulir yang dapat diisi dapat diakses pada situs resmi Dirjen KI (kekayaan intelektual).

Aspek kedua ini juga sama pentingnya dengan syarat pertama, yang mana tujuannya adalah agar dapat memiliki sertifikat resmi akan kepemilikan badan usaha intelektual. Jika kamu ingin mencoba daftar proposal usaha ekonomi kreatif, tentukan terlebih dahulu konten atau bisnis yang akan dibangun.

3. Wajib Mengantongi Hak Cipta

Masyarakat biasa yang menciptakan konten YouTube agar dapat menjadi jaminan wajib memutar otak untuk menghasilkan konten yang unik dan memiliki KI (kekayaan intelektual). Hal tersebut agar memiliki hak cipta yang nanti dapat menjadi jaminan pengajuan pinjaman pada bank. Hak cipta tersebut dapat berupa lagu yang viral dan hasil karya kreatif lainnya.

Di dalam menyeleksi calon nasabah yang meminjam uang, bank juga perlu melakukan verifikasi yang mana prosesnya tidak sebentar. Terdapat berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi agar proses verifikasi dapat berjalan lancar. 

Baca Juga: Intip Sumber Gaji Para Youtuber

4. Tidak Meniru Konten Orang Lain

Konten YouTube jaminan bank dilarang dalam bentuk meniru konten orang lain. Hal ini sudah menjadi syarat wajib dari pemerintah maupun bank. Karena konten yang meniru orang lain bukan merupakan konten yang akan mendapatkan sertifikat KI dari Dirjen KI.

Memang, saat ini sulit membedakan konten mana yang benar-benar merupakan kekayaan intelektual dan konten hasil meniru orang lain. Kebanyakan konten yang ada di YouTube adalah konten-konten hasil modifikasi tiruan dari konten orang lain. Hal ini yang perlu dikembangkan kembali oleh seorang content creator.

5. Mendaftar pada Dirjen Kekayaan Intelektual

Syarat terakhir yang wajib dipenuhi jika kamu ingin akun YouTube beserta kontennya menjadi jaminan pinjaman bank adalah mendaftar pada Dirjen KI. Sebelum mendapatkan sertifikat dan mengajukan proposal KI, kamu harus mendaftar pada situs resmi milik pemerintah tersebut.

Untuk mendaftar pada situs Dirjen KI, perlu melengkapi data diri dan surat kuasa dari pengacara agar dapat langsung diverifikasi oleh petugas Dirjen KI. Prosesnya memang agak panjang dan kompleks.Itulah 5 syarat konten YouTube dapat menjadi jaminan untuk meminjam uang di bank. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para pekerja seni atau content creator.

Bagi kamu yang sudah bisa menikmati hasil dari content kamu, jangan lupa menyisihkan dana untuk berinvestasi di microfinance marketplace terbaik seperti Amartha, imbal hasil yang bisa kamu terima 15% flat per tahun. Selain keuntungan, kamu juga bisa membantu memberikan dampak positif para UMKM lainnya terutama untuk bisnis yang berada di pedesaan.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here