Kominfo: Apa Itu Kominfo, Peran dan Fungsinya

0
51

Beberapa waktu belakangan ini, Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika mungkin menjadi salah satu lembaga negara yang sering kamu dengar. Sesuai dengan Undang Undang Nomor 39 Tahun 2008 mengenai Kementerian Negara, Kementrian ini adalah perangkat pemerintah RI. 

Perangkat pemerintah ini memiliki bidang urusan di ruang lingkup sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yakni informasi serta komunikasi. Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam bidang komunikasi serta informatika. 

Tentu saja tugas kominfo adalah membantu presiden agar dapat menyelenggarakan pemerintahan negara. Saat ini, kementrian ini dipimpin oleh Menteri Komunikasi dan Informatika dari tahun 2019 yaitu Johnny Gerard Plate. 

Awal Mula Kominfo

Awalnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki nama Departemen Penerangan. Nama ini diberikan pada tahun 1945 hingga 1999. Kemudian nama tersebut berubah menjadi Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi tahun 2001 hingga 2005. 

Tahun 2005, nama tersebut kembali berubah menjadi Departemen Komunikasi dan Informatika, hingga tahun 2009. Sesudah proklamasi kemerdekaan, dibentuklah Lembaga Penerangan, secara fungsional menjalankan berbagai kebijakan pola serta pedoman dengan tujuan untuk membela serta mempertahankan kemerdekaan. 

Lembaga ini juga dibentuk agar dapat mengajak masyarakat sehingga ikut serta mempertahankan serta mengisi kemerdekaan. Terakhir, memperkenalkan Republik Indonesia ke luar negeri. 

Kemudian, mulai tahun 1966, salah satu tugas pokok yang dimiliki organisasi penerangan adalah mengarahkan pendapat umum sehingga terbentuk dukungan, partisipasi sosial dan kontrol positif pada pelaksanaan kebijaksanaan pemerintah. 

Pada masa tersebut, pengorganisasian ke dalam, dilakukan agar departemen ini berfungsi sebagai juru bicara pemerintah. Di tanggal 15 September tahun 1967, wewenang penerangan luar negeri dialihkan kembali pada Departemen Penerangan, setelah sebelumnya dipegang Departemen Luar Negeri. 

Tahun 1971, agar dapat meningkatkan efisiensi serta efektivitas sarana media massa, mulai dikembangkan sistem komunikasi terintegrasi dengan koordinasi, sinergi antar unsur penerangan pemerintah serta integrase. Kemudian, dibentuk Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah serta Badan Koordinasi Penerangan. 

Akhirnya, dengan perkembangan digital dan adanya dinamika teknologi informasi yang semakin maju, Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki fokus melakukan percepatan pemerataan infrastruktur digital berbentuk akses telekomunikasi serta jaringan internet. 

Peran Kominfo

Kementrian ini tentu saja memiliki perannya sendiri. Untuk tugasnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan pada bidang komunikasi serta informatika. 

Kominfo bertugas membantu Presiden agar dapat menyelenggarakan pemerintahan negara pada bidang tersebut. 

Baca Juga: Belum Terdaftar PSE, Aplikasi Ini Terancam Diblokir Kominfo

Fungsi Kominfo

Setelah mengetahui tugas dari kementrian ini, berikut berbagai fungsinya, antara lain:

  1. Perumusan serta penetapan kebijakan pada bidang pengelolaan sumber daya serta perangkat pos informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, serta pengelolaan informasi serta komunikasi publik. 
  2. Pelaksanaan kebijakan pada bidang pengelolaan sumber daya serta perangkat pos informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, serta pengelolaan informasi serta komunikasi publik.
  3. Pelaksanaan bimbingan teknis serta supervisi pengelolaan sumber daya serta perangkat pos informatika, penatakelolaan aplikasi informatika, penyelenggaraan pos dan informatika, serta pengelolaan informasi serta komunikasi publik.
  4. Pelaksanaan serta penelitian pengembangan SDM di bidang komunikasi serta informatika.
  5. Pelaksanaan dukungan yang memiliki sifat substantive di semua unsur organisasi lingkungan kementerian komunikasi informatika.
  6. Pembinaan serta pemerian dukungan administrasi di lingkungan kementerian.
  7. Pengelolaan barang atau kekayaan negara yang menjadi tanggungjawab Kementerian Komunikasi dan Informatika.
  8. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Setelah mengenal berbagai hal mengenai Kominfo, hal lain yang harus kamu kenal adalah microfinance marketplace Amartha yang akan membantumu para pebisnis mikro. Melalui Amartha, kamu dapat membantu UMKM di pelosok desa sekaligus mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. 

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here