Kokohkan Kesehatan Fisik untuk Memperkuat Stamina Tubuh

0
7

Menjadi sehat tentu adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Kesehatan memang menjadi hal yang penting bagi manusia, karena dengan sehat maka Anda bisa melakukan segala aktivitas dan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Dalam menjaga kesehatan fisik, Anda harus berupaya untuk menguatkan stamina dalam tubuh atau menjaga supaya daya tahan tubuh tidak menurun.

Segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan tentu membutuhkan energi. Jika stamina tubuh berkurang maka Anda akan merasa lelah, lesu, nafsu makan menurun dan banyak lagi. Oleh sebab itu kesehatan harus selalu dijaga dengan menjaga agar stamina tubuh tidak menurun. Jiwa yang mudah stres juga bisa disebabkan oleh stamina yang kurang baik.

Menjaga Kesehatan Adalah Salah Satu Bentuk Investasi Masa Depan

Berikut ini beberapa cara dalam meningkatkan stamina tubuh supaya tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit :

Melakukan Olahraga dengan Rutin

Berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih bugar, apalagi jika kegiatan olahraga tersebut dilakukan secara rutin dan teratur. Maka tubuh akan terbiasa dengan kegiatan tersebut dan stamina juga akan selalu terjaga. Olahraga teratur juga bisa membuat energi meningkat, kualitas tidur menjadi lebih baik dan otak akan berfungsi dengan baik.

Untuk meningkatkan stamina tubuh dengan cara olahraga, bisa dengan cara-cara seperti di bawah ini :

  • Lakukan olahraga Kardio seperti joging, lompat tali hingga bersepeda sekitar 30 menit saja per hari.
  • Melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi sekitar 2-3 kali dalam seminggu.
  • Melakukan olahraga angkat beban 1-5 kali per hari.

Sehat Jiwa dan Raga Dengan 3 Aplikasi Kesehatan Ini Yuk!

Tambahkan Intensitas Olahraga dan Kurangi Istirahat

Batasi jeda istirahat saat berolahraga selama sekitar 30-90 detik, untuk membangun ketahanan otot dan stamina Anda. Tingkatkan juga intensitas pemanasan saat berolahraga supaya tubuh terbiasa menggunakan energi setiap kali beraktivitas.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih seperti misalnya berenang, berlari, bersepeda, atau push up. Dorong tubuh untuk selalu berolahraga secara maksimal, dan lakukan dengan rutin sekitar 3-5 kali dalam seminggu.

Melakukan Yoga dan Meditasi

Fungsi yoga dan meditasi ini tidak hanya membuat pikiran jiwa tenang dan rileks, tetapi olahraga ini juga bisa meningkatkan energi Anda. Lakukan dengan rutin aktivitas tersebut agar ketahanan tubuh Anda selalu meningkat dan mengurangi stres atau rasa lelah berkepanjangan.

Gerakan yoga yang baik untuk menambah dan menguatkan stamina tubuh yaitu :

  • Pose perahu.
  • Pose upward facing dog.
  • Pose dewi.

Mengonsumsi Kafein

Meskipun kafein mengandung beberapa zat yang kurang baik untuk tubuh, namun Anda bisa mencoba meningkatkan stamina dan kesehatan fisik dengan konsumsi kafein secukupnya. Fungsi lain dari konsumsi kafein ini diantaranya yaitu meningkatkan fungsi peredaran darah, aktivitas otot, pembakaran lemak, sistem hormon, dan suhu tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here