Home Lifestyle Kisah Sukses Gofar Hilman, Anak Punk yang Sukses Jadi Penyiar Radio dan...

Kisah Sukses Gofar Hilman, Anak Punk yang Sukses Jadi Penyiar Radio dan Pengusaha

|

|

|

Apakah kamu termasuk pendengar setia radio Hard Rock FM? Kalau iya, pasti kamu sudah familiar dengan sosok Gofar Hilman. Pemilik akun Twitter @pergijauh ini merupakan salah satu penyiar yang terbilang cukup senior di Hard Rock FM. Saat ini, Gofar mengisi program pagi di Hard Rock FM bersama Surya Insomnia. 

Selain dikenal sebagai penyiar radio, pemilik nama lengkap Abdul Gofar Hilman ini juga merupakan MC, content creator, aktor, sekaligus pengusaha sukses yang membesarkan brand Lawless. Brand ini sendiri didirikan Gofar bersama beberapa temannya seperti Sammy Bramantyo dan Arian Arifin dari Band Seringai. 

Berawal, dari bisnis Clothing, Lawless sebagai brand dikembangkan oleh Gofar dan kawan-kawan sebagai bengkel dan yang terbaru, yaitu restoran. Dinamakan Lawless Burgerbar, restoran burger milik Gofar ini sukses mencuri perhatian khalayak dan sukses besar karena tema unik yang ditawarkan. Bahkan, saat ini Lawless Burgerbar telah memiliki cabang terbaru yang berlokasi di daerah Menteng, Jakarta Pusat. 

Nama Gofar Hilman mulai dikenal publik saat konten komedi buatannya yang dinamakan Kotbah Timeline menarik perhatian banyak orang di Twitter. Bahkan, saking populernya, kicauan-kicauan Gofar di konten Twitter tersebut juga dibukukan dengan nama yang sama.   

Selain itu, sebagai penyiar radio, Ia juga pernah mengukir prestasi, yaitu memecahkan rekor siaran terlama, dengan siaran selama 34 jam nonstop bersama 20 teman musisi dan seniman sebagai bintang tamunya. 

Siaran terlama dengan nama Radiothlon yang dipandu Gofar Hilman itu mengalahkan rekor Indy Barends dan Farhan. Kedua penyiar kondang tersebut pernah memecahkan rekor siaran terlama pada tahun 2001 silam selama 32 jam. Rekor siaran yang dilakukan oleh Gofar ini dalam rangka menjalani misi membangun seratus sekolah untuk anak-anak korban bencana alam di Tanah Air lewat donasi online. 

Perjalanan Gofar Hilman

Meski telah menjadi sosok yang sukses, Gofar tidak pernah mengakui bahwa ia adalah seorang anak punk di masa lalu. Bahkan, Gofar masih sering mengatakan di berbagai kesempatan bahwa jiwanya masih punk, walau secara penampilan telah berubah. 

Gofar Hilman mengenal musik punk pertama kalinya di tahun 1994. Saat itu, ia masih duduk di bangku kelas lima SD. Sejak itu, Gofar Hilman pun jatuh cinta pada musik punk dan mulai memainkannya di kelas 6 SD. Gofar Hilman bahkan sempat membuat band punk rock bernama Social Distrust bersama teman-temannya dari tahun 1998-2006. 

Lulus dari SMA di tahun 1998, Gofar Hilman tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi karena keterbatasan biaya. Akhirnya Gofar Hilman memutuskan untuk berjualan kaset punk, kaos band punk, ikat pinggang, hingga jaket punk. Tujuannya dalam berjualan tidak lain hanya untuk menyambung hidup.

Gofar Hilman menjalani profesi sebagai pedagang barang-barang punk sampai tahun 2003. Saat ia masih berjualan, tidak jarang ia harus pergi ke berbagai kota. Ia menjual barang dagangannya di banyak konser musik punk, bahkan hingga pergi ke kota Malang ataupun kota Surabaya. Saat berdagang, ia menggelar barang-barang yang ia jual di atas alas terpal.  

Tidak jarang, Gofar harus tidur di jalanan saat masih berjualan barang-barang punk. Untuk menambah pendapatan, Selain berjualan, ia juga menjalani kehidupan sebagai pengamen.  

Meski sempat menjalani kehidupan jalanan yang keras, siapa sangka bahwa Gofar Hilman juga pernah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kesempatan itu Gofar dapatkan di tahun 2008, ia sempat bekerja di sebuah kantor pemerintahan.

Hanya saja, Gofar Hilman hanya menjalani pekerjaan sebagai PNS tersebut cuma selama 1 bulan. Hal ini karena Gofar dan sahabatnya memutuskan membuka sebuah toko yang menjual merchandise seputar motor bernama Pistone. 

Mendirikan Lawless

Di tahun 2011, Gofar memutuskan untuk menggabungkan Pistone, toko miliknya dengan Howling Wolf, toko milik Sammy Bramantyo dan Arian Arifin dari Band Seringai yang menjual merchandise band. Di tahun 2011, Pistone dan Howling Wolf pun dilebur menjadi satu dan menjadi sebuah brand baru bernama Lawless. 

Sejak itu, perkembangan Lawless berkembang sangatlah pesat. Awalnya, Lawless adalah sebuah toko yang menjual merchandise band dan seputar motor. Setelah itu, Lawless pun berekspansi dengan mendirikan bengkel motor custom di daerah Cinere. 

Pada tahun 2017, Lawless pun mendirikan unit usaha baru yaitu restoran bernama Lawless Burgerbar. Mengusung tema Heavy Metal pada interior ruangannya, Lawless Burgerbar pun langsung mendapat atensi banyak orang. Bahkan, saking larisnya, Lawless Burgerbar mendirikan cabang baru di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. 

Selain sukses dengan Lawless, Gofar Hilman juga menjadi content creator yang terkenal di Youtube. Sampai saat ini, channel Youtube-nya telah memiliki 969 ribu subscriber. Di balik kesuksesan yang dialami Gofar Hilman sekarang, ada perjuangan ekstra yang telah ia lalui untuk meraihnya. 

Nah, kamu juga bisa loh berinvestasi sekaligus mendukung kesuksesan usaha mikro dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya juga dapat diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...