Home Finance Kisah Hamzah Sulaeman yang Sukses Bangun Raminten

Kisah Hamzah Sulaeman yang Sukses Bangun Raminten

|

|

|

Buat kamu yang sering berkunjung ke Yogyakarta, mengunjungi House of Raminten tentunya menjadi salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan. The House of Raminten merupakan salah satu tempat makan yang ikonik di Kota Gudeg tersebut. Yang istimewa, tempat ini dibuka hampir 24 jam dan memiliki nuansa Jawa yang amat kental, dari latar tempat hingga jenis hidangannya sehingga dapat menarik banyak pengunjung. 

The House of Raminten merupakan usaha yang dimiliki oleh seorang seniman serta perancang busana bernama Hamzah Sulaeman. Berkat usaha kerasnya, tempat makan ini sekarang menjadi destinasi kuliner ikonik yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut ini kisahnya!

Perjalanan Hidup Hamzah Sulaeman  

Pria yang lahir tanggal 7 Januari 1950 di Yogyakarta ini merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Lahir dari pasangan Hendro Sutikno dan Tini Yuniati, keduanya adalah pendiri Grup Mirota. Sejak umur 6 tahun, Hamzah sudah berkecimpung di dalam dunia tari. 

Setelah lulus SMA, Hamzah mengenyam bangku perkuliahan di UGM jurusan Biologi. Namun, ia tidak berhasil menyelesaikannya dan memilih berhenti. Selanjutnya ia berkuliah kembali di IKIP jurusan Bahasa Inggris tingkat D2 karena ingin bekerja di kapal. Hamzah juga sempat bekerja di Amerika Serikat. 

Di tahun 1974, Hamzah memutuskan kembali ke Indonesia karena ayahnya meninggal dunia. Ia pun akhirnya meneruskan usaha keluarga besar 4 saudaranya. Usaha yang dimiliki keluarganya adalah toko kelontong dan toko roti bernama Mirota. Mirota berasal dari singkatan nama Minuman, Roti dan Tart. Kini, Mirota lebih dikenal sebagai toko oleh-oleh khas Yogyakarta. 

Baca Juga Kisah Perempuan Tangguh Amartha Asal Yogyakarta:
Dari Java Ke Japan, Perjalanan Kripik Sukun Pariyah
Bergabung dengan Amartha, Titiek Partina Sukses Kembangkan Usaha Batik

Merintis The House of Raminten 

Selain dikenal sebagai pebisnis, Hamzah juga merintis sebagai seorang penari. Ia memulai berkarier sebagai pemain ketoprak dan wayang orang. Setelah lama menari, Hamzah pun meminta sutradara untuk bisa memerankan tokoh yang menantang baginya yaitu tokoh seorang perempuan. 

Dari sana, munculah sosok Raminten, dengan karakter seorang perempuan Jawa berbusana tradisional kebaya dan sanggul. Karakter Raminten yang unik membuah Hamzah mulai menggunakan tokoh tersebut dalam berbagai pertunjukannya, sampai pernah ia bawakan dalam acara televisi yang ditayangkan Jogja TV berjudul “Pengkolan.”

Nama dari sosok yang ia perankan ini akhirnya juga Hamzah sematkan saat ia mendirikan restoran di tahun 2008. Tidak butuh waktu lama buat The House of Raminten menjadi destinasi kuliner yang tidak hanya dikunjungi warga lokal, namun juga oleh para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. 

Kesuksesan tempat makan ini pun kian terlihat dengan hadirnya beberapa cabang di berbagai daerah di Yogyakarta. Saat ini, kerajaan bisnis Raminten milik Hamzah ada di 4 tempat yaitu The House of Raminten (Jl. Faridan Kotabaru, Yogyakarta), The Kitchen of Raminten (Jl.Sabirin, Kotabaru, Yogyakarta), The Waroeng of Raminten (Jl. Kaliurang, Yogyakarta), dan Hamzah Batik (Jl. Malioboro, Yogyakarta). 

Selain itu, ia juga mendirikan Raminten Cabaret Show di lantai 3 Hamzah Batik. Hal ini ia lakukan karena kecintaannya terhadap dunia tari. Dalam berbisnis, Hamzah selalu menerapkan motto bahwa “Perusahaan adalah milik karyawan, karyawan adalah bagian dari perusahaan. Sejak merintis usaha, ia sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan.

Bahkan, para karyawannya juga diberi kesempatan memiliki saham. Karena memiliki saham, karyawan berhak mendapatkan dividen. Selain menerapkan sistem dividen, Hamzah juga membangun kompleks perumahan untuk didiami para karyawannya.

Dengan pendekatan semacam itu, seluruh karyawannya selalu betah bekerja dengan Hamzah. Lantaran banyak yang bertahan lama, hubungan Hamzah dengan karyawan sudah ibarat hubungan keluarga. Wah, hebat ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...