Home Perempuan Tangguh Kiprah Meghan Markle, Artis Hollywood Sekaligus Aktivis Humaniora

Kiprah Meghan Markle, Artis Hollywood Sekaligus Aktivis Humaniora

|

|

|

Nama Meghan Markle mulai dibicarakan banyak orang setelah menikah dengan Pangeran Harry dari Kerajaan Inggris di tahun 2018. Setelah menikah, perempuan yang punya nama lengkap Rachel Meghan Markel ini mendapat gelar Duchess of Sussex.

Namanya kembali disorot publik setelah keputusannya untuk mundur dari Kerajaan Inggris. Bersama suami tercinta, Pangeran Harry, Meghan telah membulatkan tekadnya untuk hengkang dari keluarga kerajaan.

Sebelum menikah dengan Pangeran Harry, Meghan Markle dikenal publik sebagai aktris di Hollywood. Pamornya mulai terangkat ketika dia membintangi serial ‘Suits’ yang tayang hingga 9 season.

Selain dikenal sebagai aktris populer, perempuan berdarah blasteran Eropa dan Afro-Amerika ini juga punya kesibukan sebagai aktivis humaniora. Perempuan berdarah blasteran Eropa dan Afro-Amerika ini diketahui kerap aktif membela kesetaraan gender serta persamaan hak

Lantas, seperti apa ya kisah dari Megan Markle? Yuk, simak kiprahnya!

Mengalami Diskriminasi Sejak Kecil

Meghan Markle merupakan perempuan yang lahir di Los Angeles, California pada tanggal 4 Agustus 1981. Ayahnya bernama Thomas Markle merupakan pria berdarah Inggris, Irlandia, dan Jerman. Sementara itu, ibunya yang bernama Doria Ragland merupakan keturunan Afro-Amerika.

Masa kecil yang dialami Meghan Markle tidak bisa dibilang mudah. Masalahnya, perkara diskriminasi rasis kerap menghantuinya. Bahkan ketika remaja, dia sempat mengalami krisis identitas.

Karena mempunyai kulit yang berwarna coklat serta rambut keriting, dia sering diperlakukan secara berbeda. Tidak lama setelah itu, kedua orang tua Meghan Markle berpisah. Meskipun begitu, mereka tetap kompak dan akur sehingga Meghan Markle tumbuh tanpa kekurangan kasih sayang keluarga.

Ketertarikan Meghan Markle pada dunia akting sedikit banyak dipengaruhi oleh sang ayah. Berprofesi sebagai sinematografer, Thomas kerap membawa Meghan Markle kecil tidak hanya ke lokasi shooting, tapi juga teater.

Sambil kuliah di Northwestern University School of Communication, perempuan dengan tinggi tubuh 168 cm ini mulai mengambil sejumlah peran kecil, baik untuk film layar lebar maupun serial TV.

Sejak awal karier-nya di Hollywood, Meghan Markle tidak segan mengambil peran kecil sebagai cameo, salah satunya seperti penampilannya dalam Century City (2004), serta CSI: NY dan The War at Home yang tayang di tahun 2006.

Di tahun 2010, Meghan Markle sempat membintangi sejumlah film seperti ‘Remember Me’, ‘Him to the Greek’, hingga ‘Horrible Bosses’ yang rilis tahun 2011. Nama Meghan Markle mulai melejit di Hollywood saat membintangi serial ‘Suits’ selama tujuh musim (2011-2017).

Aktif Sebagai Aktivis Selain Menjadi Aktris

Sudah punya sikap kritis sejak kecil, Meghan Markle memang menaruh concern terhadap isu kesetaraan gender serta persamaan hak orang kulit hitam. Semua ini dikarenakan pengalaman pribadinya sendiri yang kerap mendapat perlakuan diskriminatif.

Meghan Markle sudah mulai kritis dan menjadi aktivis sejak usia 11 tahun. Waktu itu, Meghan Markle melihat iklan seksis dari Procter & Gamble. Meghan Markle kemudian menulis surat kepada perusahaan, pengacara, dan politisi untuk mengekspresikan rasa frustasinya atas konten yang menurutnya tidak menghargai ketidaksetaraan gender. Tanpa diduga beberapa pemimpin pun membalasnya, salah satunya adalah Hillary Clinton yang waktu itu menjadi Ibu Negara.

Sebagai aktivis, Meghan Markle juga pernah ambil bagian dalam Clean Water Campaign di Rwanda. Dia juga diketahui sempat menjadi konselor bagi One Young World yang merupakan lembaga amal.

Selain itu, dia juga menjadi pembicara untuk perbudakan di dunia modern serta kesetaraan gender bagi Annual Summit Dublin tahun 2014. Kontribusinya kian diketahui setelah dirinya menjadi duta global bagi World Vision Canada. Meghan Markle diketahui mengampanyekan perihal kesehatan, makanan, serta pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak sedunia.

Perlu kamu tahu, untuk membantu orang lain, tidak perlu sampai menjadi aktivis seperti yang dilakukan Meghan Markle loh. Kamu juga bisa membantu orang lain dengan berbagai cara, seperti  membantu perempuan tangguh mitra Amartha yang menjadi pengusaha mikro namun terhalang modal usaha. Caranya mudah, kamu hanya perlu bergabung menjadi pendana di Amartha

Perlu diketahui, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...