4 Keunggulan Berinvestasi di Peer to Peer Lending Amartha Dibanding Fintech Lainnya

pinjaman gagal bayar

Dunia investasi semakin berwarna seiring dengan berkembangnya teknologi yang mempengaruhi bidang financial ke arah yang lebih modern dan praktis, atau yang biasa disebut dengan FinTech.

Masalah keamanan berinvestasi yang disertai pemanfaatan teknologi biasanya menjadi hal yang paling banyak mendapat perhatian. Meski demikian, investasi aman diharapkan mampu terbentuk dengan masuknya era digital ke dunia investasi.

Menjawab tantangan keamanan berinvestasi didunia digital, sebagai salah satu perusahaan yang menerapkan FinTech, Amartha mencoba menawarkan platform peer to peer (P2P) lending bagi para investor yang ingin menginvestasikan dana dengan investasi aman.

Peer to peer (P2P) lending adalah teknologi marketplace yang digunakan amartha di dunia investasi untuk menghubungkan pengusaha mikro dan UKM yang memerlukan pembiayaan.

Nantinya para investor yang ingin mendanai usaha tersebut akan mendapatkan imbal hasil yang sesuai berdasarkan pertimbangan profil risiko. Cara ini dianggap sebagai salah satu alternatif investasi aman dengan penerapan berbasis digital.

Bagaimana jika terjadi risiko gagal bayar dari peminjam modal?

Sebagai perusahan FinTech berpengalaman investasi aman bagi para investor menjadi prioritas Amartha.

Dengan strategi group lending yang diterapkan Amartha bagi para peminjam, terbukti menghasilkan investasi aman dengan tingkat kegagalan pengembalian sebesar 0 persen selama lima tahun.

Para peminjam juga akan dikenakan biaya risiko kredit (pembiayaan). Istilah ini disebut Dhanapati Fund. Besarnya menyesuaikan dengan nilai pembiayaan.

Tujuan Dhanapati Fund untuk menciptakan investasi aman terhadap peminjam yang mengalami gagal bayar. Pengembalian dana investasi akan berasal dari dana tersebut.

Selain itu, sistem penilaian kredit yang dilakukan Amartha memungkinkan investor dapat menilai risiko dan memprediksi pengembalian. Hal ini dilakukan agar investor bisa menerima informasi risiko sebelum memutuskan berinvestasi.

Sebagai salah satu perusahaan FinTech, tentu Amartha memiliki keunggulan dibandingkan dengan perusahaan FinTech yang berada di Indonesia.

1. Mengedepankan impact dan makna investasi

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memulai dan mengembangkan usaha, termasuk bagi mereka yang kurang beruntung atau tidak memiliki kelayakan untuk mendapat akses layanan perbankan.

Dengan prinsip dan keyakinan ini Amartha lahir untuk membantu masyarakat Indonesia dalam dunia investasi dan permodalan.

Lewat platform peer to peer (P2P) lending di dunia investasi Indonesia, Amartha perusahaan teknologi yang siap untuk membantu usaha mikro dan kecil (UKM) agar memperoleh akses modal pembiayaan yang terjangkau dari para investor dengan mengedepankan impact dan makna dalam investasi mereka.

Impact yang dimaksud adalah berinvestasi untuk menciptakan perubahan sosial di masyarakat, dengan membantu modal usaha bagi keluarga prasejahtera agar memiliki pendapatan, membantu meningkatkan permodalan usaha mikro dan UKM sehingga lebih kompetitif dan sebagainya.

Tentunya semangat tersebut diharapkan mampu membangkitkan ekonomi berbasis kerakyatan sebagai tulang punggung perekonomian nasional yang tengah digaungkan pemerintah Indonesia.

2. Investasi Amartha berbasis kelompok (Group Lending) yang menguntungkan

Investasi yang menguntungkan dan berkah tentu diharapkan para investor yang ingin menanamkan modalnya.

Untuk itu, dalam penyaluran modal usaha untuk UKM, Amartha menerapkan sistem kelompok (Group Lending). Sistem investasi dengan model group lending ini boleh dikatakan sebagai bentuk investasi paling aman dan menguntungkan.

Dengan pembiayaan berbasis kelompok (group lending), Amartha mampu membuktikan meminimalisir risiko investasi para pemodal.

pinjaman gagal bayar

Pengembalian pinjaman mencapai 0% dengan metode yang diterapkan amartha – metode group lending

Investasi paling aman dan menguntungkan ala amartha ini dilakukan dengan cara tanggung renteng antar sesama anggota, sehingga non-performing loan (NPL) dapat terjaga 0% selama lima tahun berturut-turut.

Kelompok peminjam modal usaha dibagi menjadi dua kategori, yakni: 1 juta hingga 20 juta bagi usaha kelontong dan rumahan lainnya dan kelompok peminjam dengan pengajuan antara 20 juta hingga 200 juta bagi UKM yang berpotensi menopang perekonomian Indonesia.

3. Investasi aman dan menguntungkan bagi investor

Keuntungan finansial yang besar dan investasi aman nan berkah menjadi impian yang diidam idamkan investor yang cerdas dalam berinvestasi.

Dengan sistem kelompok yang disebut group lending, investor dapat dengan mudah memantau dan mengukur besarnya risiko dan memprediksi imbal hasil investasi yang sesuai.

Portfolio peminjam pun telah diseleksi melalui credit scoring dan kajian risiko yang menyeluruh. Portfolio peminjam yang terseleksi ketat.

Ya, dengan sistem kelompok yang diterapkan Amartha, cara berinvestasi yang demikian membuat investor bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang lebih besar daripada menanamkan dananya dengan deposito di bank atau lembaga konvensional.

Sebagai gambaran, Investasi per tahun di Amartha lending marketplace memberikan keuntungan sebesar 15 sampai dengan 20 persen.

Sebagai penunjang dalam hal teknologi keamanan, berinvestasi di amartha memanfaatkan jaringan SSL tersertifikasi, sistem pembayaran yang digunakan Amartha juga bekerjasama dengan Veritrans.

4. Nilai investasi terjangkau untuk pemula yang disertai analisa resiko

Amartha memberikan ruang investasi yang aman untuk pemula agar bisa memulainya dengan modal yang terjangkau, yaitu minimum sebesar 3 juta rupiah.

Nantinya dana tersebut yang akan disalurkan Amartha untuk membantu pembiayaan para UKM di desa yang belum terjamah oleh bank.

Investasi terjangkau dan menguntungkan juga menjadi jaminan yang diberikan Amartha bagi para investor pemula.

Panduan cara berinvestasi juga diberikan misalnya dengan menyediakan penilaian kelayakan peminjam yang ketat melalui credit scoring dan analisa risiko investasi lainnya.

Please follow and like us:
14 Comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/keunggulan-berinvestasi-peer-to-peer-lending-amartha">
LINKEDIN
%d bloggers like this: