Home Lifestyle Ketahui 3 Tips Ini Agar Kamu Naik Gaji

Ketahui 3 Tips Ini Agar Kamu Naik Gaji

|

|

|

Awal tahun beberapa perusahaan biasanya menilai kinerja setiap karyawan untuk menentukan bonus dan gaji yang meningkat. Kenaikan gaji adalah impian hampir semua pekerja di dunia ini. Apalagi kalau nilainya bisa meningkat dibanding tahun sebelumnya, pasti menyenangkan bukan?

Nah, agar kamu bisa naik gaji di tahun depan, kamu perlu mengetahui beberapa tips yang bisa kamu terapkan di tahun ini. Berikut tipsnya:

  1. Cari tahu standar gaji posisi pekerjaan

Founder The Dots, Pip Jamieson mengungkapkan bahwa hal pertama yang harus dilakukan untuk menaikkan gaji adalah mencari tahu rata-rata gaji untuk pekerjaanmu. Bisa dengan mencarinya di Google atau bertanya langsung ke rekan terdekat kamu yang pekerjaannya sama denganmu. Jangan sampai kamu menanyakan soal gaji ini ke rekan kantor yang tidak pekerjaannya tidak sama dengan kamu ya! Bagi sebagian orang gaji termasuk hal yang pribadi. Nah dengan demikian, kamu jadi punya bayangan berapa banyak gaji yang akan kamu tawarkan ke perusahaan. 


2. Rangkum dan tunjukkan prestasi selama bekerja

Setelah mengetahui besaran nilai yang akan kamu ajukan untuk naik gaji, maka langkah selanjutnya adalah mencatat apa saja hasil kerjamu selama ini. Buat rangkuman mengenai berapa proyek yang sukses kamu kerjakan, hingga angka pasti yang bisa menunjukkan kesuksesan pekerjaanmu. Tunjukkan juga kelebihan yang kamu miliki seperti etos kerja, loyalitas, belajar skill baru, ide kreatif, hingga sukarela mengikuti program penting perusahaan.


3. Bicarakan dengan atasan

Nilai dan prestasi sudah disiapkan untuk naik gaji? Kini waktunya tentukan jadwal untuk berbicara empat mata kepada atasan. Melansir ekrut.com, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berbicara dengan atasan seperti mulai pembicaraan dengan suasana yang positif, sampaikan hal positif apa yang kamu rasakan selama bekerja di perusahaan, sebutkan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk perusahaan, sebutkan angka spesifik saat menyampaikan ekspektasi gaji, dan jangan mengancam bos bila gaji tidak mengalami kenaikan.

Nah itulah 3 tips agar kamu bisa naik gaji. Selain tips di atas, tips lainnya adalah dengan pindah pekerjaan. Bisa jadi di perusahaan baru bisa menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan perusahaanmu saat ini. Yang terpenting, jangan sampai resign sebelum kamu mendapatkan pekerjaan baru ya! Kecuali kalau kamu sudah punya dana darurat.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...