Kesalahan Finansial yang Sering Terjadi dalam Rumah Tangga

0
213
Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Bijak dan Raih Kebahagiaan bersama Pasangan

Finansial atau ekonomi menjadi salah satu faktor penting dalam keberlangsungan keluarga. Tanggung jawab ekonomi adalah tanggung jawab suami dan istri maka dari itu diperlukan kerjasama yang kompak.

Ketidakserasian mengatur keuangan rumah tangga dapat menyebabkan kecemasan finansial bagi keluarga. Efeknya bisa sangat panjang tidak hanya menyangkut kebutuhan saat ini, kebutuhan harian, tetapi juga kebutuhan di masa mendatang.

Maka, baik suami atau istri harus kooperatif dalam membicarakan dan mengatur keuangan rumah tangga agar tetap seimbang.

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Urusan Finansial Rumah Tangga

Menikah vs Beli Rumah
Ilustrasi pasangan suami istri di dalam rumah. Sumber Foto: iStockphoto.com

Pada kesempatan kali ini, kami mendapat insight yang menarik dari thebridedept.com – situs yang didedikasikan khusus untuk membantu para calon pengantin dalam menemukan inspirasi pernikahan dan menata masa depan pernikahannya.

Berikut kami merangkum 5 hal yang perlu kamu hindari agar dapat mengatur urusan finansial rumah tangga menjadi lebih baik.

1. Boros

Sifat boros selama masih hidup melajang harus segera ditinggalkan ketika sudah berumah tangga. Banyaknya keperluan rumah tangga membuat kamu sebaiknya berhemat agar tidak pusing sendiri di tanggal tua.

2. Impulsive buyer

Sebagai seorang istri, kamu harus bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Keinginan kita memang banyak sekali namun jangan memaksakan kehendak apabila dana memang belum mencukupi. Hindari membeli barang secara impulsive atau tanpa perencanaan hanya karena lapar mata atau godaan diskon semata.

3. Tidak mencatat pengeluaran

Catatlah setiap pengeluaran agar kamu memiliki gambaran arus keluar masuk keuangan kamu. Sekarang kamu lebih mudah untuk mencatat pengeluaran dengan banyaknya aplikasi pencatat pada smartphone. Dengan mencatat, kamu juga jadi bisa mengontrol pengeluaran yang tidak penting.

Baca Juga: Perlukah Menggunakan Jasa Financial Planner?

4. Tidak punya perencanaan keuangan

Bagaimana kamu bisa mengatur keuangan rumah tangga kamu jika kamu tidak punya perencanaan? Yang ada, setiap gaji datang kamu hanya menghabiskannya dan menabung sedikit, itupun jika ada sisa. Kamu harus memiliki perencanaan untuk masa depan.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba untuk mulai menyiapkan tabungan masa depan untuk keluarga kecilmu. Contohnya dengan berinvestasi.

Tidak ada salahnya kok mulai melakukan investasi sedini mungkin. Carilah jenis investasi yang aman dan dengan return yang menarik. Hal ini pasti akan membantumu untuk lebih siap dalam hal finansial.

5. Terlalu banyak hutang

Punya sisa hutang setelah pernikahan? Lunasi secepatnya! Memiliki hutang yang terlalu banyak, apalagi jika hutang tersebut berbunga hanya akan membebani finansial rumah tangga kamu. Jika kamu mendapatkan rezeki atau pendapatan tambahan, prioritaskan untuk membayar hutang. Jangan kembali menambah hutang setelah berumah tangga.

Oleh karena itu, sejak sebelum menikah atau mulai dari sekarang banyak–banyak belajar bagaimana cara yang tepat mengatur keuangan rumah tangga. Pelajari juga instrumen-instrumen investasi yang aman dan sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa mulai belajar dari sini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here