Home Lifestyle Tips Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Urusan Finansial Rumah Tangga

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Urusan Finansial Rumah Tangga

|

|

|

Mengatur keuangan keluarga bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak orang berpandangan, bahwa urusan mengatur keuangan rumah tangga telah melekat pada diri seorang istri.

Maka, salah satu keahlian yang harus kamu miliki sebagai seorang istri adalah mengatur keuangan rumah tangga. Siapapun pemegang kendali keuangan dalam rumah tangga, cara istri memegang uang yang ada di tangannya menjadi kunci kesehatan finansial rumah tangga. Nah, kamu sebagai calon istri atau yang sudah berperan sebagai seorang istri wajib untuk memahami, gimana sih cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak besar pasak dari pada tiang.

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Dalam Urusan Finansial Rumah Tangga

Pada kesempatan kali ini, kami mendapat insight yang menarik dari thebridedept.com – situs yang didedikasikan khusus untuk membantu para calon pengantin dalam menemukan inspirasi pernikahan dan menata masa depan pernikahannya. Berikut kami merangkum 5 hal yang perlu kamu hindari agar dapat mengatur urusan finansial rumah tangga menjadi lebih baik.

1. Boros

Sifat boros selama masih hidup melajang harus segera ditinggalkan ketika sudah berumah tangga. Banyaknya keperluan rumah tangga membuat kamu sebaiknya berhemat agar tidak pusing sendiri di tanggal tua.

2. Impulsive buyer

Sebagai seorang istri, kamu harus bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Keinginan kita memang banyak sekali namun jangan memaksakan kehendak apabila dana memang belum mencukupi. Hindari membeli barang secara impulsive atau tanpa perencanaan hanya karena lapar mata atau godaan diskon semata.

3. Tidak mencatat pengeluaran

Catatlah setiap pengeluaran agar kamu memiliki gambaran arus keluar masuk keuangan kamu. Sekarang kamu lebih mudah untuk mencatat pengeluaran dengan banyaknya aplikasi pencatat pada smartphone. Dengan mencatat, kamu juga jadi bisa mengontrol pengeluaran yang tidak penting.

4. Tidak punya perencanaan

Bagaimana kamu bisa mengatur keuangan rumah tangga kamu jika kamu tidak punya perencanaan? Yang ada, setiap gaji datang kamu hanya menghabiskannya dan menabung sedikit, itupun jika ada sisa. Kamu harus memiliki perencanaan untuk masa depan.

Perlukah Menggunakan Jasa Financial Planner?

Sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba untuk mulai menyiapkan tabungan masa depan untuk keluarga kecilmu. Contohnya dengan berinvestasi.

Tidak ada salahnya kok mulai melakukan investasi sedini mungkin. Carilah jenis investasi yang aman dan dengan return yang menarik. Hal ini pasti akan membantumu untuk lebih siap dalam hal finansial.

5. Terlalu banyak hutang

Punya sisa hutang setelah pernikahan? Lunasi secepatnya! Memiliki hutang yang terlalu banyak, apalagi jika hutang tersebut berbunga hanya akan membebani finansial rumah tangga kamu. Jika kamu mendapatkan rezeki atau pendapatan tambahan, prioritaskan untuk membayar hutang. Jangan kembali menambah hutang setelah berumah tangga.

Oleh karena itu, sejak sebelum menikah atau mulai dari sekarang banyak–banyak belajar bagaimana cara yang tepat mengatur keuangan rumah tangga. Pelajari juga instrumen-instrumen investasi yang aman dan sesuai dengan kemampuanmu. Kamu bisa mulai belajar dari sini ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...