Kerajaan Bisnis Pengusaha Muda Gibran Rakabuming, Yuk Intip!

0
119

Gibran Rakabuming Raka merupakan anak dari Presiden Indonesia saat ini. Belum lama nama tersebut heboh karena Gibran yang semula pengusaha muda menyatakan dirinya untuk banting stir ke ranah politik.

Fokus pada dirinya sebagai pengusaha muda, rupanya Gibran memiliki banyak deretan bisnis yang dirintisnya sejak usia muda lho. Gak heran juga pria kelahiran Solo ini kemudian didapuk menjadi ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) kota Solo.

Melansir CNBC Indonesia, berikut ini deretan bisnis yang dimiliki oleh Gibran Rakabuming Raka: 

Katering Chili Pari

Bisnis ini merupakan bisnis pertama yang dibangun oleh Gibran sejak tahun 2010 di Solo. Gibran menggunakan dana pinjaman dari bank sebesar Rp 700 juta sebagai modal untuk membeli peralatan katering. Di awal berdirinya Chili Pari, sang pemilik hanya menerima pesanan untuk 50 orang saja. Seiring berjalannya bisnis tersebut, Gibran melakukan inovasi dengan menyediakan dekorasi untuk acara tertentu, hiburan, undangan, hingga gedung.

Martabak Markobar

Bisnis kedua dari suami Selvi Ananda ini merupakan martabak dengan konsep kekinian. Nama brand itu pun akronim dari Martabak Kota Baru. Martabak yang dibuat oleh bisnis Gibran adalah martabak dengan beragam toping. Hingga kini, Markobar sudah membuka 33 outlet dengan omzet per outlet sebesar Rp2-5 juta.

Minuman Goola

Di tahun 2018, Gibran bersama Kevin Susanto meluncurkan start up minuman dengan nama Goola. Start up ini adalah merek dagang dari minuman es doger jeger, es kacang hijau, dan es goola aren. Belum lama berdiri, Goola mendapat pendanaan sebesar US$ 5 juta atau setara dengan Rp70 miliar dari Alpha JWC Ventures. 

Restoran Mangkok Ku

Bekerjasama dengan sang adik dan salah satu chef asal Indonesia, Arnold Poernomo, Gibran mendirikan bisnis kuliner dengan nama Mangkok Ku. Makanan berkonsep ricebowl ini menawarkan beragam cita rasa Indonesia dengan harga mulai dari Rp19.000. 

Makanan dan Minuman Instan Siap Mas

Masih berkolaborasi dengan adik, Kaesang Pangarep, Gibran membangun usaha lain dengan nama brand Siap Mas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan dengan nama Ngedrink dan Kemripik. Produk ini dipasarkan di berbagai minimarket dengan harga yang terjangkau. 

Aplikasi Kerjaholic

Berpengalaman sebagai pengusaha muda, Gibran menemukan suatu masalah yang juga dialaminya, yaitu mencari tenaga kerja. Maka dari itu Gibran bersama Gibran Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, dan Daniel Hidayat membangun sebuah aplikasi pencari kerja bernama Kerjaholic. Aplikasi ini menghubungkan pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas atau paruh waktu. 

Nah semangat dari Gibran sebagai pengusaha muda ini wajib banget kita tiru lho. Apalagi UKM adalah penggerak roda ekonomi terbesar di Indonesia, kuantitasnya lebih dari 60 persen. Meskipun demikian, masih ada beberapa masalah yang dihadapi oleh UKM Indonesia seperti modal usaha.

Kamu bisa mendukung para UKM lainnya dengan melakukan investasi di situs investasi Amartha. Dengan berinvestasi pada perempuan pengusaha mikro Amartha, kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Tenang saja, para mitra juga diberikan edukasi mengenai wirausaha dan keuangan sehingga kamu dan mereka bisa sejahtera bersama. Yuk danai sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here