Kenapa Kuliah Jurusan Bisnis Banyak Peminat? Cek Faktanya!

0
27

‘Bisnis’ menjadi salah satu jurusan primadona di kalangan calon mahasiswa. Ini ditunjukkan dengan tingginya angka pendaftar & ketatnya persaingan di beragam universitas setiap pendaftaran dibuka. Nah, apa yang membuat kuliah jurusan bisnis punya banyak peminat?

Kalau kamu punya kenalan yang berkuliah atau bergerak di bidang bisnis, kamu akan tahu apa alasannya. Namun kalau tidak, kamu tetap bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Alasan Kuliah Jurusan Bisnis Diminati

Kuliah di mengambil jurusan bisnis memang begitu diminati oleh para calon mahasiswa. Kenapa begitu? Inilah alasannya:

Berkembangnya Bisnis di Kalangan Anak Muda

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan berita akan banyaknya anak muda yang membangun bisnis baru. Sebut saja Bapak Nadiem Makarim yang berhasil mengembangkan bisnis ojek online hingga menjadi perusahaan raksasa di Indonesia.

Itulah mengapa kuliah jurusan bisnis masih dibanjiri peminat karena dengan berkuliah di jurusan tersebut, kamu bisa belajar bagaimana cara membangun bisnis seperti beliau.

Bisa Menjadi Pemimpin Bisnis atau CEO

Kalau cita-citamu adalah menduduki jabatan tinggi di perusahaan atau kantor, maka kamu bisa masuk di jurusan bisnis. Banyak manajer, direktur, bahkan CEO di Indonesia dan dunia yang merupakan jebolan jurusan ini.

Selain itu, beragam universitas jurusan bisnis juga menawarkan mata kuliah untuk memanajemen sebuah organisasi seperti perusahaan. Oleh sebab itu, di jurusan ini kamu bisa mendapat ilmu yang cukup untuk menjadi bos di perusahaan.

Mengasah Kepemimpinan dan Soft Skill Lain

Di jurusan bisnis kemampuan kepemimpinanmu akan terasah. Hal ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni di jurusan ini kamu akan mendapatkan mata kuliah dalam memimpin dan mengorganisir sebuah organisasi seperti perusahaan.

Tak hanya kepemimpinan, soft skill lain juga bisa terasah di sini, seperti kerja sama, negoisasi, komunikasi, dan lain sebagainya. Hal ini didukung oleh beragam mata kuliah jurusan bisnis yang dipelajari oleh mahasiswa di sana. 

Berkembangnya Bisnis Internasional

Globalisasi membuat bisnis di kancah internasional semakin berkembang. Hal ini disebabkan mudahnya para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya ke negara lain akibat majunya ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi.

Nah inilah peran jurusan bisnis, yakni mencetak orang-orang yang mampu untuk mengikuti bisnis internasional. Bahkan kamu berpeluang untuk bekerja di beragam perusahaan internasional jika berkuliah di jurusan ini, lho!

Baca Juga: Gen Z Wajib Tahu! Ini 5 Jurusan yang Memiliki Prospek Gaji Tinggi

Banyak Dibutuhkan

Prospek karir jurusan bisnis terbilang cukup menjanjikan. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan dan industri yang membutuhkan tenaga ahli untuk mengembangkan bisnisnya.

Beragam pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah berkuliah di jurusan ini adalah business analyst, account manager, project manager, business development, dan masih banyak lagi.

Belajar Mengatur Keuangan

Apa kamu orang yang boros? Jika iya, mungkin kamu bisa kuliah jurusan bisnis di Indonesia atau luar negeri karena di jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana cara mengatur keuangan, baik perusahaan maupun keuanganmu sendiri.

Bahkan di jurusan ini kamu akan diajari bagaimana cara membuat catatan keuangan yang benar. Dengan catatan tersebut, tentu kamu jadi lebih bisa mengawasi pergerakan keuangan.

Mudah Melanjutkan Studi

Kalau kamu masuk di jurusan bisnis, kamu akan lebih mudah melanjutkan studi S2 bahkan hingga profesor karena banyaknya universitas yang menyediakan jurusan bisnis di tingkat lanjut.

Tidak hanya di Indonesia, kamu juga berpeluang melanjutkan studi di luar negeri, lho! Apalagi di luar negeri kamu akan menemukan lebih banyak lagi program studi spesialisasi dari jurusan ini.

Jadi, sudah tahu kan kenapa kuliah jurusan bisnis banyak diminati? Nah selain belajar di jurusan ini, kamu juga bisa belajar bisnis dengan cara lain lho! Cara tersebut adalah bergabung menjadi lender di Amartha. Di sini, kemampuan investasimu akan dilatih dengan ikut mendanai para pengusaha mikro. Selain itu, cuma dengan modalin mulai dari Rp100.000 aja kamu bisa dapat imbal hasil hingga 15% flat per tahun lho! Jadi, tunggu apalagi? Yuk, danai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here