Home Finance Kenapa Biaya Pendidikan TK Bisa Sangat Mahal?

Kenapa Biaya Pendidikan TK Bisa Sangat Mahal?

|

|

|

Sebuah akun Instagram financial adviser @jouska_id, pada 10 Desember lalu memaparkan data yang menjadi perbincangan cukup serius bagi para orang tua dan calon orang tua di Indonesia. Data tersebut mengenai biaya pendidikan taman kanak-kanak (TK) di Jakarta di tahun 2020. Dari postingan tersebut, rata-rata followers mengaku terkejut mengenai biaya tersebut. 

 

Bagaimana bisa biaya pendidikan TK mencapai puluhan juta rupiah?

 

Najelaa Shihab selaku pemerhati pendidikan menyatakan bahwa pendidikan di TK bisa mahal karena adanya tawaran fasilitas dan bangunan gedung yang lebih bagus untuk peserta didik. Faktor lainnya adalah ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjadi tenaga pengajar.

 

Menurut Najelaa, sulit mencari pengajar yang siap mendidik anak TK dengan cara dan kurikulum yang berbasis internasional sehingga setiap sekolah harus memiliki sumber daya manusia dengan kualitas yang baik. Permasalahannya, untuk memiliki sumber daya tersebut diperlukan banyak pelatihan agar bisa menyampaikan kurikulum dengan kualitas baik dan biaya dari pelatihan itu tidaklah murah. 

 

Mala, pengajar di salah satu TK mahal di Jakarta Selatan mengungkapkan faktor lain mengenai mahalnya biaya sekolah TK. “Yang bikin mahal lainnya, selain ada pakar di sekolah, juga ada psikolog yang siap ngebantu guru dan anak yang butuh insight misal tentang behavioral problem anak di kelas. Psikolog ini bahkan bisa sampai ngedesain aktivitas khusus yang sesuai dengan keadaan si anak biar bisa inklusif gitu,” tulisnya dilansir dari Mojok.co

 

Lalu apa saja yang perlu disiapkan oleh para orangtua?

 

Riset Sekolah

Saat ini ada beragam pilihan sekolah mulai dari sekolah negeri atau swasta, nasional plus atau internasional, dan reguler atau asrama. Beragamnya pilihan sekolah ini akan mempengaruhi biaya pendidikan anak yang akan dibayarkan. Untuk itu diperlukan riset sekolah mulai dari biaya pendaftaran, SPP, uang pangkal, uang kegiatan dan lain-lainnya.

 

Hitung Dana Pendidikan Sekarang dan Mendatang

Setelah memiliki daftar biaya sekolah, sekarang waktunya menghitung. Penghitungan biaya pendidikan ini penting sekali karena setiap tahunnya biaya pendidikan mengalami peningkatan. Tak hanya untuk jenjang TK, penghitungan biaya pendidikan lebih baik dihitung sampai ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Apabila sekolah yang dipilih adalah yang biayanya menengah, para orangtua bisa memilih biaya yang paling tinggi untuk simulasi penghitungan.

 

Berikut simulasi penghitungan mengenai biaya pendidikan:

  1. Nilai biaya atau uang saat ini (Present Value/PV)
  2. Nilai biaya atau uang masa depan (Future Value/FV)
  3. Inflasi (Interest Rate p.a)
  4. Periode (jumlah bulan periode menabung)
  5. Kontribusi tiap bulan (Periodic Payment/PMT)

 

Pilih Cara Mengumpulkan Uang

Setelah mendapatkan nilai biaya pendidikan di masa mendatang. Langkah selanjutnya adalah memilih cara mengumpulkan dana tersebut. Dana tersebut bisa dikumpulkan dengan menabung dan melakukan investasi.

 

Untuk biaya pendidikan lebih baik menggunakan metode investasi dalam pengumpulannya karena dapat membantu meringankan pengeluaran bulanan. Misalnya saja bila kamu melakukan investasi di Amartha, kamu akan mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun juga memberikan dampak nyata karena dapat memberdayakan pelaku usaha mikro di pedesaan. Yuk siapkan dana pendidikan untuk tersayang sejak dini!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...