Kenalan dengan FIRE Movement untuk Kebebasan Finansial Kamu

0
193
Ilustrasi fire movement. sumber: www.istockphoto.com
www.istockphoto.com

Dewasa ini, FIRE movement menciptakan lonjakan besar pekerja muda yang bertekad pensiun dini ke jejang yang lebih serius. Gerakan ini mengajak mereka untuk pensiun pada usia 30 sampai 40 tahunan. 

Lantas, bagaimana cara untuk pensiun sedini itu? Apakah realistis untuk pensiun pada usia 45 tahun? Atau bahkan 35? Mari berkenalan lebih dekat dengan gerakan ini untuk mengetahui singkatnya.

Jadi, Apa Itu Gerakan FIRE?

FIRE movement adalah suatu gerakan pensiun dini. FIRE sendiri merupakan singkatan dari “Financial Independence, Retire Early” atau yang berarti “kemandirian finansial, pensiun dini”.

  • Tujuan

Gerakan ini bertujuan agar kamu bisa berinvestasi dan menabung secara besar-besaran yakni sekitar 50 sampai 75% dari total penghasilan yang  kamu peroleh, sehingga kamu bisa pensiun pada usia 30 atau 40-an.

  • Implementasi

Bagaimana cara melakukannya? Untuk menyisihkan dana sebesar itu untuk menabung atau berinvestasi, pekerja muda yang berpartisipasi dalam gerakan FIRE selalu berupaya dalam 2 hal, yakni: 

  1. Meminimalisir pengeluaran semaksimal mungkin 
  2. Menemukan dan mengembangkan cara untuk menambah pendapatan mereka
  • Manfaat

Pada intinya, semakin tinggi pendapatanmu dan semakin rendah pengeluaranmu, maka semakin cepatlah kamu mampu merealisasikan financial independence.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, financial independence artinya kemandirian finansial. Namun, dalam gerakan ini, “kemandirian finansial” tidak hanya berarti duduk di pantai tropis atau bermain golf sepanjang waktu. 

Hal ini juga berarti kamu bisa mencapai titik di mana bekerja penuh waktu dapat kamu lakukan semaumu. Selain itu, kamu pun dapat beralih ke pekerjaan paruh waktu atau berhenti bekerja sama sekali. 

Baca Juga: Apa Itu Financial Freedom, Contoh dan Cara Mencapainya

Hal yang Dapat Dipelajari dari Gerakan FIRE

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu pelajari dalam FIRE movement. Berikut adalah singkatnya.

  • Kesadaran Akan Perencanaan Masa Pensiun dan Financial Freedom

Hal paling positif mengenai gerakan FIRE adalah membuat pekerja muda mulai sadar akan perencanaan masa pensiun dan financial freedom

Apakah kamu telah mengetahui tentang financial freedom? Bagi kamu yang belum mengetahuinya, financial freedom adalah suatu keadaan di mana kamu bisa bebas secara finansial.

  • Pengupayaan Cara agar Pengeluaranmu Tetap Rendah

Melalui gerakan ini, kamu dapat disiplin akan ke mana dana atau uangmu berlalu. Kamu pun akan mampu memilah kebutuhan dan keinginan serta memotong pengeluaran yang tidak masuk akal. 

  • Penemuan Cara Guna Menambah Penghasilanmu

FIRE mengajarkan bahwa penghasilanmu adalah instrumen terkuat pembangun kekayaanmu. Nah, apabila kamu ingin berpensiun dini, maka kamu wajib kreatif menemukan cara atau jalan untuk menghasilkan dana ekstra.

Apapun yang terlihat bagi kamu, penghasilan tambahan mampu memainkan peran utama dalam membantumu mundur selangkah dari dunia kerja serta menikmati masa pensiun dini.

  • Tabungan dan Investasi sebagai Prioritas

Apabila kamu bermimpi tentang pensiun dini, maka kamu wajib menabung dan berinvestasi. Janganlah menawar-nawar hal ini, karena penggiat FIRE movement radikal akan mengalokasikan sebagian besar pendapatan mereka untuk pensiun.

Jadi, kuncinya yaitu membiasakan dirimu untuk berinvestasi dan menabung setiap bulan. 

Apakah Gerakan FIRE Movement Tidak Direkomendasikan untuk Semua Orang?

Menurut mayoritas orang, hambatan terbesar untuk menggiatkan gerakan ini yakni memiliki pendapatan yang besar. Namun, hal itu tidaklah benar karena siapa pun dapat melakukannya! 

Apa pun jenis karier atau besaran upah yang kamu miliki saat ini, jangan terkecoh dengan mitos bahwa kamu memerlukan pekerjaan berupah tinggi untuk mengikuti gerakan FIRE. Menabung, berinvestasi, dan pensiun dini. Sebab, siapapun bisa mencapai itu!Jadi, mari bergabung dengan Amartha saja untuk mulai FIRE movement kamu sekarang! Dengan begini, kamu bisa berinvestasi di microfinance martketplace seperti di Amartha dan memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa ditabung untuk kemandirian finansialmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here