Keistimewaan Malam Nisfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan

0
39
nisfu syaban
Keutamaan Nisfu Syaban

Nisfu Syaban juga sering dinamakan sebagai malam pengampunan atau malam magfirah. Malam Nisfu Syaban bahkan disebut oleh Imam Al Ghazali sebagai malam yang penuh syafaat.

Bulan Syaban terjadi ketika pertengahan bulan Rajab serta Ramadhan. Pada malam tersebut, pintu rahmat Allah dan pintu ampunan terbuka selebar-lebarnya untuk manusia. 

Pada malam ini juga diyakini dua malaikat yang mencatat amalan manusia yakni Raqib serta Atit akan menyerahkan catatan amalan pada Allah SWT. Malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 18 April hingga 19 April di hari Jumat hingga Sabtu. 

Amalan yang Dapat Dilakukan Pada Nisfu Syaban

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, malam Nisfu Syaban adalah malam yang begitu istimewa. Ada berbagai macam hal yang dapat kamu lakukan pada malam tersebut, seperti:

1. Salat Sunah

Nisfu Syaban bisa kamu mulai dengan melakukan salat sunah. Shalat yang dianjurkan adalah shalat tasbih, shalat hajat dan shalat taubat. 

2. Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 Kali. 

Sesudah shalat, kamu dapat membaca surat Yasin sebanyak 3 kali. 

Baca Juga: Jangan Risau, Ini Lho 5 Tanda Puasa Diterima Allah

3. Membaca Doa Nisfu Syaban

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu ‘alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in’am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifîn.

Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fi ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fi ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitâra rizqi, waktubni ‘indaka sa’idan marzuqan muwaffaqan lil khairat.

Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabikal munzal ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu ma yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahu ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa ala alihi wa shahbihi wa sallama, walhamdu lillahi rabbil ‘alamin.

4. Berzikir 

Kamu juga dianjurkan untuk berzikir. Berzikir dapat dilakukan dengan cara melafalkan Istighfar, tahmid dan takbir, salawat nabi, dan berbagai zikir lain, 

5. Meminta Maaf 

Umat Islam juga dianjurkan bertaubat serta meminta maaf pada orang lain ketika Nisfu Syaban. 

ibadah salat tarawih
ibadah salat tarawih

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban

Ada berbagai macam keistimewaan dari Nisfu Syaban yang harus diketahui, seperti:

1. Merupakan Malam Keberkahan

Keistimewaan yang pertama ialah penuh keberkahan. Sehingga ketika malam pengampunan ini terjadi, umat muslim dianjurkan memperbanyak melantunkan ayat suci Al Quran serta membaca doa. Bahkan, malam tersebut menjadi turunnya malaikat ke bumi sehingga sangat dekat dengan manusia. 

2. Doa Dikabulkan

Membaca doa ketika Nisfu Syaban menjadi hal yang dianjurkan, karena pada malam tersebut, semua doa yang dipanjatkan oleh manusia tidak ada yang ditolak oleh Allah SWT. Semua akan dikabulkan. 

Hal ini sesuai dengan hadits dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda “Ada lima malam yang tidak akan ditolak didalamnya yakni malam Jumat, malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, Lailatul Qadar serta malam hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

3. Ditetapkannya Takdir

Ketika Nisfu Syaban, Allah SWT akan menentukan takdir yang dimiliki setiap manusia di bumi. Malaikat akan mencatat nama orang yang meninggalkan Syaban tahun ini sampai yang akan datang. Tidak hanya itu, rezeki manusia juga ditentukan di saat hari istimewa ini terjadi. 

4. Penghapusan Dosa

Ketika Nisfu Syaban tiba, Allah SWT akan menghapuskan segala dosa yang sudah dibuat manusia semasa hidup. Di malam tersebut, Allah SWT akan mengampuni seluruh dosa manusia selama 1 tahun.

5. Malam Pengampunan

Nisfu Syaban juga menjadi malam pengampunan, Allah SWT akan mengampuni seluruh perbuatan manusia yang saleh serta tidak menyekutukannya. 

Begitu banyaknya keistimewaan dari malam Nisfu Syaban, kamu tidak boleh melewatkannya begitu saja. Selain melakukan amalan Nisfu Syaban, pada bulan Ramadhan ini, kegiatan investasi untuk masa depan tidak boleh kendor kamu lakukan.

Kamu dapat memilih investasi P2P lending, salah satu investasi yang dapat dijadikan pilihan ialah Amartha. Di sini, kamu akan memperoleh imbal hasil hingga mencapai 15% flat per tahun. Yuk, investasi sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here