Kartu Prakerja Kembali Dibuka, Ini Syarat Pendaftarannya!

|

|

|

Pemerintah kembali membuka pendaftaran Prakerja Gelombang 12 mulai hari ini (23/02). Di gelombang kali ini, pemerintah menargetkan 600 peserta dapat berpartisipasi. 

Sebagai informasi, Prakerja merupakan salah satu program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Peserta Prakerja akan diberikan insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu setiap bulannya selama 4 bulan dengan total insentif pasca pelatihan sebesar Rp2,4 juta, dan insentif survei Rp50 ribu tiap kali satu survei dengan total tiga kali survei. 

Sama seperti tahun sebelumnya, peserta yang ingin mendaftar wajib memenuhi kriteria sebagai berikut, yaitu WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Selain itu, penerima Kartu Prakerja dibatasi maksimal hanya dua anggota keluarga per Kartu Keluarga (KK). 

Syarat Pendaftaran Prakerja Gelombang 12

Bagi kamu yang masuk dalam kriteria pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, kamu bisa melakukan pendaftaran dengan syarat sebagai berikut:

  1. Peserta membuat akun melalui laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil mendaftar akun, peserta harus memverifikasi sejumlah data seperti KTP, mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik tombol berikutnya.
  2. Setelah lolos verifikasi NIK, peserta harus melengkapi data diri dan mengunggah foto KTP. Selanjutnya, peserta melakukan verifikasi nomor handphone dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS dan klik verifikasi.
  3. Peserta diminta untuk mengisi sejumlah pernyataan.
  4. Calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO. Pilih gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu, lalu klik gabung.
    Setelah mengisi gelombang, akan muncul persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik kolom saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.
  5. Peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja.
  6. Usai merampungkan pelatihan, setiap peserta akan diberikan sertifikat elektronik.
  7. Peserta akan menerima insentif pasca pelatihan seperti yang telah dijelaskan di atas dan diberikan secara non tunai melalui rekening bank atau dompet elektronik. 

Itulah tujuh syarat mendaftar Prakerja di Gelombang 12 tahun 2021. Kesempatan ini harus digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menambah atau memperdalam skill yang kamu miliki. Pasalnya, ilmu tersebut dapat berguna saat kamu mendaftarkan pekerjaan nanti, menekuni hobi, ataupun membuka usaha.

Semoga berhasil!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

money plus amartha

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Money Plus will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.