Kartu Kredit vs Pinjaman Online, Mana yang Lebih Baik?

0
849
kartu kredit vs pinjaman online
Ilustrasi seseorang yang menggunakan kartu kredit vs pinjaman online. Photos by Tran Van Quyet (istockphoto)

Kartu Kredit vs Pinjaman Online, Apa Bedanya?

Ada perbedaan yang paling mendasar antara kartu kredit vs pinjaman online. Bukan hanya dari sisi jenisnya, tetapi dari segi imbal hasil, perhitungan saldo dan pengembalian, hingga jangka waktunya. 

Pinjaman online umumnya dilakukan pada platform aplikasi mobile yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Dari sana, kamu bisa mengajukan pinjaman secara mudah dan cepat tanpa ada BI Checking. Namun, imbal hasil yang diberikan akan sangat tinggi dan kamu juga harus membayar cicilan tiap bulannya. 

Sedangkan kartu kredit, pihak bank akan memberikan batas maksimal untuk pengambilan kredit kemudian saldo akan terus bergulir berdasar pengeluaran yang sudah dilakukan. Untuk pengajuan kartu kredit pun, prosesnya cukup ketat, sebab ada BI Checking dari perbankan sehingga lebih aman. 

Lantas, di antara kartu kredit vs pinjaman online, mana yang lebih baik? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari simak ulasan detailnya. 

Kartu Kredit

Kartu kredit adalah bentuk kredit bergulir yang memungkinkan akses berulang ke sumber dana. Alih-alih mendapatkan uang tunai sekaligus, kamu justru dapat menagih hingga batas tertentu pada kartu kredit. Jumlah pembayaran minimum bulanan biasanya sekitar 2% dari saldo. 

Kartu kredit adalah pilihan yang baik ketika kamu:

  • Perlu membiayai pengeluaran yang lebih kecil. Kartu kredit bagus untuk pengeluaran rutin yang dapat dibayar dengan cepat, terutama jika kartu disertai dengan hadiah untuk pembelian rutin seperti bahan makanan. 
  • Dapat melunasi saldo secara penuh setiap bulannya sehingga tidak akan dikenakan imbal hasil di belakangnya. 
  • Memenuhi syarat untuk mendapatkan penawaran promo 0%. Cara termurah untuk membayar apapun adalah tanpa imbal hasil.
Baca Juga: 5 Tips & Trik Cermat dalam Menggunakan Kartu Kredit

Ketika ketiga syarat tersebut sudah terpenuhi, cara pinjam uang pakai kartu kredit pun mudah untuk diajukan. Namun, di saat yang sama kamu juga akan tahu jika bentuk pembiayaan kartu kredit bisa begitu mahal bila kamu tidak melunasi saldo tagihan setiap bulannya atau tidak memperoleh promo imbal hasil 0%. 

Keuntungan yang diperoleh:

  • Dapat dipakai kapan pun membutuhkan.
  • Pembelian bebas imbal hasil jika kamu membayar penuh setiap bulan.
  • Ada banyak reward yang diberikan oleh pihak bank penerbit kartu kredit.

Kerugian pemakaian kartu kredit:

  • Imbal hasil yang lebih tinggi dari jenis pinjaman lainnya, menjadikan kartu kredit masuk dalam pembiayaan yang begitu mahal.
  • Beberapa kartu datang dengan biaya tahunan.
  • Tidak semua kartu kredit diterima oleh semua perusahaan, dan beberapa membebankan sedikit biaya untuk memproses kartu kredit.

Pinjaman Online

Pada dasarnya, pinjaman online tidak jauh berbeda dengan pinjaman dana di lembaga keuangan secara offline. Hanya saja, metodenya lebih mudah dan cepat prosesnya. 

Untuk bisa mengajukan pinjaman, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi, mendaftar, menunggu verifikasi, kemudian bisa mengajukan pinjaman dengan nominal maksimal yang sudah disepakati. 

Hanya saja, pinjaman online OJK sering tersendat masalah penipuan. Mengingat sudah banyak masyarakat yang rugi baik secara materiil maupun psikis lantaran pinjaman online ini. 

Keuntungan yang diperoleh dari pinjaman online

  • Pengajuan pinjaman lebih praktis dan mudah karena bisa diajukan dari rumah. Kuncinya, kamu memiliki aplikasinya di smartphone dan terkoneksi dengan internet. 
  • Persyaratan yang diberikan relatif lebih mudah lantaran tidak ada proses BI Checking
  • Dana dapat dicairkan secara cepat. Bahkan, terkadang hanya memakan waktu 1 hari kerja setelah pengajuan disetujui. 
Baca Juga: Hal Yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dapat SMS Tawaran Pinjaman Online

Kerugian dari pinjaman online

  • Membebankan suku imbal hasil yang relatif tinggi. Bahkan ada yang perhitungannya harian. 
  • Tenor untuk pelunasan angsuran lebih singkat daripada lembaga keuangan konvensional yang sudah diakui oleh OJK. 
  • Jumlah plafon terbatas sehingga kamu tidak bisa meminjam dalam jumlah besar. 

Usai mengetahui kartu kredit vs pinjaman online, kini kamu yang bisa menentukan mana yang baik di antara keduanya. Bila bingung dan ragu, coba saja gunakan Amartha yang merupakan platform pinjaman online terbaik dan diawasi oleh OJK khusus untuk modal usaha di pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here