Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Investasi?

0
21
waktu investasi

Ada kalanya, menentukan saat yang tepat untuk menabung atau berinvestasi cenderung sulit. Sebab, kondisi keuangan yang sangat mempengaruhi dalam tindakan melakukan investasi tersebut.

Biasanya, para perencana keuangan menyarankan untuk menabung atau melakukan pendanaan atau investasi dengan resiko paling rendah terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara menentukan saat yang tepat untuk menabung atau berinvestasi saat keuangan cenderung tidak stabil?

Hal penting yang perlu kamu ingat adalah melakukan investasi menggunakan uang dingin untuk meminimalisir kebutuhan darurat yang mungkin akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

Berikut ini adalah empat waktu yang tepat untuk melakukan investasi untuk keuangan yang lebih sehat!

1. Manfaatkan THR Dengan Investasi

Siapa nih yang saat lebaran kemarin mendapat THR langsung disihkan untuk berinvestasi? Keren banget buat kamu yang langsung bisa menyisihkan sebagian pendapatan THR untuk melakukan investasi.

Jika biasanya sebagian orang akan mengambil kesempatan menghabiskan uang THR untuk berbelanja keperluan Hari Raya, alangkah lebih baik jika coba juga sisihkan uang THR untuk melakukan pendanaan atau investasi.

2. Menabung Saat Mendapat Gaji, Bonus ataupun Rezeki Lebih

Seperti mendapat uang kaget, biasanya banyak dari kita yang ketika mendapat bonus ataupun rezeki lebih akan terburu-buru untuk menghabiskan uang tersebut untuk mewujudkan sederet keinginan. Padahal di waktu ini justru menjadi momen tepat untukmu menabung atau melakukan pendanaan di platform pilihanmu.

Untuk pembagiannya, mungkin kamu bisa sisihkan sekitar 20%-30% dari besaran pendapatan bonus ataupun gaji setiap bulannya untuk menabung atau melakukan investasi.

Konsistensi dan membangun kebiasaan baik adalah hal paling penting dalam melakukan investasi atau menabung. Jangan lupa untuk sisihkan di awal pemasukan ya, jangan banyak ditunda!

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Kekayaan Dari Investasi

3. Ketika Berkeinginan untuk Membeli yang Impulsif

Batasi pengeluaran yang bersifat impulsif. Hanya diri sendiri yang tahu kapan waktunya untuk berbelanja kebutuhan dan juga keinginan.

Misalnya kamu memiliki rezeki lebih untuk membeli sepatu baru, namun kamu sudah membeli sepatu baru di bulan lalu sebagai target pembelian barang baru satu kali hanya satu bulan.

Nah, kamu bisa gunakan uang tersebut untuk melakukan investasi atau pendanaan terlebih dahulu sambil menyimpan uang. Hal ini sangat berguna untuk membangun habit menabung, loh.

4. Lakukan Investasi Setiap Hari, Dong!

Siapa yang sudah melakukan hal ini? wah keren banget! memang jika berkeinginan pasti selalu ada jalan. Tidak ada salahnya untuk melakukan investasi atau pendanaan setiap hari, setiap bulan atau setiap memiliki rezeki lebih.

Salah satu yang paling penting adalah memilh platform untuk melakukan pendanaan atau investasi terpercaya yang mendukung UMKM Indonesia seperti di Amartha dengan imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Jadi, sudahkan kamu berinvestasi hari ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here