Kamu Wajib Tahu! Kenali Jenis-jenis Pajak di Indonesia

0
39
Ilustrasi catatan pajak. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi catatan pajak. sumber: www.pexels.com

Pajak ialah sumber pendapatan terbesar negara. Berasal dari kontribusi besar masyarakat, pajak bertujuan yang untuk mewujudkan kepentingan, fasilitas, serta layanan masyarakat. Untuk itu, penting bagi kamu mengetahui apa saja jenis jenis pajak yang berlaku di Indonesia.

Pajak memiliki sistem berupa pungutan yang wajib dibayarkan baik oleh pihak perorangan maupun pihak badan perusahaan yang memenuhi persyaratan kepada pihak negara. Supaya kamu memahami jenis pajak apa saja yang harus dibayarkan, simak pembahasannya pada poin berikut!

Jenis-jenis Pajak

Pajak dapat dikategorikan ke dalam beberapa aspek, salah satunya yaitu berdasarkan lembaga yang memungutnya. Beberapa jenis pajak yang berlaku di indonesia pada tahun 2022 berdasarkan lembaga tersebut yang wajib untuk diketahui antara lain yaitu sebagai berikut:

Jenis Pajak Pusat

Jenis lembaga negara pertama yang memungut pajak yaitu dari pihak pemerintah pusat sehingga disebut dengan pajak pusat. Beberapa pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat adalah sebagai berikut.

1. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Jenis pajak pertama yaitu pajak jenis pertambahan nilai. Jenis pajak ini diberlakukan kepada para pebisnis yang melakukan bisnis perdagangan baik dalam bentuk barang maupun jasa.

Umumnya PPN ini memiliki besaran persentase 10% yang dihitung dari harga jual produk. Pajak ini kerap kali dijumpai apabila kamu melakukan pembelian barang.

2. Pajak Penghasilan (PPH)

Sesuai namanya, pajak ini dipotong dari penghasilan atau gaji yang kamu miliki. Namun untuk dikenakan pajak ini, terdapat ketentuan-ketentuan pajak yang harus terpenuhi. Ketentuan seluruhnya diatur PMK No.101/PMK.010/2016. 

3. Pajak Bumi dan Bangunan

Kewajiban wajib pajak berikutnya apabila memiliki properti baik rumah dan bangunan lain maupun kepemilikan seperti sawah dan pekarangan yaitu membayar pajak bumi dan bangunan. PBB ini terdiri dari dua bagian yaitu PBB P2 dan P3.

PBB sektor P2 merupakan PBB dengan objek bangunan baik di pedesaan maupun perkotaan yang diadministrasi oleh pihak 

Pemkab atau Pemkot. Sementara PBB sektor P3 merupakan PBB dengan objek bangunan baik di bidang perhutanan, perkebunan, maupun pertambangan yang diadministrasi oleh pihak pemerintah pusat melalui direktorat jenderal pajak. 

4. Pajak Penjualan Barang Mewah

Jenis pajak di Indonesia yang wajib kamu ketahui berikutnya yaitu pajak penjualan barang mewah atau PPNBM. 

Pajak ini diberlakukan apabila melakukan penjualan barang mewah dengan ketentuan seperti misalnya menjual kendaraan mewah, barang mewah yang bukan termasuk kebutuhan pokok, hingga menjual properti dan hunian.

5. Bea Materai

Pajak yang juga berlaku di indonesia secara umum yaitu biaya materai. Dokumen-dokumen penting seperti surat kuasa dan akta notaris memerlukan kamu untuk membubuhkan materai agar dokumen tersebut sah dan dapat digunakan secara legal.

Baca Juga: Mengenal Laporan Pajak dan Contoh Pembukuan Sederhana

Jenis Pajak Daerah

Jenis jenis pajak berikutnya selain pajak pusat yaitu pajak daerah. Sesuai namanya pajak ini dipungut atau harus dibayarkan kepada pihak pemerintah daerah. 

Pajak daerah ini diberlakukan kepada masyarakat daerah tersebut dengan tujuan dari pembayaran pajak yaitu untuk mendukung kemajuan dari masing-masing daerah.

Beberapa contoh pajak yang termasuk ke dalam pajak daerah antara lain pajak restoran, pajak hotel, Pajak Kendaraan Bermotor, pajak air permukaan, hingga pajak rokok dan pajak bahan bakar.

Pembahasan di atas telah menerangkan terkait jenis jenis pajak yang berlaku di Indonesia pada tahun 2022. Sebagai warga negara yang baik, jangan lupa untuk selalu membayarkan pajakmu, ya!

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan investasi, kamu bisa mencobanya di P2P lending yang aman karena sudah memiliki ijin dan diawasi oleh OJK seperti di Amartha. 

Salah satu keuntungan dari berinvestasi di Amartha yaitu kamu akan mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya! Tunggu apa lagi? yuk mulai modalin perempuan tangguh di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here