Kamu Pemula? Ini Investasi Terbaik 2022 yang Wajib Dicoba

0
1137
investasi terbaik tahun 2022
Ilustrasi investasi terbaik tahun 2022 untuk pemula. Photos by Prostock-Studio (istockphoto)

Rekomendasi Investasi Terbaik 2022 Untuk Investor Pemula

Dewasa ini ada beberapa investasi terbaik 2022 yang sangat cocok sekali untuk pemula. Terlebih perkembangan teknologi saat ini telah mendukung digitalisasi pada sebuah investasi atau penanaman modal. Buktinya menanam modal saat ini sudah bisa kamu lakukan via aplikasi.

Untuk yang masih bingung memilih investasi terbaik untuk pemula, berikut ada sejumlah list investasi terbaik yang cocok untuk kamu.

1.  P2P (Peer to Peer) Lending

Instrumen investasi P2P lending tidak hanya menawarkan keuntungan untuk para investor. Selain itu juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kenapa demikian? Karena beberapa investasi P2P lending berbasis crowdfunding dimana investor berperan sebagai pendana untuk para pelaku bisnis UMKM.

Salah satu platform P2P lending aman dan tepercaya adalah Amartha. Kamu bisa berinvestasi menjadi pemodal untuk para CEO UMKM Amartha. Imbal hasil yang ditawarkannya hingga 15% per flat per tahun hanya dengan RP100.000 saja.

Amartha juga sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Artinya, berinvestasi di sini terjamin keamanannya. Itulah kenapa, P2P lending di Amartha merupakan salah satu investasi terbaik saat ini.

2.  Investasi Reksadana

Membahas instrumen penanaman modal untuk pemula, kurang lengkap rasanya jika tidak memasukkan reksadana ke dalam list. Dari dulu sampai sekarang, reksadana masih ramai dilirik oleh para investor dari berbagai kalangan.

Reksadana tidak hanya instrumen investasi untuk pemula saja. Instrumen penanaman modal ini juga cocok untuk yang sudah berpengalaman. Bahkan saat ini kamu bisa menjalankannya dengan modal ratusan ribu rupiah saja.  

3.  Emas (Logam Mulia)

Sampai saat ini, emas atau logam mulia tetap menjadi instrumen termudah untuk yang ingin berinvestasi. Di sisi lain, saat ini menanamkan modal pada logam mulia juga bisa kamu lakukan secara online.

Emas juga menjadi salah satu instrumen investasi yang murah. Pasalnya saat ini kamu bisa memulai berinvestasi logam mulia dengan modal Rp100.000 saja.

Kelebihan instrumen penanaman modal ini yaitu tidak tergerus oleh kondisi inflasi. Artinya, logam mulia jarang mengalami penurunan nilai. Meskipun terjadi penurunan, biasanya tidak akan berlangsung lama, setelah itu kemudian naik kembali secara bertahap.

4.  Investasi Terbaik 2022 Deposito Bank

Ingin berinvestasi mudah tanpa harus rutin melakukan riset pasar uang atau saham? Deposito bank atau deposito berjangka bisa menjadi solusi investasi terbaik 2022 yang paling tepat untuk kamu. Deposito adalah simpanan di bank yang dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Beberapa bank atau lembaga keuangan yang menyediakan produk deposito kini telah menghadirkan m-banking yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Artinya, kamu bisa mendepositokan uang tanpa harus ke kantor cabang terdekat.

5.  Investasi Saham

Kami jelaskan di awal bahwa saham adalah instrumen yang sebenarnya berisiko untuk pemula. Namun ada trik untuk menyiasatinya agar bersahabat untuk kamu yang ingin belajar.

Bagaimana caranya? Mulailah dengan modal yang minim dan menggunakan ‘uang dingin’. Saham sangat cocok untuk pemula yang berencana untuk naik ke level yang lebih tinggi. Pastikan juga kamu mempelajarinya dan memiliki wawasan yang cukup sebelum terjun.

6.  Surat Utang Negara

Tidak banyak yang tahu bahwa Saving Bond Ritel atau SBR juga bisa menjadi salah satu investasi terbaik 2022 yang cocok untuk pemula. SBR adalah instrumen penanaman modal dalam bentuk surat utang yang diterbitkan oleh negara.

Sistem SBR ini tidak jauh berbeda seperti P2P lending. Di sini kamu berperan sebagai pemberi pinjaman kepada pemerintah. Instrumen investasi ini sudah dijamin oleh negara dengan minimum modal Rp1.000.000.

Itulah beberapa pilihan investasi terbaik 2022 yang bisa kamu coba. Untuk kamu yang tertarik investasi di P2P Lending Amartha, daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here