Home Perempuan Tangguh Kamala Harris, Perempuan Kulit Hitam Pertama yang Jadi Wakil Presiden AS

Kamala Harris, Perempuan Kulit Hitam Pertama yang Jadi Wakil Presiden AS

|

|

|

Meraih 290 suara elektoral, Joe Biden dan Kamala Harris dipastikan menjadi pemenang dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat dan dapat melenggang ke Gedung Putih. Dengan capaian tersebut, Kamala Harris menjadi perempuan pertama yang tercatat dalam sejarah karena terpilih sebagai wakil presiden Amerika Serikat.

Harris membuat sejarah dan membantu Biden untuk mengakhiri pemerintahan Donald Trump yang bergejolak. Kamala Harris tercatat dalam sejarah sebagai perempuan keturunan Asia Selatan pertama yang terpilih menjadi jaksa agung California, Senator, dan sekarang menjadi wakil presiden Amerika Serikat.

Dengan memenangkan kursi wakil presiden Amerika Serikat, dia semakin dekat dari titik kepemimpinan tinggi Amerika Serikat, yakni Presiden. Pasalnya, posisi sebagai wakil presiden Amerika Serikat di bawah Joe Biden akan menjadi batu loncatan yang baik bagi Kamala Harris.

Dengan usia Joe Biden sudah 77 tahun, diperkirakan dia akan menjabat hanya satu periode saja. Sementara selama 4 tahun masa jabatan, jika Kamala Harris berhasil mendapatkan hati rakyat Amerika, maka dia dapat maju sebagai kandidat presiden selanjutnya dari Partai Demokrat.

Menjadi perempuan keturunan India pertama yang menjabat sebagai wakil presiden Amerika Serikat, seperti apa ya sebenarnya perjalanan hidup dari Kamala Harris? Berikut ulasannya!

Keturunan India dan Jamaika

Memiliki nama lengkap Kamala Devi Harris, wanita berusia 55 tahun ini lahir pada 20 Oktober 1964 di Oakland, California. Ia adalah putri dari pasangan orangtua imigran. Ibunya bernama Shymala Gopalan kelahiran India yang bekerja sebagai peneliti kanker payudara. Sedangkan ayahnya bernama Donald Harris yang merupakan profesor ekonomi emeritus Universitas Stanford kelahiran Jamaika.

Nama “Kamala” artinya “bunga teratai” dalam bahasa Sanskrit, juga nama lain dari Dewi Hindu, Lakshmi. Ia pernah mengunjungi India beberapa kali semasa kecilnya dan mengenal beberapa keluarganya di sana.

Namun karena orangtuanya bercerai ketika usianya 7 tahun, Kamala Harris tinggal di Oakland dan Berkeley dengan menghadiri beberapa gereja yang didominasi orang Afro-Amerika. Harris menikah dengan seorang pria Yahudi, pengacara Los Angeles Douglas Emhoff. Mereka bertemu pada kencan buta di San Francisco dan menikah pada 2014.

Perjalanan Hidup Kamala Harris

Dilansir dari harris.senate.gov, Kamala Harris telah menghabiskan hidupnya melawan ketidakadilan. Tumbuh di Oakland, Kamala memiliki pandangan yang sangat baik tentang gerakan Hak Sipil.

Melalui teladan para pemimpin pemberani seperti Thurgood Marshall, Constance Baker Motley, dan Charles Hamilton Houston, Kamala memutuskan untuk menghabiskan hidupnya membela mereka yang tidak dapat membela diri.

Setelah memperoleh gelar sarjana dari Howard University pada 1981 jurusan ilmu politik dan ekonomi, dan Universitas California, Hastings College of the Law pada 1989. Pada tahun 2003, Kamala menjadi Jaksa Wilayah Kota San Francisco. Di antara prestasinya sebagai Jaksa Wilayah, Harris memulai program yang memberikan kesempatan kepada para pelanggar narkoba pemula untuk mendapatkan ijazah sekolah menengah atas dan mendapatkan pekerjaan.

Selama hampir dua periode masa jabatannya, Kamala telah membela undang-undang perubahan iklim yang terkenal di California, melindungi Undang-Undang Perawatan, membantu memenangkan kesetaraan pernikahan untuk semua warga California, dan menuntut geng transnasional yang memperdagangkan senjata, narkoba, dan manusia.

Pada 2017, Kamala dilantik sebagai Senator Amerika Serikat untuk California, wanita Afrika-Amerika kedua dan senator Asia-Amerika pertama dalam sejarah. Di Senat Amerika Serikat, misi Kamala tetap tidak berubah yakni memperjuangkan hak-hak semua komunitas di California.

Sejak menjabat, dia telah memperkenalkan dan mensponsori undang-undang untuk menaikkan gaji bagi pekerja, mereformasi sistem peradilan pidana yang rusak, membuat perawatan kesehatan menjadi hak bagi semua orang Amerika, mengatasi epidemi penyalahgunaan zat, mendukung veteran dan keluarga militer, dan memperluas akses ke perawatan anak untuk orang tua yang bekerja.

Perjuangan Kamala Harris tentunya tidak mudah, apalagi dia merupakan perempuan yang berasal dari ras minoritas di Amerika Serikat, Meski begitu, dia sama sekali tidak menganggap itu halangan yang sulit dihadapi dan terus mengejar mimpi.

Nah, kamu juga bisa loh membantu perempuan lainnya yang masih mengejar mimpi, seperti perempuan tangguh mitra Amartha yang menjadi pengusaha mikro namun terhalang modal usaha. Caranya mudah, kamu hanya perlu bergabung menjadi pendana di Amartha.

Perlu diketahui, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja loh!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...