Jual Hidangan Sahur, Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Menjanjikan

0
94
Ilustrasi peluang usaha di bulan ramadhan. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi peluang usaha di bulan ramadhan. sumber: www.freepik.com

Menjelang bulan Ramadhan, semakin banyak ide usaha baru yang bermunculan. Salah satu ide usaha di bulan Ramadhan yang bisa dicoba adalah menjual hidangan sahur. Jualan makanan sahur adalah usaha yang potensial, sebab tidak semua orang punya waktu untuk memasak.

Dalam menjalankan usaha saat Ramadhan, penting untuk mengedepankan kualitas dan kebersihan makanan yang dijual. Selain itu, jangan lupa memilih menu hidangan yang inovatif agar pelanggan tertarik untuk membeli.

Ide Jualan Makanan Sahur sebagai Usaha di Bulan Ramadhan

Untuk menentukan menu sahur yang tepat, pastikan jenis makanannya mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Berikut ini beberapa menu makanan sahur yang bisa dijadikan sebagai ide jualan:

Sandwich

Ide jualan sahur yang pertama adalah sandwich atau roti isi. Selain praktis, isinya juga bisa divariasikan sesuai selera menggunakan berbagai macam bahan makanan, seperti telur, daging, keju, sayuran, dan lain sebagainya.

Contoh sandwich yang mudah disiapkan dan banyak digemari adalah sandwich telur dan daging. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menu sandwich vegetarian yang berisi sayuran segar seperti tomat, timun, selada, atau paprika sebagai isiannya.

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah menu populer yang bisa dijual kapan saja, termasuk sebagai ide jualan makanan bulan puasa. Namun, pastikan nasi goreng yang kamu sediakan tidak terlalu pedas dan tidak terlalu berlemak supaya mudah dicerna saat sahur.

Agar pelanggan tidak bosan, kamu bisa menggunakan banyak bahan campuran seperti ayam, seafood, hingga sayuran. Pastikan pula komposisinya seimbang, agar kebutuhan nutrisi pelanggan selama puasa tetap terpenuhi.

Baca Juga: Ramadan Cuan Banyak! Intip Tips Bisnis di Bulan Puasa

Salad dan Menu Diet

Butuh jualan dengan ide kreatif di bulan Ramadhan? Menu diet seperti salad dan jenis makanan sehat lainnya bisa menjadi pilihan. Salad adalah menu yang cocok untuk diet sembari puasa karena rendah kalori namun kaya akan serat dan nutrisi.

Kamu bisa menggunakan sayuran segar seperti selada, mentimun, tomat, wortel, dan kubis yang ditambahkan protein seperti  telur, daging ayam atau ikan. Jangan lupa, sajikan dengan dressing rendah kalori seperti vinaigrette atau yogurt.

Selain salad, ide menu diet lain yang bisa dicoba adalah oatmeal, kentang, atau quinoa bowl sebagai makanan pengganti nasi. Kamu juga bisa menambahkan smoothie buah atau sayuran sebagai minuman pendamping menu diet saat sahur.

Aneka Soto

Saat sahur, kebanyakan orang merasa malas untuk makan hidangan berat. Salah satu opsi menu sahur yang ringan dan bisa menjadi pilihan ide usaha di bulan Ramadhan adalah aneka soto, mulai dari soto ayam, soto daging, soto mie, dan lain sebagainya.

Biasanya, soto disajikan dengan nasi dan dilengkapi tambahan bumbu, perkedel, atau kerupuk. Namun, pastikan soto yang kamu jual cukup mengenyangkan dan tidak terlalu berat untuk dicerna saat sahur.

Aneka Sup

Selain soto, sup adalah ide menu yang ringan namun mengenyangkan untuk dikonsumsi saat sahur. Ada banyak pilihan menu sup yang bisa kamu sajikan, mulai dari sup ayam, sup daging, sup kacang merah, sup sayuran, dan masih banyak lagi.

Sebaiknya, pastikan untuk tetap memadukan antara daging dan sayuran sebagai bahan campuran sup tersebut agar nutrisinya tetap seimbang. Selain itu, hindari membuat sup yang terlalu berlemak untuk mencegah kenyang berlebih dan agar lebih mudah dicerna.

Selain 5 ide usaha tersebut, masih banyak lagi peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan saat Ramadhan. Salah satunya mendapatkan passive income dengan cara melakukan pendanaan kepada para pelaku usaha mikro lainnya.

Sebagai investor pemula, kamu bisa memulai dengan gabung menjadi lender di Amartha. Amartha adalah fintech microfinance marketplace dengan produk pendanaan terbaik mulai dari Rp100 ribu saja, dan imbal hasil pendanaan hingga 15% flat per tahun.

Bersama Amartha yang sudah resmi berizin dan diawasi oleh OJK, kamu bisa mendanai sesama pelaku UMKM Indonesia dengan sistem pendanaan kolektif. Gabung dan modalin pengusaha UMKM sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here