Jobseeker Wajib Tahu! Ini Jenis Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Metaverse

0
106
metaverse
Ilustrasi Metaverse. Photos by Freepik

Kenali Dulu Apa itu Metaverse

Para penikmat Avengers, mungkin sudah tidak asing dengan konsep multiverse, yang mana ada kehidupan lain dari dunia yang ada saat ini. Namun, bagaimana dengan metaverse? 

Istilah ini mulai muncul sejak Mark Zuckerberg, selaku pendiri Facebook mengubah nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc atau disingkat Meta. Mark memperkenalkan akan masa depan perusahaan dan teknologi internet kedepannya pada karyawan Facebook. 

Metaverse adalah istilah yang pertama kali dikenalkan oleh seorang ahli bernama Neal Stephenson pada tahun 1992 dalam novel karangannya yang berjudul Snow Crash. Istilah tersebut merujuk pada interaksi antara avatar dalam virtual 3D dengan manusia. 

Nah, metaverse Zuckerberg sendiri adalah adanya perangkat ruang virtual yang menjadi tempat untuk orang-orang berkumpul dan menjelajah kemudian bertemu satu sama lain.

Selayaknya dalam sebuah gim, hanya saja kamu bisa berinteraksi dengan avatar tersebut secara langsung, seperti nyata. Interaksi tersebut dapat terjadi dengan bantuan perangkat tambahan seperti augmented reality eyeglass, headset virtual reality, atau bahkan aplikasi smartphone

Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Metaverse Zuckerberg

gen z masuk dunia kerja
Sumber Foto: istockphoto

Usai mengetahui secara garis besar, kini saatnya untuk kamu mengetahui lowongan pekerjaan apa saja yang dibutuhkan dalam Meta Platforms Inc tersebut. Inilah daftarnya. 

1. Fashion stylist

Dalam dunia gim, sudah biasa kamu mendandani avatar yang dipakai dengan item-item legendaris. Salah satunya adalah pakaian. Tujuannya, selain membuat avatar semakin kuat juga dapat tampil sebagus mungkin. 

Jika dunia meta yang digambarkan oleh Mark Zuckerberg benar-benar tercipta, lowongan untuk para desainer pakaian akan terbuka lebar. Mereka akan diminta untuk mendesain item pakaian beserta aksesoris khusus untuk para pengguna. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika seorang fashion stylist akan bisa menciptakan pakaian yang benar-benar mirip seperti tokoh dalam dunia nyata hanya melalui profiling karakter. 

2. NFT Strategist 

Kini NFT atau Non-Fungible Token mulai marak diperbincangkan untuk kalangan yang bermain blockchain ataupun masyarakat umum. Namun, di masa yang akan datang, dengan adanya konsep tersebut, tidak menutup kemungkinan jika sistem NFT akan semakin terkenal. 

Pada saat itu, akan ada banyak orang yang melakukan transaksi NFT. Tentunya akan dibutuhkan pula seorang NFT Strategist yang sangat memahami teknologi blockchain, mampu menganalisis tren yang ada dalam NFT Market kemudian menyusun strategi agar pengguna dapat memperoleh keuntungan. 

3. Software Engineer

Software engineer sudah pasti akan paling banyak dicari ketika perkembangan teknologi tersebut mulai terlihat. Sebab, tanpa seorang software engineer, dunia metaverse app tidak akan pernah tercipta nantinya. 

Namun, kemampuan yang diperlukan dari seorang software engineer bukan hanya pandai dalam coding tetapi juga bisa melakukan integrasi dengan perangkat keras atau perangkat augment reality agar pengguna dapat merasakan seperti apa dunia virtual tersebut. 

4. Research scientist

Dunia meta akan benar-benar tercipta ketika ada seseorang yang dapat membangun model digital yang serupa dengan dunia nyata. Mulai dari bangunan, wilayah, hingga bagian teori terkecil. 

Seseorang itu adalah research scientist yang bertugas untuk membangun prototipe yang sudah ada dalam bentuk teknologi algoritma, melakukan pencitraan, pemetaan, hingga odometri inersia visual. Masih ada banyak lagi tugas-tugas lainnya yang berhubungan dengan pembangunan dunia digital. 

Bila kamu ingin menjadi seorang research scientist, kamu harus menguasai konsep deep learning, computer graphics, computer vision, serta computational imaging. Gelar yang dimiliki pun setidaknya sudah PhD. 

Empat pekerjaan itu akan tetap ada dan dibutuhkan di masa mendatang. Meskipun metaverse tidak tercipta sekalipun. Untuk itu, mulai investasikan diri untuk belajar dan menabung sejak dini.

Kamu bisa bergabung dengan Amartha untuk menginvestasikan gaji yang dimiliki untuk pemberdayaan perempuan yang berwirausaha. Dapatkan keuntungan bagi hasil hingga 15% per tahun. Gabung sekarang juga dengan para investor lainnya di Amartha. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here