Jenis Kredit Modal Usaha Mikro yang Bisa Jadi Pilihan

    0
    127

    Untuk pengusaha mikro serta menengah, kredit modal usaha mikro menjadi salah satu tumpuan ketika kondisi keuangan usaha sedang sulit. bahkan, mendapatkan kesempatan agar dapat diberi pinjaman untuk memenuhi kebutuhan bisnis seperti sebuah impian. 

    Agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja, pemerintah bergotong-royong bersama dengan badan swasta memberi fasilitas pinjaman usaha pada masyarakat Indonesia. 

    Diharapkan, pinjaman ini dapat meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan dapat menanggulangi kemiskinan. Lantas, seperti apa jenis kredit ini?

    Sekilas Mengenal Kredit Modal Usaha Mikro

    Sebelum mengenal, tidak ada salahnya mempelajari pengertian Usaha Mikro terlebih dulu. Usaha Mikro merupakan sebuah usaha produktif yang dimiliki perorangan atau badan usaha yang umumnya mempunyai kekayaan bersih sampai Rp50 juta. 

    Lantas, bagaimana dengan kredit usaha ini? Kredit ini merupakan pemberian pinjaman pada debitur yang memenuhi kriteria. Hal tersebut tertuang pada Undang Undang No 20 tahun 2008 mengenai UMKM. 

    Kriteria yang dimiliki adalah mempunyai kekayaan bersih paling banyak Rp500 juta, tidak termasuk bangunan tempat usaha. Selain itu mempunyai hasil penjualan lebih dari Rp300 juta hingga Rp2.5 miliar paling banyak. 

    Jenis Kredit Modal Usaha

    Saat ini, ada begitu banyak pilihan kredit UMKM yang bisa dijadikan sebagai pilihan masyarakat sesuai kebutuhan. berikut pilihannya, antara lain:

    1.Koperasi

    Salah satu jenis kredit UMKM adalah koperasi. Umumnya, jenis koperasi yang mengurusi pinjam meminjam ialah koperasi simpan pinjam. Nantinya, pihak koperasi akan memberi pinjaman bila kamu bersedia menjadi anggotanya terlebih dulu. 

    Kamu bisa mencari tahu seperti apa syarat yang dimiliki oleh mereka. Syaratnya juga tidak sulit. Kemudian, untuk memperoleh pinjaman, kamu harus mengikuti aturan yang diberikan oleh pihak koperasi. 

    Agar bisa terhindar dari adanya pinjaman koperasi bodong, kamu harus memeriksa nama koperasi di situs website koperasi Indonesia. 

    2. KUR atau Kredit Usaha Rakyat

    Pilihan kredit modal usaha mikro lainnya adalah KUR. KUR merupakan pembiayaan modal kerja atau investasi untuk usaha mikro, kecil menengah, pada bidang usaha produktif serta layak.

    Plafond kredit yang diberikan untuk menyokong usaha ini hingga mencapai Rp500 juta. Jenis kredit ini diberikan secara langsung pada debitur melalui lembaga. Sumber dana dari KUR berasal dari Bank Pelaksana. 

    Semua KUR yang diberikan oleh bank, baik dengan mempergunakan prinsip konvensional serta syariah, baik dalam bentuk penyaluran secara langsung dari bank pelaksana KUR atau dari lembaga linkage. 

    Baca Juga: Kilas Balik Amartha Berdayakan Pengusaha Mikro di Tengah Pandemi

    3. Kredit Modal Kerja

    Jenis pinjaman ini umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan contohnya seperti menyewa alat, upah tenaga kerja dan lainnya. Umumnya, pinjaman ini bisa ditemukan di bank terdekat. 

    Umumnya, bank tidak sepenuhnya memberi pinjaman yang diajukan, hanya kurang lebih 70% dari total pengajuan. Sekarang jenis kredit ini juga sudah ada yang ditawarkan dalam bentuk pinjaman UMKM online. 

    4. P2P Lending

    Menurut OJK di dalam peraturan OJK, P2P lending merupakan layanan keuangan pinjaman meminjam yang dilakukan oleh pemberi pinjaman dan penerima biaya. Peran dari P2P lending adalah menjadi penghubung antara pemberi pinjaman serta penerima biaya. 

    Dengan inovasi teknologi, pengajuan pinjaman dan penyaluran pembiayaan menjadi sangat mudah. Selain itu, P2P lending sudah mengantongi izin dari OJK. Jenis dari kredit modal usaha mikro memang begitu banyak. Bila kamu ingin ikut serta membantu UMKM, microfinance marketplace Amartha bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Amartha memberikan solusi bagi para lender, sekaligus memberikan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Mulai dari 100 ribu aja, kamu bisa membantu modalin ibu Mitra untuk mengembangkan usahanya. Tunggu apalagi? Yuk, gabung di Amartha sekarang!

    Download aplikasi Amartha di Android

    Download aplikasi Amartha di iOS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here